Memulai Bisnis Online Itu Gampang, Yang Sulit Mengembangkannya

Memulai Bisnis Online Itu Gampang, Yang Sulit Mengembangkannya

Bisnis termudah saat ini adalah bisnis online. Terbukti dengan hanya modal ponsel dan kuota internet kamu sudah bisa memulainya. Namun, tidak jarang seseorang berhenti di tengah-tengah bisnis. Salah satu penyebab dari hal itu adalah bisnis tidak berkembang. Lantas, apa sih yang membuat bisnis tidak berkembang? Yuk sobat WE+ kita bedah sama-sama di bawah ini.

Apa Penyebab Bisnis Online Sulit Berkembang?

Inilah beberapa hal yang bisa menyebabkan bisnis online menjadi sulit untuk berkembang: 

  1. Konsistensi

Setiap memulai usaha, kamu pasti sudah berniat untuk berbisnis. Nah, niat dan tekad yang kuat saja tidak cukup. hal yang sangat mempengaruhi keberlanjutan bisnismu adalah konsistensi. Jika kamu tidak konsisten, maka bisnismu akan jalan di tempat tanpa ada pertumbuhan sama sekali. Tidak jarang seseorang datang, pergi, kemudian datang lagi dalam bisnis onlinenya. Dari hal tersebut pelanggan akan menganggap bahwa kamu jarang ada ketika mereka membutuhkanmu.

Catatan penting untuk kamu yang baru memulai bisnis online bahwa sebuah bisnis yang dimulai dari nol tidak akan langsung besar. Semua bidang tentu ada kompetitor. Jangan khawatir dan teruslah berinovasi untuk mengembangkannya.

  1. Tidak ada Needsdan Demands

Faktor selanjutnya yang dinilai menghambat perkembangan bisnis online kamu adalah tidak ada needs dan demands. Tidak bisa dipungkiri bahwa pembeli hanya membeli sesuatu yang menjadi kebutuhan dan keinginannya. Jika bisnis online yang kamu tawarkan tidak memiliki dua hal tersebut, maka tantangan untuk mengembangkannya lebih sulit.

Jika memang kamu tetap ingin menjual barang atau jasa yang unik tidak sesuai dengan kebutuhan dan minat pasar, maka solusinya adalah kamu harus berinovasi untuk mengunggulkan produk atau jasamu sehingga calon pembeli merasa butuh terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Tampilan Toko Online Tidak Menarik

Sebagai pebisnis online, kamu harus memperhatikan tampilan tokomu. Baik toko yang kamu buat di media sosial maupun website. Sebagian orang meyakini bahwa sebuah toko terpercaya hanya dari tampilannya yang terlihat profesional. Hal ini sering disepelekan, namun sangat krusial di era digital saat ini untuk menarik pelanggan.

Solusi dari hal ini adalah mengevaluasi dan memperbaiki tampilan toko online yang dirasa kurang menarik. Kamu juga bisa menggunakan jasa kelola tampilan media sosial atau website jika kamu mau membayar biaya lebih untuk hal ini.

  1. Strategi Marketing Online yang Lemah

Hal penting dalam bisnis online tentu adalah marketing online. Jika kamu tidak menggunakan strategi yang baik, siap-siap saja akan kalah dengan kompetitor yang menjual barang atau jasa yang sama namun strategi marketingnya sangat kuat.

Setelah kamu mempercantik tampilan toko online kamu, tidak lantas kamu bersantai ria menunggu pelanggan. Hal selanjutnya adalah mengatur strategi marketing yang pas untuk mengembangkan bisnis.

Beberapa pilihan yang dapat kamu manfaatkan untuk marketing online adalah membuat konten di aplikasi yang sedang viral seperti TikTok dan pelengkap di IG, FB, maupun website yang kamu miliki. Tidak harus memiliki website untuk memulai ya. Dalam hal ini, jangan lupakan penggunaan hastag. Ia juga berpengaruh terhadap konten yang kamu buat untuk menangkap peluang keluar di FYP agar viral.

  1. Kurang Memiliki Jaringan Atau Networking

Faktor ini juga berperan penting dalam  pengembangan bisnis kamu. Pasalnya, seseorang yang memiliki banyak jaringan akan mempermudah pebisnis online dalam mengenalkan produk atau jasanya kepada masyarakat umum. Kamu juga bisa memberi peluang kepada jaringan kamu untuk menjadi reseller atau dropship di toko online milik kamu. Dengan begitu, bisnis online kamu akan berkembang berkat mereka juga.

Nah, itulah dia beberapa alasan mengapa kamu sulit mengembangkan bisnis online kamu. Jadi, terus evaluasi dan jangan menyerah apalagi baru memulai. Selalu belajar dan keperluan networking supaya bisnis yang sobat WE+ miliki bisa berkembang dengan pesat ya! 

Penulis: Raka 11 Oct 2021 21

Penulis: Raka
24 May 2021
1422
Penulis: Raka
07 Sep 2021
56
Penulis: Raka
16 Sep 2021
49