Persiapan Keuangan Sebelum Menikah

Persiapan Keuangan Sebelum Menikah

Halo Sobat We+, kali ini kita akan membahas tentang apa saja tips persiapan keuangan sebelum menikah. Mengingat finansial atau keuangan adalah hal yang krusial dalam suatu pernikahan. Topik mengenai keuangan juga bisa menjadi topik pembicaraan yang sensitif antara suami dan istri, oleh karena itu sebisa mungkin kamu sudah harus mulai membicarakannya dengan pasangan sebelum menikah. 

Tak sedikit rumah tangga yang berada di ambang kehancuran karena masalah keuangan. Ketika sudah menikah, kamu tidak bisa lagi bergantung kepada orangtua. Kamu dan pasangan harus bisa mengatur keuangan dengan baik setelah menikah supaya segala kebutuhan rumah tangga tercukupi. 

Tips Persiapan Keuangan Sebelum Menikah 

Nah salah satu caranya adalah dengan mulai merencanakannya sejak sebelum menikah. Buang jauh-jauh pikiran bahwa membicarakan finansial itu tabu, justru pembicaraan ini harus mulai dibiasakan sejak sebelum menikah supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat berumah tangga nanti. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini. 

  1. Keterbukaan Finansial

Setelah menjadi suami istri, urusan keuangan sudah bukan lagi urusan sendiri-sendiri, melainkan urusan bersama. Tak hanya soal pemasukan atau penghasilan saja, melainkan juga utang. Oleh karena itu kamu dan pasangan harus bisa saling terbuka mengenai kondisi keuangan masing-masing. 

Dana keluarga tidak hanya berasal dari dana suami saja. Istri pun harus siap membagi dana yang dimilikinya menjadi dua untuk keluarga dan diri sendiri sehingga keuangan keluarga ditanggung bersama. Apapun yang terjadi pada keuangan salah satu diantara kamu maupun pasangan, tentunya akan mempengaruhi kondisi keuangan keluarga. 

Sebelum menikah, pastikan kamu dan pasangan sudah saling terbuka mengenai masalah ini. Dengan begitu kamu dapat memperkirakan bagaimana kondisi finansial rumah tangga kalian kedepannya. Sehingga kamu bisa mulai merencanakan banyak hal dengan pasangan. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Saling Mengetahui Visi Bersama

Ketika menikah, tidak ada lagi kata "aku" dan "kamu", melainkan "kita". Oleh karenanya agar visi kamu dan pasangan saling sejalan, maka kedua belah pihak harus saling mengetahui visi masing-masing dan menjadikannya sepaham. 

Hal ini memang tidak mudah untuk dilakukan. Mengingat gaya hidup kedua belah pihak tentunya berbeda sejak sebelum menikah. Kamu atau pasangan mungkin memiliki ekspektasi keuangan yang berbeda. 

Maka dari itu penting halnya untuk saling menyamakan visi dan persepsi supaya kamu dapat memperkirakan berapa pengeluaran kalian berdua nantinya. Dengan begitu konflik perkara keuangan dapat dihindari. 

  1. Membicarakan Karir

Masalah karir pun harus mulai dibicarakan sebelum menikah. Seringkali suami tidak mendukung istrinya untuk bekerja setelah menikah. Namun di satu sisi istri juga ingin berkarir seperti cita-citanya sebelumnya. Nah supaya hal ini tak menjadi konflik setelah menikah, ada baiknya mulai bicarakan sebelum menikah. Diskusikan dengan pasangan dengan kepala dingin. Saling memahami adalah kunci dari pernikahan yang bahagia. 

  1. Mengetahui Aset yang Dimiliki

Aset yang semula dimiliki pribadi, akan menjadi milik bersama setelah menikah. Mulailah untuk membicarakan aset dengan pasangan. Baik itu aset yang sudah dimiliki, maupun rencana aset setelah menikah. Adanya aset dapat membantu finansial keluarga. Aset ini bisa menjadi pemasukan pasif dan investasi yang menguntungkan di masa depan. 

  1. Membuat Rekening Bersama

Rencana membuat rekening bersama bisa mulai dibicarakan sebelum menikah. Namun sebelum itu kamu dan pasangan sudah harus memiliki goals untuk masa depan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Rekening bersama ini dapat digunakan sebagai tabungan semisal untuk membeli rumah, mobil, atau biaya sekolah anak. 

Demikian penjelasan mengenai tips persiapan keuangan sebelum menikah yang bisa kamu bicarakan dengan pasangan. Diharapkan dengan tips ini, sobat WE+ bersama pasangan bisa mempersiapkan kondisi keuangan yang sehat dan matang sebelum menikah ya. Semoga bermanfaat! 

Penulis: Raka 10 Sep 2021 86