Penting! Ini 6 Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Diabaikan

Penting! Ini 6 Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Diabaikan

Gigi adalah organ yang sangat penting karena fungsi utamanya sebagai alat untuk mengunyah makanan. Sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan kesehatannya sehingga sering terjadi gangguan, misalnya gigi berlubang. Kalau sudah begitu Sobat We+ pastinya tidak bisa menikmati makanan bahkan tidak doyan makan sama sekali. Sebenarnya, apa saja faktor yang menjadi penyebab gigi berlubang tersebut?

6 Faktor yang Menyebabkan Gigi Berlubang

1. Tidak Menjaga Kebersihan Mulut

Sangat disayangkan masih banyak orang yang menganggap enteng kebersihan area mulut padahal itu sangat penting. Gangguan pada mulut karena rusaknya gigi dan gusi seringkali disebabkan oleh tidak bersihnya area tersebut.

Biasakan menggosok gigi setidaknya 2 kali sehari agar sisa makanan bisa hilang dari rongga mulut. Kalau perlu gosoklah gigi setelah makan dan sebelum tidur sehingga tidak ada timbunan gula dan asam yang tertinggal di dalam mulut. Gula dan asam merupakan zat yang memicu terjadinya lubang pada gigi.

2. Konsumsi Makanan Manis dan Asam Berlebihan

Jika diperhatikan makanan dan minuman kekinian yang digemari anak muda tinggi kandungan gulanya. Belum lagi jika di dalam makanan dan minuman tersebut mengandung asam juga. Namun faktanya makanan dan minuman kekinian yang banyak dijual di mall dan pinggir jalan justru malah menjadi favorit.

Belum lagi kalau Sobat We+ termasuk orang yang malas membersihkan rongga mulut pastinya gigi akan lebih cepat berlubang. Timbunan gula menyebabkan pH mulut turun sehingga menjadi lebih asam. Akibatnya lapisan enamel gigi rusak dan muncul lubang.

3. Kurang Fluoride

Fluoride merupakan mineral yang biasanya terdapat di dalam pasta gigi. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan karena memang fluoride sangat penting untuk kesehatan gigi. Fluoride berfungsi untuk mencegah terjadinya lubang pada gigi sehingga asupannya harus dipenuhi.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Beberapa makanan seafood mengandung fluoride cukup tinggi seperti udang, tiram dan kepiting. Untuk memenuhi kebutuhan fluoride bisa juga dilakukan dengan rajin gosok gigi dengan odol dan berkumur menggunakan mouthwash

4. Mulut yang Kering

Kondisi mulut yang kering dan kekurangan produksi air liur juga bisa menjadi penyebab munculnya lubang pada gigi. Perlu diketahui bahwa air liur dalam rongga mulut berfungsi sebagai pencuci yang akan membersihkan dari sisa makanan.

Jika produksi air liur kurang dan mulut menjadi kering maka kuman dan bakteri akan lebih mudah hidup di dalamnya. Akibatnya gigi lebih mudah rusak. Air liur juga bertugas untuk melawan asam pada rongga mulut yang akan menyebabkan tumbuhnya kuman dan bakteri.

5. Bertambahnya Usia

Faktor lainnya yang menyebabkan gigi berlubang yaitu bertambahnya usia. Sehingga tidak heran kalau orang yang sudah tua giginya jadi ompong. Ketika usia seseorang semakin bertambah tua maka dia akan mengalami apa yang disebut sebagai resesi gusi atau penurunan pada gusi. Kondisi seperti itu membuat kuman dan bakteri lebih mudah masuk hingga ke akar gigi. Akibatnya sisa makanan menjadi lebih sulit dibersihkan dan merusak gigi. 

6. Riwayat Penyakit Tertentu

Orang dengan riwayat penyakit tertentu lebih mudah mengalami masalah gigi berlubang. Misalnya mereka yang menderita gangguan asam lambung atau GERD. Ketika asam lambung yang berlebihan naik ke atas kerongkongan maka hal tersebut bisa menjadi pemicu terjadinya lubang di gigi. 

Asam lambung yang masuk hingga ke rongga mulut akan membuat kondisi kuman dan bakteri semakin subur. Inilah yang kemudian membuat gigi menjadi lebih mudah berlubang dan rusak.

Dengan mengetahui apa saja faktor yang menjadi penyebab gigi berlubang setidaknya Sobat We+ bisa lebih peduli pada kesehatan mulut. Gigi yang sudah terlanjur berlubang seringkali membuat kamu menjadi tersiksa dan juga tidak percaya diri. Jadi, selalu jaga kesehatan gigi kamu ya Sobat WE+!

Penulis: Raka 08 Jan 2021 23