Tak Cuma Lezat, Ini 5 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan Tubuh

Tak Cuma Lezat, Ini 5 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan Tubuh

Hai Sobat We+, sebagai pecinta drama Korea atau K-pop kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan makanan kimchi? Yup! Makanan khas Korea yang paling populer dikenal di dunia termasuk Indonesia adalah kimchi. Kimchi merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari sayuran segar terutama sawi putih dan lobak. Manfaat kimchi ternyata juga banyak untuk kesehatan tubuh lho sobat WE+! 

5 Manfaat Kimchi, Makanan Fermentasi Sehat dari Korea 

Kimchi dibuat dengan mencuci dan mengeringkan sayuran segar, kemudian dicampur dengan bumbu yang memiliki cita rasa asin dan pedas. Inilah berbagai manfaat kimchi untuk kesehatan tubuh:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Seperti yang kita tahu, kimchi adalah makanan dari sayuran segar yang dikonsumsi setelah melalui proses fermentasi. Dari fermentasi itulah kemudian dihasilkan bakteri probiotik yang baik bagi kesehatan tubuh. Bakteri probiotik yang dihasilkan bernama Lactobacillus kimchi, yang mana dinobatkan sebagai makanan probiotik dengan manfaat yang sejajar dengan yogurt. 

Karena kandungan probiotiknya maka konsumsi kimchi dapat membantu melancarkan pencernaan Sobat We+. Kamu akan mendapatkan asupan probiotik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Probiotik dalam kimchi diklaim sangat bagus untuk mengembalikan keseimbangan mikroba dalam usus sehingga dapat membuat fungsi usus semakin baik. 

Selain itu probiotik yang dimiliki kimchi berperan besar dalam meminimalisir gejala gangguan pencernaan kronis irritable bowel syndrome (IBS). Gangguan pencernaan ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami sakit perut, sembelit, perut kembung, hingga diare.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat lain dari makanan khas Korea Selatan ini adalah dapat menurunkan risiko kanker. Tidak ada salahnya kamu rutin mengkonsumsi kimchi sebagai pelengkap makanan karena di dalam kimchi terdapat kandungan vitamin A yang kaya dan berkhasiat menurunkan risiko kanker. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa fermentasi dari sawi putih berpotensi dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Kamu tidak perlu khawatir lagi apabila ingin mengkonsumsi kimchi setiap hari.

3. Menjaga Kesehatan Mata 

Seperti yang kita tahu, kimchi mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dari berbagai gangguan mata, salah satunya degenerasi makula akibat penuaan. Kimchi sangat cocok dimasukkan dalam daftar menu makanan harian Sobat We+ yang menderita gangguan mata, karena tingginya kandungan vitamin A yang mampu membantu Sobat We+ menjaga kesehatan organ penglihatan. 

Asupan vitamin A yang direkomendasikan setiap harinya adalah 700 sampai 900 mikrogram untuk orang-orang yang berusia di atas 14 tahun. sedangkan bagi wanita yang sedang menyusui, asupan vitamin A yang disarankan adalah 1200 sampai 1300 mikrogram per hari.

4. Membantu Menurunkan berat badan

Bagi Sobat We+ yang sedang menjalankan diet, tidak ada salahnya ini untuk menambahkan menu kimchi dalam menu makanan saat diet. Dari 150 gram kimchi, diketahui hanya terdapat 40 kalo saja loh, sangat baik untuk membantu kamu menjalani diet. 

Kimchi juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh kamu loh karena kandungan capsaicin yang ditemukan dalam cabai dalam kimchi. Efek dari lancarnya metabolisme tubuh inilah yang akan memperlancar proses penurunan berat badan kamu.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jangan khawatir kolesterol tinggi saat mengkonsumsi kimchi. Justru hidangan Korea ini memiliki manfaat dapat menurunkan kolesterol, loh. Hal ini didasarkan pada kandungan bawang putih dalam kimchi, yang secara tidak langsung dapat mencegah stroke. 

Itulah 5 manfaat kimchi yang baik bagi kesehatan kamu. Kimchi bisa kamu buat sendiri di rumah dengan resep yang bisa kamu cari di internet. Biasanya kimchi dihidangkan sebagai menu pelengkap, dan di negara asalnya makanan ini umumnya dikonsumsi setiap hari. 

Penulis: Raka 26 Jan 2021 29