Ternyata Sereh Banyak Manfaatnya, lho! Apa Aja Sih?

Ternyata Sereh Banyak Manfaatnya, lho! Apa Aja Sih?

Tak banyak orang yang mengetahui manfaat sereh untuk kesehatan. Apakah kamu juga salah satunya? Umumnya sereh memang digunakan untuk penyedap bahan makanan. Aroma dan rasa yang dimiliki sereh ini tentu sangat khas sekali dan juga menyegarkan.

Sereh bahkan telah diproduksi dalam skala industri untuk mengambil minyak atsirinya. Minyak atsiri tersebut digunakan untuk mengusir nyamuk karena didalamnya terkandung sitronela. Tak hanya itu, kamu juga dapat jumpai di pasaran aromaterapi yang mengandung minyak sereh.

Manfaat sereh untuk kesehatan didatangkan dari kandungan nutrisi yang ada di dalam sereh. Mulai dari vitamin A, vitamin C, zat besi, folat, tembaga, magnesium, kalsium, potassium, dan mangan dan juga kandungan kimianya seperti sitronela, asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Lalu, apa saja manfaat sereh untuk kesehatan?

Manfaat Sereh untuk Kesehatan

Inilah berbagai manfaat sereh selengkapnya:

  1. Mencegah Terjadinya Peningkatan Kolesterol

Aktivitas antihiperlipidemia dan antihiperkolesterolemia ditunjukkan oleh bagian daun dan akar sereh. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan konsumsi teh sereh secara rutin bisa mempertahankan tingkat gliserida yang ada dalam tubuh kamu serta bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Mengobati Insomnia

Kandungan pada sereh bisa membantu kamu untuk menenangkan otot-otot dan saraf, sehingga kamu tidak akan insomnia lagi dan tidurpun menjadi lebih nyenyak. Teh sereh pun juga sudah terbukti bisa meningkatkan waktu dan kualitas tidur seseorang karena terdapat zat hipnotis di dalamnya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Mengobati Infeksi Saluran Kencing dan Penyakit Kulit

Sereh Memiliki aktivitas antiseptic yang efektif dalam mengobati penyakit kulit yang disebabkan karena kurap, kudis, luka, dan infeksi saluran kencing. Aktivitas tersebut ditunjukan oleh aktivitas antimikroba yang bisa membasmi jamur pada tubuh seseorang.

  1. Mengatasi Sindrom PMS atau Pra-haid

Untuk kamu yang sedang mengalami sindrom ini sangat bagus untuk mengkonsumsi teh sereh. Hal ini disebabkan karena sereh bisa menyebabkan munculnya efek diuretik yang merangsang organ ginjal untuk mengeluarkan urin lebih banyak dari biasanya. Hal ini juga telah dibuktikan dalam penelitian Journal of Renal Nutrition bahwa sereh bisa meningkatkan produksi urin.

  1. Sebagai Bahan Detoksifikasi

Sereh bisa membantu kamu untuk menghilangkan zat beracun yang ada dalam tubuh. Detoksifikasi yang dilakukan dengan sereh bisa membantu melancarkan fungsi berbagai macam organ tubuh, terutama untuk hati dan ginjal.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Bagi kamu yang punya masalah berat badan, bisa minum teh sereh sebagai solusinya. penurunan berat badan ini disebabkan karena adanya peningkatan pengeluaran energi dan oksidasi lemak yang dihasilkan dari senyawa polifenol pada daun dan batang sereh.

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi 

Sereh memiliki kandungan nutrisi berupa kalium yang bisa membantu meningkatkan produksi urin dalam tubuh, sehingga akan merangsang sirkulasi darah dan menyebabkan terjadinya penurunan tekanan darah. Peningkatan sirkulasi darah juga bisa membantu membersihkan hati. Sereh juga bisa membatasi penyerapan kolesterol dari usus sehingga kesehatan jantung kamu akan meningkat.

  1. Meningkatkan Kadar Sel Darah Merah

Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian, bahwa infused water sereh yang diminum rutin bisa membantu peningkatan kadar sel darah merah. Terbukti konsumsi selama 30 hari bisa membantu meningkatkan kadar haemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah yang ada dalam tubuh.

Meskipun sereh memiliki segudang manfaat, kamu harus tetap memperhatikan jumlah asupan yang seharusnya dikonsumsi oleh tubuh. Tujuannya agar kamu terhindar dari efek samping konsumsi sereh berlebihan. Serta penggunaannya untuk ibu hamil dan orang yang sedang menjalani kemoterapi sangat perlu diperhatikan. Kamu bisa lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar manfaat sereh yang diperoleh lebih maksimal. 

Penulis: Raka 17 Dec 2021 54