Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Sobat WE+, perlu kamu pahami bahwa investasi dibedakan menjadi 2 (dua) berdasarkan jangka waktunya, yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Kedua jenis investasi ini sama-sama bisa memberikan keuntungan, perbedaannya hanya terletak pada lama waktunya saja. Nah, jika kamu berniat berinvestasi jangka panjang, berikut beberapa rekomendasi instrumen yang bisa dipilih agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

5 Instrumen Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan 

Berikut beberapa instrumen yang bisa kamu pilih: 

  1. Emas

Emas adalah investasi jangka panjang yang sudah tidak asing lagi bagi mayoritas orang. Emas memiliki nilai yang lebih stabil dibandingkan dengan mata uang. Oleh karena itu emas dimasukkan ke dalam kategori investasi jangka panjang. Cara untuk berinvestasi dengan emas sendiri sangat sederhana. Cukup dengan membelinya lalu menyimpan dengan baik di rumah. 

Namun perlu diingat, sekarang ini semakin banyak oknum yang menjual emas palsu. Jadi saat membeli emas untuk dijadikan investasi pastikan lebih dulu emas tersebut asli. Baiknya beli di toko emas yang berkualitas serta sudah profesional. Hal ini untuk mengurangi resiko terjadinya penipuan.

  1. Properti

Instrumen investasi jangka panjang selanjutnya ada properti, yang bisa berupa tanah, rumah, gedung, dan sejenisnya. Setiap tahun harga properti mengalami kenaikan yang signifikan. Sudah terbukti bahwa properti ini cocok digunakan sebagai investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Harga beli dengan harga jual memiliki perbedaan sampai berkali-kali lipat dengan nilai jual yang tentu lebih tinggi. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Namun tentunya untuk bisa memiliki investasi ini perlu modal yang cukup besar. Sebab harga properti sendiri memang sudah tinggi. Jadi selama masih berpenghasilan cobalah untuk memiliki investasi properti ini.

  1. Saham Blue Chip

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang paling banyak orang tahu. Jadi biasanya orang yang tidak tahu kalau investasi ada beragam pilihan, yang diketahui hanya saham dan properti. Saham sendiri adalah cara seseorang berinvestasi pada sebuah perseroan terbatas atau perusahaan. Dengan menanam modal pada salah satu perusahaan artinya orang tersebut memiliki saham, sehingga ada dividen yang diperoleh setiap tahun. Sebaiknya pilih perusahaan yang stabil kondisi finansialnya serta pendapatannya. 

  1. Reksadana

Investasi jangka panjang yang satu ini sangat cocok bagi para pemula yang memang masih memiliki penghasilan tidak seberapa. Hanya dengan modal seratus ribu rupiah sudah bisa mulai berinvestasi demi masa depan. Reksadana sendiri masih termasuk jenis saham namun memang diperuntukkan bagi yang masih belajar soal saham. Jadi ada yang mengelola modal yang ditanamkan sehingga pemilik saham reksadana tidak perlu lagi pusing memantau uang yang sudah masuk di dalam saham reksadana.

  1. Tabungan Berjangka

Selanjutnya ada tabungan berjangka yang memang masih sedikit orang yang tahu. Investasi jangka panjang yang satu ini memiliki penawaran keuntungan yang cukup fantastis. Pada intinya tabungan berjangka ini berbeda dengan tabungan biasa dimana  bunga yang ditawarkan lebih tinggi. Selain itu, dana yang sudah dimasukkan ke dalam tabungan berjangka tidak bisa seenaknya saja diambil atau dicairkan. 

Jika membutuhkan dana yang ada pada tabungan berjangka maka harus menunggu sesuai tempo yang sudah disepakati, Jika memaksa untuk mengambil dana sebelum jatuh tempo maka ada denda yang harus dibayarkan.

Nah, itu dia beberapa jenis investasi jangka panjang yang menawarkan keuntungan cukup tinggi. Semua jenis investasi akan mendatangkan keuntungan asal dilakukan dengan benar dan tepat. Ukur kemampuan serta ketahui tujuan investasi terlebih dahulu sebelum memutuskan mau mengambil instrumen investasi yang mana. Jika tidak maka hanya akan merugikan diri sendiri terutama kondisi finansial di masa depan.

Penulis: Raka 03 Mar 2022 117