Pesona 5 Lokasi Wisata Kebumen Terkenal dan Populer

Pesona 5 Lokasi Wisata Kebumen Terkenal dan Populer

Kebumen merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan logat khasnya. Ada banyak sekali wisata Kebumen yang sangat cocok untuk kamu kunjungi saat liburan tiba. Berbagai obyek wisata ada pada daerah ini mulai dari wisata alam seperti pantai, air terjun, dan wisata sejarah pun dapat kamu jumpai disana. Jika kamu singgah ke daerah Kebumen jangan lupa mengunjungi tempat wisata berikut ini ya Sobat WE+.

Inilah 5 Tempat Wisata Kebumen Paling Populer

1. Wisata Alam Air Terjun Superman's Big Sister

Air terjun Superman's Big Sister merupakan wisata Kebumen paling populer, pasalnya banyak masyarakat yang penasaran dengan tempat wisata alam ini. Air terjun ini terletak di dalam sebuah goa yang terletak berdekatan dengan Goa Jatijajar, untuk mencapai lokasi air terjun kamu harus menyusuri ke dalam goa tersebut. 

Di dalam goa ini kamu akan disuguhkan pemandangan air terjun yang sangat eksotis dengan dikelilingi batuan di dalam goa yang sangat menawan. Jika kamu berkunjung ke wisata air terjun ini kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 180.000 dalam satu rombongan.

2. Wisata Sejarah Benteng Van Der Wijck

Setelah membahas wisata alam mari bergeser ke wisata sejarah di daerah Kebumen. Benteng Van Der Wijck merupakan bangunan peninggalan pemerintahan Belanda pada zaman dulu yang masih terlihat kokoh hingga kini. Terletak sekitar 35 km dari pusat kota tepatnya berada di Kecamatan Gombong. Benteng ini dibangun untuk menjadi benteng pertahanan pasukan militer Belanda terhadap perlawanan pasukan Pangeran Diponegoro.

3. Wisata Alam Goa Jatijajar

Goa Jatijajar terletak sekitar 42 km dari pusat kota Kebumen tepatnya di Kecamatan Ayah, di dalam Goa Jatijajar terdapat patung-patung yang berjejer rapi yang akan menyambut kamu ketika berkunjung kesana. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Saat ini pihak pengelola Goa Jatijajar telah membangun jalan setapak yang akan memudahkan kamu berjalan menuju lokasi wisata tersebut, jadi tidak perlu mengkhawatirkan adanya jalan bebatuan yang terjal. Harga tiket masuk yang harus kamu bayar untuk berkunjung ke Goa Jatijajar yaitu sekitar Rp 5.000 saja per orang.

4. Wisata Alam Pantai Menganti

Wisata Kebumen selanjutnya yaitu Pantai Menganti yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Pantai Menganti menjadi salah satu pantai terindah di provinsi Jawa Tengah, pasalnya memiliki pasir pantai berwarna putih dengan hamparan lautan yang indah, serta pemandangan perbukitan dan tebing karst yang mengesankan. 

Ketika cuaca cerah birunya langit di atas pantai ini semakin menambah keeksotisannya. Ada suatu cerita yang beredar pada warga Desa Karangduwur bahwa dulu ada seorang panglima perang dari Majapahit yang menjalin hubungan asmara dengan seorang gadis di wilayah tersebut tapi tidak mendapatkan restu.

5. Wisata Edukasi Alian Butterfly Park

Nah jika sedang mencari destinasi wisata edukasi untuk berlibur bersama keluarga, Alian Butterfly Park dapat dijadikan pilihan. Tempat wisata ini terletak di Krakal, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. 

Disini dapat menjumpai berbagai jenis kupu-kupu terbang bebas di semua area wisata ini, para orang tua dapat mengenalkan beragam jenis kupu-kupu kepada anak-anaknya. Selain beragam kupu-kupu yang menjadi daya tarik utamanya, di Alian Butterfly Park juga terdapat berbagai jenis tanaman dan bunga yang diklaim memiliki jenis terlengkap di Pulau Jawa. 

Nah itulah 5 tempat wisata Kebumen yang dapat kamu jadikan pilihan sebagai tempat liburan akhir tahun nanti. Jangan lupa juga ya Sobat WE+ untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan saat sedang berlibur di tempat-tempat wisata yang menjadi kerumunan banyak orang. Selamat berlibur! 

Penulis: Raka 31 Dec 2020 91

Penulis: Raka
08 Oct 2020
324