Nasihat Kurang Tepat yang Sering Kamu Dengar Tentang Keuangan

Nasihat Kurang Tepat yang Sering Kamu Dengar Tentang Keuangan

Sobat WE+ pasti sering banget denger nasihat-nasihat tentang keuangan seperti “rajin menabung pangkal kaya”, kan? Tapi tahu gak sih kalo nasihat itu ternyata kurang tepat? Berikut adalah beberapa nasihat keuangan yang kurang tepat yang mungkin sering sobat WE+ dengar. 

 

  • Modal usaha jtangan pakai uang pinjaman

 

Padahal uang pinjaman itu bisa buat ngembangin usaha sobat WE+, kan? Kalo tidak ada tambahan modal, kapan berkembangnya? Lagi pula pinjaman itu bisa terbayar dengan pertambahan omset dari usaha sobat WE+

 

  • Jangan pakai kartu kredit!

 

Mungkin itu berlaku untuk orang-orang yang tidak disiplin bayar cicilan kartu kredit. Kalo sobat WE+ disiplin bayar cicilannya, kartu kredit sangat berguna. Apalagi ketika kamu ada kebutuhan mendadak dan kalian tidak pegang uang.

 

  • Nabung pangkal kaya

 

Nah, sobat WE+ pasti sering banget denger nasihat ini, kan? Sebenernya nasihat ini kurang tepat karena nilai uang akan tergerus inflasi tiap tahunnya. Cara yang paling tepat adalah investasi yang nilainya naik terus tiap tahun seperti emas atau properti.

 

  • Asuransi hanya buang-buang uang

 

Ada orang yang bilang beli asuransi itu rugi dan lebih memilih untuk menabung. Padahal dengan bayar premi yang cukup terjangkau kalian bisa mendapatkan manfaat yang besar untuk mengalihkan risiko finansial jika terjadi kecelakaan atau sakit. Bayangin kalo sobat WE+ gak punya asuransi, tabungan kalian bisa jebol buat biaya berobat yang sangat mahal.

 

Nah, kira-kira itu nasihat-nasihat yang kurang tepat yang biasa kita sering dengar. Kira-kira yang sering sobat WE+ dengar nasihat yang mana ya?

Penulis: Raka 17 Sep 2020 99