Manfaat Granola untuk Kesehatan, Apa Saja?

Manfaat Granola untuk Kesehatan, Apa Saja?

Halo sobat WE+! Apakah diantara kalian ada yang suka menyantap granola untuk sarapan? Manfaat granola yang baik untuk kesehatan memang membuatnya digandrungi sebagai pilihan kudapan pengganti makanan berat. Baik untuk sarapan atau sebagai makanan cemilan. Granola adalah salah satu jenis makanan yang terbuat dari gandum, kacang-kacangan, juga buah-buahan kering. 

Ini Manfaat Granola yang Wajib Kamu Ketahui

Pada umumnya, granola ini dikombinasikan dengan bahan yang bertekstur basah. Bahan ini dipakai dengan tujuan agar bahan pokok granola yang kebanyakan bertekstur kering dapat merekat. Bahan-bahan tersebut adalah minyak-minyakan, cokelat, serta madu. Penasaran dengan manfaat granola? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh dan Mencegah Kanker

Terdiri dari berbagai biji-bijian dan kacang-kacangan, granola mengandung banyak vitamin B1, vitamin E, serta asam folat. Nutrisi-nutrisi baik ini berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi Sobat WE+ dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu pemicu munculnya kanker dan bisa mempercepat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Bukan hanya itu, antioksidan ini juga berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh. Jadi, orang yang rajin mengkonsumsinya akan jarang terserang oleh penyakit. Terlebih lagi selain mencegah kanker, granola juga dapat mencegah seseorang terjangkit penyakit-penyakit lainnya.

2. Mendukung Program Diet yang Dijalankan

Granola yang kaya terbuat dari biji-bijian juga kacang-kacangan juga menjadi sumber protein yang cukup besar. Protein ini diyakini mampu menghambat produksi hormon ghrelin, yang dihasilkan lambung. Hormon tersebut biasanya akan mengirim sinyal ke otak dan memberi tSobat WE+ bahwa seseorang sedang lapar. 

Sobat WE+ akan merasa sangat kelaparan jika tubuh terlalu banyak memproduksi hormon ghrelin. Padahal, sebenarnya tubuh sudah kenyang. Nah, Sobat WE+ dapat menekan hormone ini dengan cara rutin mengkonsumsi granola. Selain itu, banyak yang menyebutkan bahwa granola mampu memberikan efek ‘kenyang’ yang lama dan mampu mendukung program diet Sobat WE+ semua.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Menurunkan Tingkat Kolesterol di Tubuh

Manfaat granola selanjutnya yaitu dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Sehingga bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat bagi orang berkolesterol tinggi. Jika tingkat kolesterol dalam darah menurun, maka resiko timbulnya plak dalam pembuluh darah juga akan menurun. 

Plak-plak adalah alasan munculnya pembunuh paling keji di dunia yaitu serangan jantung. Untuk mendapatkan manfaat granola yang satu ini, Sobat WE+ harus benar-benar jeli. Karena, ada banyak produk granola yang dijual di pasaran ternyata mengandung minyak terhidrogenasi. 

Ini merupakan sebuah proses untuk mengubah minyak nabati ke bentuk padat. Maka dari itu, hendaknya Sobat WE+ selalu memastikan granola yang dibeli, tidak mengandung minyak tersebut. Sebab minyak terhidrogenasi dapat memberikan efek terbalik dari gandum utuh.

4. Mencegah Munculnya Anemia

Granola terdiri dari bahan-bahan yang juga mengandung zat besi. Beberapa di antaranya adalah, sereal dan biji wijen. Menurut penelitian, dari 100 gram biji wijen seseorang bisa mendapatkan paling tidak 4 miligram (mg) zat besi. Inilah mengapa salah satu manfaat granola adalah dapat mencegah munculnya anemia.

5. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Granola sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hal ini karena pengidap diabetes harus menjaga pola makan sebab, tubuh mereka tidak dapat memproduksi insulin lagi. Padahal, tubuh membutuhkan insulin untuk memecah gula dalam darah menjadi energi. Sehingga, jika pasien diabetes mengonsumsi makanan manis sedikit saja, maka kadar gula darah dalam tubuh mereka juga akan langsung naik tinggi.


Nah, demikian tadi ulasan lengkap mengenai manfaat granola yang harus sobat WE+ ketahui. Dari informasi ini bisa kita tahu bahwa granola memang mengandung banyak manfaat. Dengan begitu banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh tersebut, sebaiknya Sobat WE+ mulai rajin mengkonsumsi granola ini ya!

Penulis: Raka 22 Dec 2020 179