Prosedur Mengajukan Asuransi Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

Prosedur Mengajukan Asuransi Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

Hallo Sobat WE+, seperti yang kamu tahu, asuransi mobil adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memberi perlindungan dan jaminan rasa aman untuk mobilmu. Terutama dari resiko kecelakaan, pencurian, maupun bencana alam. Sebelum menggunakan asuransi mobil, ada beberapa prosedur dan syarat asuransi mobil yang harus diketahui. Apa saja itu?

7 Prosedur dan Syarat Asuransi Mobil

 Seperti inilah Prosedur dan Syarat Mengajukan Asuransi Kendaraan Mobil Kamu yang harus dipahami saat ingin mengajukan asuransi untuk mobil kesayangan Kamu.

1. Mencari Informasi Terkait Perusahaan Asuransi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan pendaftaran asuransi mobil adalah, pastikan kamu sudah mencari tahu informasi lengkap mengenai perusahaan asuransi yang ingin kamu tuju. Kamu bisa mencari tahu semua informasi terkaitnya, seperti manfaat dari jenis asuransi yang ingin kamu pilih, kekurangannya, biaya, dan lain sebagainya.

2. Menetapkan Perusahaan Asuransi

Setelah mencari beberapa informasi terkait, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menetapkan target perusahaan asuransi. Pasalnya, ada banyak sekali jenis perusahaan yang menyediakan jasa asuransi mobil ini, mulai dari Autocillin, Garda Oto, ACA, Himalaya, Jasindo, Avrist, Chubb dan lain sebagainya.

Dari berbagai perusahaan di atas, tentunya fasilitas dan biaya premi yang ditetapkan berbeda. Untuk itu, kamu bisa membandingkannya satu per satu, dan memilih mana saja yang sesuai selera dan kebutuhanmu.

3. Mengetahui dan Memilih Jenis Asuransi Kendaraan

Syarat mengajukan asuransi berikutnya adalah pastikan kamu sudah mengetahui dan memilih jenis asuransi kendaraan yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Misalnya saja jenis asuransi komprehensif dan total loss only. Kamu bisa memilih satu di antara dua jenis asuransi ini sesuai budget dan kebutuhanmu.

Asuransi komprehensif atau yang biasa disebut juga all risk memiliki jenis biaya pertanggungan yang berbeda jika dibandingkan dengan asuransi TLO. Biaya premi yang dikeluarkannya pun jelas berbeda antara all risk dengan TLO ini. jadi, jangan sampai kamu gegabah dan salah pilih.

4. Lengkapi Dokumen Pendaftaran

Melengkapi semua berkas dokumen pendaftaran juga sangat penting dalam prosedur pengajuan asuransi mobil. Umumnya dokumen-dokumen tersebut hampir sama antara perusahaan asuransi satu, dengan perusahaan asuransi lainnya. Beberapa dokumen syarat asuransi mobil tersebut diantaranya adalah:

  1. Formulir pendaftaran dari perusahaan asuransi
  2. Fotocopy STNK / Surat Tanda Nomor Kendaraan
  3. Fotocopy KTP / Kartu Tanda Penduduk
  4. SIM / Surat Izin Mengemudi
  5. KITAS atau KITAP bagi WNA
  6. NPWP atau SIUP

5. Survei Kendaraan

Setelah semua dokumen syarat pendaftaran asuransi sudah lengkap, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah survei kendaraan yang biasanya, dilakukan oleh petugas asuransi. Kegiatan ini dilakukan sebelum asuransi yang diajukan diproses lebih lanjut lagi.

Setelah survei kendaraan ini selesai dilakukan, maka hasil yang didaptkan nantinya akan dimasukkan ke dalam laporan survei. Apabila mobil yang kamu miliki tergolong kendaraan baru, maka kamu harus mengikuti proses ini dan menunjukkan bukti serah terima kendaraan kepada petugas asuransi.

6. Pembuatan Polis Asuransi Kendaraan

Syarat asuransi mobil berikutnya adalah membuat polis asuransi kendaraan. Polis ini sendiri baru bisa dicetak apabila kelima tahapan di atas sudah dilakukan dengan  baik dan terisi lengkap. Kebijakan polis sendiri berbeda-beda. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu melakukan kesepakatan dengan pihak asuransi.

7. Pembayaran Premi

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan sebagai syarat mengajukan asuransi berikutnya adalah melakukan pembayaran premi. Dimana, jumlah premi yang dibayarkan sesuai dengan tulisan yang sudah tertera di polis. Kamu bisa membayarnya secara langsung dengan datang ke perusahaan asuransi maupun transfer.

Itulah tujuh langkah prosedur dan syarat asuransi mobil yang harus ditempuh pemilik kendaraan. Semua prosedur dan syarat tersebut, harus dilakukan dengan baik dan tepat agar asuransi mobil bisa digunakan. Jangan sungkan untuk tanya kepada pihak perusahaan asuransi jika kurang jelas dengan skema kerjanya ya. 

 

Penulis: Raka 16 Oct 2020 38

Penulis: Raka
11 Aug 2020
140
Penulis: Raka
11 Sep 2020
47