Selain Mencegah Virus Corona, Ini 7 Manfaat Hand Sanitizer

Selain Mencegah Virus Corona, Ini 7 Manfaat Hand Sanitizer

Halo Sobat WE+, tahukah kamu bahwa hand sanitizer juga memiliki beberapa manfaat yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang? Selain digunakan sebagai alternatif yang ampuh untuk membunuh virus dan bakteri pada tangan ketika tidak tersedia sabun antiseptik dan air, hand sanitizer juga dapat memiliki kegunaan dalam kegiatan sehari-hari. 

Saat ini harga hand sanitizer relatif terjangkau dibandingkan awal-awal munculnya pandemi virus Corona pada waktu yang lalu. Jadi tidak akan menguras kantong kamu jika menggunakan produk hand sanitizer lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Supaya kamu mengetahui manfaat hand sanitizer untuk aktivitas sehari-hari, simak pembahasan berikut seputar manfaat hand sanitizer yang belum banyak diketahui.

7 Manfaat Hand Sanitizer untuk Kebutuhan Sehari-hari

1. Bisa Digunakan untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan permasalahan kulit wajah yang sangat mengganggu penampilan. Terutama untuk kalangan perempuan, meskipun tidak dapat dipungkiri laki-laki juga merasa terganggu akan kehadiran jerawat di wajah mereka. Perlu kamu ketahui bahwa cairan alkohol dapat mengurangi inflamasi pada jerawat yang disebabkan oleh bakteri yang ada di pori-pori kulit wajah. Ketika bakteri yang ada di pori-pori kulit mati, maka jerawat akan lekas sembuh dan mengering.

2. Mengurangi Rasa Gatal akibat Gigitan Serangga

Ketika kamu digigit nyamuk atau serangga lainnya yang menimbulkan rasa gatal cukup semprot hand sanitizer ke bagian kulit yang gatal dengan begitu rasa gatal yang kamu rasakan akan berkurang. Kondisi tersebut dapat terjadi karena kandungan yang ada di dalam alkohol terdapat antiseptik yang bisa mencegah infeksi dan mengurangi inflamasi pada kulit.

3. Dapat Digunakan untuk Membersihkan Hp, Kacamata, dan Jam Tangan

Tahukah kamu jika smartphone yang kamu gunakan bisa jadi merupakan sarang bakteri dan kuman. Benda-benda yang biasanya kamu ajak bepergian dan memiliki risiko besar terpapar bakteri dan virus di luar rumah yaitu seperti smartphone, jam tangan, dan kacamata bisa jadi menjadi tempat bersarang bakteri dan virus. Untuk itu sebaiknya kamu rajin membersihkan benda-benda tersebut dengan cara disemprot cairan hand sanitizer di permukaannya lalu ratakan dengan tisu. Dengan begitu benda-benda kesayangan kamu terhindar dari bakteri dan virus.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

4. Bisa Digunakan untuk Menghapus Cat Kuku

Salah satu manfaat hand sanitizer yang jarang diketahui kebanyakan orang adalah sebagai penghapus cat kuku. Membersihkan cat kuku memang biasanya diperlukan nail polish, namun terkadang stok nail polish di rumah sedang habis. Jangan khawatir kamu bisa menggunakan hand sanitizer sebagai penghapus cat kuku sebagai pengganti, jika tidak memiliki nail polish. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan cairan hand sanitizer ke atas cat kuku  dan diamkan beberapa menit, kemudian gosok dengan tisu sampai cat kuku hilang.

5. Bisa Digunakan Sebagai Pengganti Deodoran

Memiliki bau badan memang cukup mengganggu karena bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Biasanya untuk mengatasi masalah tersebut kebanyakan orang menggunakan deodoran untuk mencegah bau badan. Namun, tahukah kamu jika hand sanitizer juga dapat menggantikan deodorant untuk mencegah bau badan? 

Menggunakan hand sanitizer sebagai deodoran dapat kamu lakukan ketika dalam keadaan darurat ketika deodoran yang kamu gunakan telah habis. Jika setiap hari kamu gunakan sebagai deodoran bisa jadi membuat kulit ketiak kamu menjadi lebih kering karena kandungan alkohol di dalamnya. Namun, alkohol tersebutlah yang dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab bau badan.

6. Dapat Digunakan Sebagai Dry Shampoo

Selain dapat digunakan sebagai deodoran darurat, manfaat hand sanitizer yang lain juga dapat digunakan sebagai dry shampoo ketika dalam keadaan darurat juga. Dry shampoo atau sampo kering bisa kamu gunakan untuk membersihkan rambut dari bakteri dan kuman. Caranya dengan menyemprotkan hand sanitizer ke rambut secara rata dengan bantuan sisir rambut. Dengan begitu rambut kamu akan lebih bersih dan bebas kuman dan bakteri yang bersarang.

7. Dapat Digunakan untuk Membersihkan Alat Make-up

Alat make-up yang kotor bisa jadi membuat kulit kamu mudah berjerawat karena alat make-up yang kotor dapat menjadi sarang bakteri. Untuk itu sebaiknya dibersihkan secara rutin menggunakan cairan hand sanitizer agar kuman dan bakteri yang bersarang mati. 

Itulah beberapa manfaat hand sanitizer yang telah kamu ketahui. Dengan begitu kamu bisa menggunakan hand sanitizer untuk kegunaan yang lain ya Sobat WE+. Selamat Mencoba ya!

Penulis: Raka 20 Jan 2021 3085