5 Hal yang Bikin Kita Boros Tanpa Kita Sadari

5 Hal yang Bikin Kita Boros Tanpa Kita Sadari

Halo sobat We+, seperti yang kita tahu berhemat adalah salah satu cara untuk menjaga kondisi keuangan. Namun ada beberapa hal yang bikin kita boros tanpa kita sadari. Hal-hal inilah yang kemudian membuat kondisi keuangan kamu menjadi tidak sehat dan tak boleh terus-terusan dibiarkan. Umumnya yang menyebabkan kita boros adalah hal-hal sepele yang kerap diabaikan. 

Hal sepele tersebut sudah pasti berada di luar anggaran bulanan yang telah ditetapkan. Meskipun sedikit, apabila dilakukan secara terus menerus pasti akan membuat pengeluaran bulanan membengkak. Tentu saja hal seperti ini tak bisa dibiarkan. Kamu harus secara tegas menghentikan hal-hal tersebut dan mulai berhemat. 

Hal yang Bikin Kita Boros Tanpa Disadari 

Inilah contoh dari hal yang bikin kita boros tanpa kita sadari. Diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Melakukan Penarikan Tunai yang Tak Terkontrol

Sebagai pegangan untuk kebutuhan sehari-hari, kamu pasti harus mengambil tunai dari rekening. Penarikan tunai sebaiknya dilakukan secukupnya saja sesuai kebutuhan. Dan sebelum melakukan penarikan tunai kamu sudah harus merencanakannya sebaik mungkin. 

Penarikan tunai yang terlalu sering hingga tak terkontrol tanpa kamu sadari dapat membuat kondisi keuangan memburuk. Terutama jika melebihi batas pengeluaran bulanan yang telah dianggarkan. Hal seperti ini sering disepelekan, hingga tanpa disadari kamu malah mengalami over budget. 

  1. Sering Isi Saldo E-wallet

Terlalu sering mengisi saldo e-wallet juga tanpa sadar membuatmu menjadi boros. Tak masalah jika kamu menggunakan e-wallet sesuai kebutuhan yang telah dianggarkan di awal bulan. Akan tetapi lebih baik top up dilakukan 1-2 kali saja dalam sebulan. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Top up ke e-wallet biasanya dikenai biaya administrasi yang kecil. Namun bila dilakukan terlalu sering pasti bisa mencapai jumlah yang besar saat diakumulasikan. Sering mengisi saldo e-wallet juga dapat mendorong kamu untuk bersikap konsumtif, yang sudah pasti akan membuat pengeluaran kamu membengkak. 

  1. Terlambat Bayar Tagihan

Tagihan adalah kewajiban yang harus kamu bayarkan setiap bulan. Tagihan masuk dalam pos anggaran bulanan yang sebisa mungkin dibayar tepat waktu. Mungkin menurutmu sepele untuk terlambat membayar, apalagi jika dendanya tidak seberapa. Namun kalau ini terus-terusan dilakukan, otomatis kondisi keuanganmu jadi tidak sehat. 

Cara lebih bijak supaya kamu tidak lagi terlambat membayar tagihan adalah dengan menggunakan sistem autodebet. Dana akan secara otomatis ditarik dari rekening kamu saat jatuh tempo tiba. Sehingga kamu tak perlu lagi khawatir harus membayar denda akibat telat membayar. 

  1. Beli Makan Cepat Saji

Beli makanan di luar memang praktis karena kamu tidak perlu membuang banyak waktu untuk memasak sendiri. Namun tetap harus dikontrol supaya tidak sampai over budget. Beli makanan di luar disarankan saat memang kamu tidak punya waktu untuk memasak. 

Lain dengan beli makanan cepat saji. Biasanya membeli fast food didasari oleh keinginan konsumtif semata. Tak masalah apabila kamu ingin memberikan hadiah pada dirimu sendiri makanan cepat saji setiap gajian. Tapi perlu diingat untuk tidak berlebihan mengingat fast food tidak baik untuk kesehatan, begitu juga untuk keuangan kamu. 

  1. Menghadiri Acara

Terkadang kebiasaan boros bukan berasal dari kemauan diri sendiri. Tapi juga untuk orang lain, seperti dengan menghadiri suatu acara. Diantaranya menghadiri acara ulang tahun, pernikahan, kelulusan, syukuran rumah baru, dan lain sebagainya, pasti kurang afdol apabila tidak membawa buah tangan apapun. 

Bagian ini termasuk pengeluaran yang tak terduga. Sehingga umumnya tidak masuk dalam anggaran yang telah ditetapkan. Uang yang dikeluarkan pun tidak sedikit, bahkan bisa lebih tinggi apabila kamu ingin memberikan hadiah yang istimewa. Hal seperti ini juga termasuk dalam hal-hal yang dapat membuat kamu boros tanpa disadari. 

Demikian penjelasan mengenai 5 hal yang bikin kita boros tanpa kita sadari. Nah setelah mengetahui informasi ini, mulailah untuk bijak mengatur keuangan supaya kondisi finansial kamu tetap baik ya sobat WE+. Semoga bermanfaat. 

Penulis: Raka 16 Sep 2021 50