Kebiasaan yang Membuat Kamu Tidak Kaya!

Kebiasaan yang Membuat Kamu Tidak Kaya!

Kekayaan memang tidak bisa dijadikan sebagai penentu kebahagiaan seseorang. Akan tetapi dengan memiliki kekayaan yang cukup kamu bisa melakukan banyak hal dengan leluasa. Namun apakah sobat WE+ tahu bahwa ada beberapa kebiasaan yang membuat kamu tidak kaya lho! 

5 Kebiasaan yang Membuat Kamu Tidak Kaya

Berbagai kebiasaan ini tentu harus kamu hindari agar tidak menyulitkanmu dalam proses membangun kekayaan. Inilah beberapa kebiasaan tersebut: 

  1. Terlalu Banyak Bersantai dan Tidak Ada Usaha Sama Sekali

Meskipun bersantai termasuk hal penting untuk merilekskan pikiran namun hal ini bukan berarti kamu terlena akan nikmatnya bersantai. Sebab kebiasaan seperti ini akan membuat kamu jadi sulit kaya. Apabila kamu termasuk orang yang punya kebiasaan seperti ini, maka sudah seharusnya untuk menata ulang waktu. Jangan sampai kamu melewatkan waktu produktif tanpa menghasilkan apa-apa. Oleh sebab itu, segeralah tetapkan jadwal agar kamu lebih produktif. 

  1. Lebih Senang Rebahan

Untuk memulihkan energi kembali, maka rebahan pun diperlukan. Namun sebaiknya digunakan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan tidak berlebihan. Jangan sampai kamu melewatkan waktu untuk hal-hal tidak penting selama itu. Rebahan secukupnya, namun produktivitas harus lebih tinggi. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Khawatir untuk Mencoba Hal Baru

Meskipun kini sudah punya pekerjaan, namun waktu senggah pun perlu dimanfaatkan sebaik mungkin. Kamu bisa mengasah kemampuan yang mungkin berada di luar lingkup pekerjaan saat ini. Misalkan saja seperti membuka usaha sampingan ketika pulang kerja ataupun pekerja lepas landas. Ini bisa juga jadi alternative saat kamu tidak lagi bekerja di tempat an sekarang ini.

Jadi, kamu jangan pernah merasa khawatir lagi untuk mencoba sesuatu yang baru. Sebab ini pun juga untuk kebaikan diri kamu kelak. Bahkan akan menghindari terciptanya hambatan-hambatan yang akan membuat kamu jadi sulit kaya.

  1. Sering Berhutang

Kebiasan buruk seperti berhutan juga cenderung membuat seseorang untuk segera kaya. Hal ini membuat kamu harus siap untuk mengatur keuangan membayarkan semua utang-utang. Apalagi jika bunganya cukup tinggi. Bukan malah memperbaiki hidup, tapi kamu harus memikirkan cara agar bisa melunasi hutang tersebut beserta bunganya.

  1. Tidak Mau Berinvestasi untuk Masa Depan

Hal selanjutnya yang mungkin membuat kamu kesulitan untuk menjadi kaya yaitu tidak mau berinvestasi. Sebab mungkin saja kamu lebih memilih agar keuangan mengalir begitu saja. Padahal ini juga ada jadi ladang uang di masa depan. Kini bahkan sudah banyak orang yang berinvestasi untuk rentang jangka waktu panjang. Jadi tidak ada salahnya bagi kamu mempelajari ilmu investasi sejak dini. Sehingga bisa mengelola risiko keuangan saat berinvestasi nanti.

Namun saat berinvestasi, kamu pun tidak boleh terlalu ceroboh dengan deposit banyak uang ke dalamnya. Justru hal ini sangat beresiko untuk timbulnya kerugian. Sehingga kamu harus pintar-pintar dalam mencari pasar investasi yang memang memiliki resiko kerugian kecil. Untuk pemula, cukup gunakan saja investasi emas dan reksadana dulu. Sebab ini akan dikelola langsung oleh manajer investasi. Sehingga kamu pun tidak akan dirugikan artinya.

Nah sobat WE+, itulah beberapa kebiasaan yang membuat kamu tidak kaya. Dengan mengetahui berbagai hal ini, jangan sampai ini terjadi pada kamu. Ubah kebiasaan yang memang berdampak buruk untuk masa depan dan mulai berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa semakin mudah untuk menjadi orang yang sukses dan memiliki banyak kekayaan. 

Penulis: Raka 04 Aug 2022 30