Masih Pemula? Begini Cara Memulai Investasi Deposito Berjangka

Masih Pemula? Begini Cara Memulai Investasi Deposito Berjangka

Halo sobat We+! Kamu pasti tidak asing dengan yang namanya investasi kan? Yup, investasi dapat diartikan dengan penanaman modal yang keuntungannya dapat dituai suatu saat nanti. Lantas, apa rekomendasi investasi bagi pemula? Jawabannya adalah deposito berjangka. 

Deposito adalah salah satu produk investasi bank yang sesuai untuk pemula karena tidak terdampak oleh pergerakan pasar keuangan yang pengaruhnya dari kondisi perekonomian nasional maupun global. Nah, salah satu jenis dari deposito adalah deposito berjangka.

Untuk sobat We+ yang masih pemula dalam berinvestasi dapat memulai dengan deposito berjangka. Cara membuatnya sangat mudah seperti membuka rekening pada umumnya. Untuk Sobat We+ yang ingin memulai investasi dengan deposito berjangka, simak langkah-langkah di bawah ini ya!

Pengertian Deposito Berjangka 

Sebelumnya, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu deposito berjangka. Deposito berjangka adalah investasi yang alurnya hanya melakukan setoran saja dan melakukan penarikan dalam waktu yang ditentukan. Secara umum deposito berjangka berkisar antara 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan. Jika sebelum jangka waktu yang telah disepakati kamu melakukan penarikan, siap-siap kena penalti ya! 

Apabila kamu ingin memperpanjang secara otomatis jika waktu deposito telah habis, investor dapat memakai sistem Automatic Roll Over (ARO) hingga investor mencairkannya. Untuk penarikannya tidak terikat saat melakukan perpanjangan otomatis tersebut. Intinya, investor hanya perlu melakukan penyetoran setiap tanggal jatuh tempo hingga jangka waktu yang telah disepakati dengan pihak bank.

Cara Umum Memulai Deposito Berjangka

Jika Sobat We+ sudah yakin akan melakukan deposito, maka inilah syarat-syarat pengajuan deposito. Menentukan bank untuk mendaftar deposito.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Mempunyai rekening bank di tempat Sobat We+ akan mendaftar deposito.
  2. Membawa KTP dan NPWP 
  3. Membawa materai.
  4. Memilih tenor dan jenis deposito yang ditawarkan oleh pihak bank yang Sobat We+ pilih..
  5. Mengisi formulir pendaftaran dengan data yang sebenar-benarnya yang diberi petugas bank.
  6. Mengikuti arahan Customer Service untuk setiap langkah pembukaan deposito.
  7. Melakukan setoran untuk membuka rekening bank.
  8. Jika sudah terdaftar, menyimpan bukti kepemilikan deposito yang digunakan untuk mencairkan dana deposito.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Deposito Berjangka

Sobat We+ sebelum memilih deposito ke mana, baiknya sobat We+ memperhatikan hal-hal berikut ya! Sebab setiap bank memiliki penawaran yang berbeda dengan keunggulannya masing-masing. Inilah beberapa hal tersebut: 

  1. Reputasi Bank

Untuk mengikis resiko negatif ketika kamu akan melakukan deposito, mengetahui reputasi bank adalah hal yang penting. Oleh sebab itu, Sobat We+ harus mengecek reputasi bank yang akan dipakai untuk deposito. Teliti dengan sedetail-detailnya ya biar tidak rugi nantinya!

  1. Waktu Deposito

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa waktu deposito berjangka ini bisa 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan. Pilihlah jangka waktu deposito yang paling sesuai untuk kamu. Hal itu bertujuan agar memenuhi target yang kamu rencanakan melalui deposito berjangka ini.

  1. Perbandingan Suku Bunga Deposito

Perbandingan suku bunga deposito ini juga sangat perlu kamu pertimbangkan. Pasalnya, kamu akan mendapat keuntungan tinggi jika bunga deposito tinggi juga. Hati-hati jika ada bank yang menawarkan bunga yang melampaui Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Sebab, bank normal hanya menawarkan bunga deposito lebih rendah atau sama dengan LPS. Jika yang melampaui LPS maka bank tersebut tidak sehat. Hat-hati ya Sobat We+!

  1. Biaya Deposito

Perhatikan besaran biaya deposito dan administrasi setiap kali menyetor. Sesuaikan dengan keuangan kamu dan yang menguntungkan bagi Sobat We+ ya! Sebab tiap nilai deposito sesuai jangka waktunya berbeda-beda biayanya.

Sangat mudah, bukan? Sobat We+ bagi kamu yang pemula dalam investasi jangan ragu untuk mencoba deposito berjangka ini ya! Kamu bebas memilih yang sesuai dengan budget kamu dalam investasi. Jangka waktu juga bisa kamu tentukan sendiri. Kamu tinggal setor setiap bulan dan menuai keuntungan di akhir jangka waktu deposit. Selamat mencoba!

 

Penulis: Raka 21 Jun 2021 116