Cara Mengatur Finansial Keluarga Selama Pandemi

Cara Mengatur Finansial Keluarga Selama Pandemi

Tidak bisa dipungkiri pandemi ini membuat kita harus pintar memutar otak agar finansial keluarga bisa tetap stabil meskipun pemasukan pasti sedikit tersendat. Berikut beberapa trik gimana caranya atur finansial keluarga selama pandemi ini. 

1. Atur Skala Prioritas

Pengeluaran keuangan keluarga sebaiknya harus memiliki skala prioritas. Pilih barang yang dibutuhkan dan bukan yang diinginkan. Sebaiknya tidak membeli dulu barang-barang yang bersifat konsumtif agar pengeluaran bisa lebih terkontrol.

2. Cari Tambahan Pemasukan

Kita bisa mencari tambahan pemasukan seperti berjualan makanan atau minuman secara online. Meskipun tidak sebanyak pemasukan utama, tapi lumayan untuk menambah arus pemasukan uang.

3. Hindari Pembelian Barang dengan Sistem Cicilan

Ketika pandemi ini, usahakan untuk mengurangi pembelian barang-barang dengan sistem cicilan seperti gadget baru atau barang elektronik lainnya. Lebih baik simpan kartu kredit kalian sebagai antisipasi untuk keadaan darurat.

4. Tetap Sisihkan Pemasukan untuk Dana Darurat

Berapapun pemasukan yang didapat, usahakan selalu sisihkan untuk dana darurat karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di depan selama pandemi ini masih terjadi.

Nah, kira-kira kalian udah melakukan step berapa aja nih? 

 

Penulis: Raka 06 Sep 2020 144

Penulis: Raka
06 Jul 2020
145