Wajib Tahu! Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental yang Benar

Wajib Tahu! Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental yang Benar

Bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus sobat WE+ rawat dan jaga dengan baik, tetapi kesehatan mental juga penting. Kesehatan mental juga memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Mental yang sehat akan menjadi kemampuan diri dalam mengelola segala jenis perasaan, ketika menghadapi masalah setiap harinya. Sobat WE+ juga harus tahu bagaimana caranya menjaga kesehatan mental dengan benar.

Tips Menjaga Kesehatan Mental dengan Cara Sederhana dan Tepat

Untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental ini bisa diterapkan dengan beberapa cara sederhana. Perubahan mental yang lebih sehat juga akan mempengaruhi setiap aspek dalam kehidupan. Sobat WE+ akan merasakan suasana hati yang lebih baik dan pikiran yang positif jika mental sehat. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dengan baik:

1. Mengatakan Hal-hal Positif pada Diri Sendiri

Langkah pertama yang bisa sobat WE+ lakukan adalah dengan memberikan hal positif untuk diri sendiri. Menurut penelitian, cara berpikir kita mengenai diri sendiri memiliki efek atau pengaruh yang kuat untuk kejiwaan dan kesehatan jiwa. Pada saat sobat WE+ melihat hal negatif ke diri sendiri maka kamu juga akan merasakan efek negatif dari cara pandang tersebut. 

Namun jika sobat WE+ terbiasa memandang dan menilai diri sendiri dengan hal positif maka hal itu akan membuat sobat WE+ menjadi lebih optimis dan juga percaya diri. Jadi, sebisa mungkin berikan pandangan yang baik dan positif untuk diri sendiri ya.

2. Menuliskan Hal-hal yang Harus Disyukuri

Rasa syukur pada setiap hal yang sobat WE+ punya dalam hidup akan menjadi peningkatan dalam kualitas mental, kesejahteraan, dan juga kebahagiaan dalam menjalani hidup. Maka tingkatkan rasa syukur sobat WE+ dengan membuat jurnal dan tulis hal-hal yang kamu syukuri. Renungkan rasa terima kasih sobat WE+ dan memperoleh manfaatnya dalam jangka panjang. Temukan hal-hal yang bisa sobat WE+ syukuri dengan menikmati perasaan tersebut.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3. Fokus di Satu Waktu pada Satu Hal

Fokuslah pada tujuan hidup sobat WE+, yang nantinya akan melepaskan segala emosi negatif atau pengalaman sulit/buruk di masa lalu. Mulailah dengan kesadaran dalam melakukan segala kegiatan setiap harinya seperti berjalan, mandi, makan, belajar dan sebagainya. 

Beri juga perhatian pada fisik, bau, suara bahkan rasa dari pengalaman hidup sobat WE+, yang nantinya akan membantu sobat WE+ lebih fokus. Jika pikiran sobat WE+ melayang ke mana-mana maka sobat WE+ akan overthinking.

4. Olahraga

Dengan berolahraga tubuh akan melepaskan endorfin yang juga akan menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Olahraga juga bisa menjadi penangkal stres, depresi dan kecemasan yang sangat ampuh. Pilih jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di mana saja seperti naik turun tangga, berjalan, dan sebagainya. Luangkan waktu 30 menit setiap harinya.

5. Makan Makanan Sehat dan Bergizi 

Makanan sehat dan bergizi juga akan membuat otak menjadi lebih sehat. Makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah sedang akan menenangkan suasana hati sobat WE+. Makanan yang mengandung protein tinggi, akan membuat sobat WE+ dalam kondisi lebih waspada. Sayuran dan buah juga mampu mengatur suasana hati. Asupan nutrisi pada makanan sehat tersebut bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan integritas yang ada di sel otak.

Itulah cara tepat dalam menjaga kesehatan mental yang bisa sobat WE+ terapkan di kehidupan sehari-hari. Lakukan secara bertahap hingga sobat WE+ terbiasa. Dengan begitu, kesehatan mental bisa lebih terjaga.

Penulis: Raka 23 Jan 2021 85