Setelah Menikah Beli Rumah atau Beli Mobil Dulu?

Setelah Menikah Beli Rumah atau Beli Mobil Dulu?

Buat kamu, pasangan muda yang sudah menikah pasti sudah memiliki rencana baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Tidak sedikit juga, orang yang sudah memiliki rencana untuk membeli rumah begitu menikah. Namun, ada juga yang ingin membeli mobil untuk kebutuhan kerja dan mobilitas. Lalu, mana yang harus didahulukan Setelah Menikah antara beli rumah atau mobil?

  • Periksa Budget Tabungan

Salah satu hal mendasar yang paling penting sebelum memikirkan antara membeli rumah atau mobil adalah mengenai budget yang kamu miliki. Kamu harus benar-benar matang dan memikirkan mana yang harus kamu dahulukan. Misalnya saja gajian kamu per bulannya adalah 10 juta, pastikan 30% dari gaji adalah jumlah kredit  yang kamu keluarkan. Antara cicilan rumah atau mobil, kamu harus pintar-pintarnya memilih. Jangan sampai, gajian kamu ludes dan tidak tersisa karena besarnya uang kredit bulanan yang harus kamu bayar.

  • Prioritas Kebutuhan Saat Ini

Salah satu pertimbangan selanjutnya yang harus kamu pikirkan matang-matang adalah mengenai kebutuhan saat ini. manakah yang lebih penting antara rumah dengan mobil. Jika kamu memilih rumah, berarti kamu harus siap menerima konsekuensi untuk menggunakan motor atau memakai jasa ojek online ketika bepergian.

Begitu juga sebaliknya, jika kamu memilih membeli mobil terlebih dahulu, berarti kamu harus menerima konsekuensi untuk tinggal di rumah kontrakan atau rumah mertua yang mungkin ditinggali oleh banyak jumlah keluarga besar. Untuk itu, jangan sampai gegabah dan persiapkan matang-matang sebelum mengambil keputusan.

  • Ketahui Kebutuhan Primer

Jika kamu masih bingung untuk memilih rumah atau mobil terlebih dahulu, cobalah untuk mengklasifikasikan macam-macam kebutuhan terlebih dahulu. Dimana ada kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Dari klasifikasi ini, tentunya kamu bisa memilih mana yang harus didahulukan.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang sebisa mungkin harus dipenuhi. Oleh karena itu, jangan bimbang dan ragu lagi untuk membeli rumah ketika tabungan kamu dan pasangan sudah mencukupi. Kamu juga bisa mendaftarkan diri untuk berinvestasi agar hasilnya bisa digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan primer.

  • Grafik Harga yang Mengalami Perubahan

Antara rumah dan mobil, mempunyai grafik harga yang berbeda dan berubah setiap tahunnya. Misalnya saja tanah dan rumah, yang selalu naik setiap tahunnya. Hal ini karena banyaknya orang sehingga lahan semakin sempit. Sehingga tidak heran lagi jika harga rumah tiap tahunnya akan mengalami grafik perubahan yang tinggi.

Hal ini tentunya akan berbanding terbalik dengan harga mobil yang justru akan mengalami penurunan setiap tahunnya. Untuk itu, tidak usah pusing dan bingung lagi mana yang harus kamu pilih antara rumah atau mobil. Kamu tentu sudah punya jawabannya, bukan?

  • Pikirkan Jangka Panjang

Pertimbangan terakhir yang bisa kamu cermati untuk memilih antara membeli rumah terlebih dahulu atau mobil lebih dahulu adalah dalam sesi jangka panjangnya. Membeli rumah memang menguras budget yang banyak, bahkan jika dibandingkan dengan membeli mobil. 

Namun, saat kamu membeli rumah di tahun ini, besar kemungkinan harganya akan naik 2 kali lipat di tahun depan. Selain itu, membeli rumah juga bisa digunakan sebagai tempat tinggal dan perlindungan dari panas maupun hujan. Hal ini tentunya berbeda jika kamu membandingkan dengan mobil. Jika kamu pekerja luar kota yang selalu membutuhkan mobil, mungkin membeli mobil tidak ada salahnya. Intinya, pikirkan terlebih dahulu efek jangka panjangnya bagi kebutuhan, dan keuangan.

Nah, Sobat WE+, apabila kita melihat secara jangka panjang, membeli rumah memang dirasa akan jauh lebih penting untuk didahulukan, terutama untuk pasangan muda. Namun, hal ini tentu bisa saja berbeda mengingat kebutuhan dan kondisi setiap orang pun berbeda. Jadi, sebaiknya para pasangan muda mempertimbangkan beli rumah atau mobil dengan matang terlebih dahulu ya!

Penulis: Raka 25 Sep 2020 114

Penulis: Raka
21 Jul 2020
139
Penulis: Raka
06 Sep 2020
128