Asuransi Gadget, Seberapa Penting Sih?

Asuransi Gadget, Seberapa Penting Sih?

Beberapa orang masih belum terlalu familiar dengan asuransi gadget. Bahkan masih banyak yang menilai jenis asuransi tersebut tidak terlalu penting. Padahal gadget sendiri adalah salah satu aset berharga dan sangat beresiko terhadap kerusakan dan kehilangan. Lalu sebenarnya seberapa penting sih asuransi gadget itu? 

Apa Itu Asuransi Gadget?

Asuransi gadget merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan pada resiko yang mungkin terjadi pada barang berharga elektronik yang dimiliki oleh pemilik polis. Kategori gadget yang ada asuransinya sendiri masih terbatas, umumnya yang ada asuransinya bisa berupa smartphone, laptop, kamera, atau tablet. 

Asuransi gadget ini sendiri adalah untuk membantu orang yang menggunakan dan memiliki gadget dengan proteksi ekstra. Hal tersebut bisa menekan kerugian akibat terjadi kerusakan yang tidak terduga di masa mendatang. Bahkan ada asuransi yang memberikan kebijakan penggantian gadget yang hilang karena dicuri.

Pihak asuransi di sini mempunyai peraturan yang sedikit berbeda jika terkait dengan asuransi untuk gadget. Sebelum membeli asuransi gadget ini, perhatikan dengan seksama kondisi apa yang ditanggung atau yang akan diganti oleh pihak asuransi. Pastinya, semakin besar serta semakin banyak jenis perlindungan yang diharapkan dan dibutuhkan, memberikan pengaruh pada besar premi yang harus dibayar secara rutin. 

Apa Saja Manfaat Asuransi Gadget

Asuransi gadget memberikan beberapa manfaat yang tentu sangat berguna bagi pembeli. Gadget yang diasuransikan akan mendapatkan proteksi lebih dibandingkan dengan gadget yang tidak dicover asuransi. Berikut ini adalah manfaat dari asuransi gadget yang penting untuk sobat WE+ ketahui:

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Perlindungan Pada Layar dan Motherboard

Bagian gadget yang dicover oleh asuransi ada layar dan juga motherboard. Kedua bagian perangkat tersebut sangat penting dan cukup beresiko mengalami kerusakan, apalagi jika gadget tersebut sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. Kerusakan yang terjadi pada layar atau motherboard termasuk hal yang cukup fatal dan perlu biaya yang cukup besar untuk melakukan penggantian atau service. Manfaat asuransi gadget di sini adalah menanggung kerusakan pada layar dan motherboard. 

  1. Memulihkan Data dalam Perangkat

Data yang ada di dalam perangkat tentu sangat penting dan akan menimbulkan masalah jika sampai hilang karena terjadi kerusakan pada perangkat itu sendiri. Pihak asuransi memberikan perlindungan akan pemulihan data berharga ketika terjadi kerusakan pada perangkat, baik itu smartphone, kamera, atau laptop. Jadi saat data berharga yang ada di dalam perangkat hilang akibat kerusakan, pihak asuransi akan berusaha untuk bisa mengembalikan data tersebut. 

  1. Perlindungan dari Kehilangan

Selain dapat melindungi gadget dari kerusakan, asuransi juga memberikan proteksi pada gadget yang hilang. Namun tentu disini perangkat yang hilang bukan karena kesalahan pemiliknya melainkan hilang dicuri. Selain itu pihak asuransi tidak akan menanggung atau mengganti perangkat yang hilang tersebut. 

  1. Lebih Hemat

Asuransi gadget ini sangat bermanfaat bagi pemilik perangkat untuk bisa lebih hemat jika ada kerusakan hingga kecurian. Saat ada kerusakan asuransi bisa menekan pengeluaran yang besar saat memperbaiki perangkat yang rusak tadi. Apalagi ketika perangkat hilang karena pencurian, pemilik gadget ada kemungkinan untuk mendapatkan perangkat yang sama dan baru dari pihak asuransi.

Nah, cukup penting bukan peran asuransi gadget di sini? Mengingat betapa pentingnya asuransi ini, maka pastikan saat membeli sebuah perangkat atau gadget, sudah ada asuransi gadget yang disertakan penjual ya sobat WE+. Dengan begitu, perangkat yang kamu miliki bisa senantiasa terlindungi dengan maksimal. 

Penulis: Raka 24 Feb 2022 135