Penyebab Stres yang Kadang Suka Kita Abaikan

Penyebab Stres yang Kadang Suka Kita Abaikan

Tekanan dan tuntutan hidup bisa membuat kamu mengalami stres. Sayangnya, kondisi stres ini dapat mempengaruhi kesehatan, bahkan memunculkan gangguan fisik. Oleh sebab itu, setiap orang perlu mengetahui gejala dan penyebab stres agar dapat menghindarinya untuk meminimalisir dampaknya.

Pada dasarnya, stres merupakan suatu mekanisme alami tubuh ketika menghadapi ancaman tertentu. Caranya adalah dengan melepaskan dua jenis hormon, yakni kortisol dan adrenalin. Kedua hormon inilah yang membuat kamu bisa mengalami stres. Namun, jika berkelanjutan dam berlebihan, stres harus segera mendapat penanganan tepat.

Kenali Beberapa Penyebab Stres 

Ada banyak hal yang memicu seseorang mengalami stres. Mengenali penyebabnya membuat kamu bisa lebih mudah dalam mengatasinya. Tujuannya adalah mencegahnya menjadi berkelanjutan dan merugikan kesehatan. Agar lebih jelas, berikut ini ada beberapa penyebab stres yang kadang suka kita abaikan.

1. Kondisi Hubungan yang tidak Sehat

Tak jarang, penyebab seseorang mengalami stres justru orang-orang terdekatnya. Contohnya pada hubungan yang tidak sehat. Sering terjadinya pertengkaran antara suami dan isti bisa membuat seseorang merasa tertekan. Hal ini akan menjadi semakin parah apabila dalam pertengkaran tersebut, terjadi saling menyalahkan.

2. Tekanan Dalam Pekerjaan

Beban kerja terlalu tinggi juga bisa memicu terjadinya stres. Hubungan kerja yang kurang baik antara sesama karyawan atau dengan atasan bisa membuat kamu merasa tidak nyaman ketika berada di kantor. Biasanya ini membuatmu malas berangkat ke tempat kerja. Namun, jika tidak segera diatasi, ini akan membuatmu mendapatkan sanksi yang justru memperparah stres.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Terlalu Mengkhawatirkan Sesuatu

Penyebab stres selanjutnya adalah ketika kamu terlalu mengkhawatirkan sesuatu. Contohnya adalah saat sedang mempersiapkan pernikahan. Setiap orang pasti menginginkan resepsi pernikahan yang istimewa, unik, dan berkesan. Sementara, untuk mewujudkan keinginan itu tentu bukan perkara mudah. Hal inilah yang sering membuat mempelai mengalami stres.

Merasa khawatir ketika akan menjalani tes wawancara pekerjaan juga bisa membuat kamu mengalami stres, bahkan hingga sulit tidur. Namun, jangan biarkan hal ini terjadi berkepanjangan. Atasi dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Kamu juga bisa mengurangi kekhawatiran dengan melakukan persiapan yang baik sebelum interview tersebut.

4. Rasa Bersalah Atas Kesalahan

Penyebab lain dari stres yang kamu alami bisa jadi merupakan rasa bersalah atas sesuatu hal buruk yang terjadi. Misalnya kamu melakukan suatu kesalahan yang ternyata berdampak besar dan merugikan banyak orang. Ini bisa membuatmu merasa tertekan. Cara mengatasinya adalah mencoba memaafkan diri sendiri. Selanjutnya, lakukan perbaikan semaksimal mungkin.

5. Masalah Finansial

Apabila mencermati beberapa kasus, masalah finansial memang sering menjadi penyebab utama terjadinya stres. Bahkan menurut sebuah survei, lebih dari 70% penderita mengalami stres akibat permasalahan finansial. Kasusnya bisa bermacam-macam. Misalnya ketidakmampuan menyediakan dana pendidikan atau kesehatan bagi keluarga.

Harus mengeluarkan biaya pengobatan secara mendadak dalam jumlah besar, sering menjadi masalah yang menyita pikiran, apalagi jika memang belum tersedia. Kamu bisa saja mengalami kecemasan, gangguan tidur, bahkan terpicunya emosi. Oleh sebab itulah, mempersiapkan cadangan finansial sangatlah penting.

Itulah berbagai penyebab stres yang kadang suka diabaikan. Meski terlihat sepele, berbagai penyebab ini bisa menjadi masalah serius yang semakin membuat stres apabila tidak segera kamu tangani. Maka dari itu, jika sudah mengetahui apa penyebab stres, segera cari cara penanganan stress terbaik untuk kamu ya. 

Penulis: Raka 19 Dec 2021 513