Pilihan 7 Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Milenial

Pilihan 7 Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Milenial

Di era yang semakin canggih, persaingan bisnis berkembang dengan semakin pesat. Orang-orang mulai bersaing untuk mempertinggi jenjang pendidikannya guna mempertebal potensi nominal gaji yang akan diterimanya di masa depan. Usut punya usut, ada beberapa pekerjaan yang banyak digandrungi oleh milenial, bahkan mereka yang masih menempuh pendidikan sekalipun. Ialah pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan secara freelance

‘Ah tapi rasanya tidak mampu karena adanya tugas kuliah yang bejibun’, eits jangan ambil pusing dulu! Walaupun masih terikat dengan kewajiban kuliah, Kamu tetap bisa memperoleh uang dari hobi yang dimiliki dengan berbagai opsi aktivitas kerja sampingan yang ada. Lalu, apa sajakah kerja sampingan yang tersedia untuk milenial?

Daftar Pekerjaan Sampingan / Freelance Untuk Milenial

Di bawah ini merupakan beberapa pilihan side job yang cocok untuk kalangan milenial.

1. Desain Grafis

Mulai dari instansi kecil hingga instansi berskala besar, semuanya pasti membutuhkan media visual atau brand yang akan mewakili produk atau layanan jasa mereka di berbagai jejaring sosial. Tidak mengherankan jika kemudian pekerjaan perancang desain grafis lepas selalu ramai akan pesanan. Hanya dengan modal laptop, kuota, dan waktu senggang saja, Kamu dapat menghasilkan uang dari pekerjaan ini. Bahkan, pekerjaan yang tidak terikat oleh waktu ini bisa ditekuni melalui perangkat smartphone loh!

2. Penulis Lepas

Memiliki hobi menulis sudah bisa dijadikan sebagai modal untuk mencari rupiah. Selain akan mengasah skil dalam bidang kepenulisan, Kamu dapat menjadi penulis di blog pribadi atau website yang banyak mencari penulis lepas untuk mengisi konten menarik di blog mereka. Disamping itu, menulis juga akan meningkatkan pengetahuan Kamu akan dunia yang lebih luas.

3. Menjadi Youtuber

Platform Youtube sudah banyak menghasilkan content creator kreatif dengan bayaran jutaan hingga milyaran per bulannya. Tentu, ini menjadi peluang pekerjaan sampingan yang sangat menggiurkan untuk digeluti. Terlebih jika Kamu adalah orang yang gemar tampil di depan kamera, pasti jenis pekerjaan ini akan sangat cocok untuk dilakukan. Disamping itu, Kamu juga dapat mengasah bakat public speaking dan meningkatkan tingkat kepercayaan diri yang dimiliki.

4. Driver Online

Menjadi driver online sudah menjadi kerja sampingan yang banyak dilakukan para milenial. Apalagi jika Kamu adalah salah satu orang yang memiliki hobi untuk berkendara kemana-mana, maka peluang ini wajib diambil. Cukup dengan modal handphone dan motor, Kamu sudah dapat mendaftarkan diri sebagai driver online. Karena termasuk sebagai kerja sampingan dan tidak terikat waktu, aktivitas ini bisa dilakukan sebelum, setelah kuliah, atau waktu senggang lainnya, bergantung pada kesanggupan dan kemampuan Kamu.

5. Bisnis Online Reseller

Tidak perlu ribet menciptakan inovasi atau produk baru, cukup dengan menjual kembali produk orang lain dengan harga yang lebih tinggi. Peluang pekerjaan sampingan sebagai reseller ini ternyata cukup menjanjikan untuk ditekuni. Ada banyak pilihan produk yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk kegiatan reseller ini, sebut saja pakaian, makanan berat, snack, hingga aksesori.

6. Fotografer

Event penting seperti pernikahan, rekreasi kelompok, atau ulang tahun pastilah membutuhkan jasa dokumentasi untuk mendokumentasikan semua momen yang ada. Selain tidak terikat waktu, kerja sampingan ini akan sangat cocok bagi Kamu yang senang bermain dengan foto dan kamera.

7. Bergabung dengan Tutor Bimbel

Seseorang yang tertarik untuk menyalurkan ilmunya tidak melulu harus menunggu lulus sarjana. Kamu bisa menjajal profesi guru privat freelance. Jika kesusahan dalam mencari anak didik sendiri, Kamu bisa bergabung dengan lembaga bimbel.

Itulah beberapa daftar pekerjaan sampingan yang bisa Kamu coba. Cukup bervariasi dan menarik ya? Semoga pilihan pekerjaan sampingan ini bisa kamu pilih untuk menambah penghasilan kamu ya sobat WE+. 

Penulis: Raka 27 Oct 2020 74