Wajib Tahu, Berikut ini 5 Jenis Olahraga Ringan di Rumah

Wajib Tahu, Berikut ini 5 Jenis Olahraga Ringan di Rumah

Apakah sobat WE+ ingin menyehatkan badan dengan olahraga, tetapi tidak mempunyai waktu luang? Jika iya, memilih melakukan olahraga ringan di rumah adalah solusi terbaiknya. Walaupun sederhana, namun kegiatan tersebut memiliki banyak manfaat serta dapat mengembalikan kebugaran tubuh. Caranya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga sangat cocok dilakukan bagi sobat WE+ yang sibuk bekerja.

Rekomendasi Jenis-jenis Olahraga Ringan Menyehatkan

Bagi sebagian orang, melakukan olahraga merupakan suatu keharusan. Namun, yang jadi masalah adalah kesibukan yang terlalu padat sehingga wacana berolahraga setiap hari menjadi terbengkalai. Inilah berbagai jenis olahraga ringan di rumah yang bisa kamu lakukan: 

1. Sit Up

Sit up adalah jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Olahraga ini cocok bagi perempuan maupun laki-laki yang ingin membuat perut mereka perfeksionis dan berotot. Caranya sangat mudah dan tidak memerlukan alat maupun bantuan dari orang lain.

Kamu bisa melakukan Sit up ketika bangun tidur di pagi hari atau sebelum tidur agar tidak mengganggu waktu yang sangat menyibukkan. Lakukanlah Sit up selama kurang lebih 10 hingga 15 kali dalam sehari untuk hasil kebugaran tubuh yang maksimal.

2. Jogging

Siapa yang tidak suka dengan jogging? Olahraga ringan yang satu ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Jogging bisa menguatkan otot jantung sehingga memberikan efek tidak mudah kelelahan bagi kamu yang sering melakukan lari-lari kecil di pagi hari.

Jogging ini bisa dilakukan di halaman rumah agar kamu juga terkena sinar matahari pagi yang akan membuat tubuh mengeluarkan keringat melalui racun. Jika tidak mempunyai waktu luang yang lebih, maka jogging dapat dilakukan 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Olahraga Angkat Beban

Bagi kamu yang suka memiliki otot tangan yang besar, melakukan olahraga angkat beban sangat disarankan. Selain mudah, angkat beban bisa dilakukan kapan saja di dalam rumah sehingga tidak akan mengganggu aktivitas harian yang lainnya.

Dalam memilih jenis berat beban yang diangkat, kamu dapat memulainya dari yang paling ringan terlebih dahulu. Jangan memaksakan untuk mengangkat beban yang terlalu berat jika memang belum kuat karena hal itu bisa menimbulkan cedera pada otot tangan.

4. Senam

Jangan kamu berpikiran bahwa senam hanya bisa dilakukan dengan beramai-ramai dan wajib ada instrukturnya. Anggapan ini salah karena senam dapat dilakukan secara individu di dalam rumah sehingga bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu akan tetap bisa melakukannya.

Belilah video senam sebanyak mungkin dengan variasi gerakan yang berbeda-beda. Jika akan melakukan senam, putarlah video tersebut dan silahkan menirukan gerakan yang ada di dalamnya. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan tidak memerlukan banyak biaya.

5. Naik Turun Tangga

Ingin menguatkan otot kaki dengan mudah? Untuk tujuan tersebut, olahraga menaiki dan menuruni tangga di rumah bisa kamu lakukan secara rutin setiap hari. Hal ini membuat otot kaki semakin kuat dan pergerakannya akan makin lincah. 

Awalnya olahraga ini terasa berat dan menyakitkan kaki. Akan tetapi, jika sudah terbiasa dilakukan, maka semua rasa tersebut hilang dan berbagai manfaat positif pun akan didapatkan dalam jangka waktu panjang. 

Nah sobat WE+, itulah beberapa jenis olahraga ringan di rumah yang bisa kamu lakukan. Semoga informasi di dalam artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu untuk selalu menjaga hidup sehat dengan cara-cara yang paling mudah. Jangan lupa olahraga dan selalu jaga kesehatan ya sobat WE+!

Penulis: Raka 24 Jan 2021 44