Jenis-jenis Produk Bank di Indonesia, Apa saja?

Jenis-jenis Produk Bank di Indonesia, Apa saja?

Halo Sobat WE+, kamu pasti sudah tidak asing dengan layanan simpan pinjam yang diberikan bank-bank di Indonesia. Selain memberikan layanan tabungan dan pinjaman uang, bank juga memiliki beragam produk menarik yang bisa membantu dan mempermudah segala urusan finansial. Dari semua produk bank yang ditawarkan tentunya memiliki kegunaan dan keunggulannya sendiri. 

Meski produk yang ditawarkan bank memang bertujuan untuk mempermudah urusan finansial para nasabahnya, namun dibalik itu semua terdapat risiko yang bisa saja ditimbulkan. Oleh karena itu, Sobat WE+ perlu mengenali jenis produk yang ditawarkan bank sebelum kamu memutuskan untuk menggunakannya. Untuk mengenal lebih jauh tentang produk-produk yang sering digunakan masyarakat, simak pembahasan berikut!

Jenis-jenis Produk Bank yang Perlu Diketahui

Seiring berkembangnya waktu bank terus berbenah memberikan layanan terbaik untuk nasabahnya ditambah lagi dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat bank-bank di Indonesia berlomba-lomba menghadirkan layanan yang serba cepat dan akurat. Berikut ini beberapa jenis produk perbankan yang ada di Indonesia.

  1. Deposito

Deposito berbeda dengan tabungan biasa dan biasa disebut juga dengan tabungan berjangka karena memiliki jangka waktu tertentu yang telah disepakati sebelumnya. Jika menabung seperti biasa kamu bisa menyetor dan mengambilnya kapan saja, tapi saat menyimpan uang sebagai deposito maka kamu tidak bisa mengambilnya atau menambah setoran sebelum jangka waktu yang telah ditentukan berakhir. Namun kamu masih bisa mengambilnya sebelum tanggal jatuh tempo dengan syarat membayar denda penalti seperti yang telah disepakati di awal.

  1. Tabungan Impian

Biasanya setiap bank baik bank konvensional maupun bank syariah memiliki produk tabungan impian dengan nama yang berbeda-beda yang mana pembukaan tabungan memiliki tujuan khusus. Seperti tabungan pendidikan, tabungan haji, dan lainnya sebenarnya produk tabungan ini mirip dengan deposito karena memiliki jangka waktu tertentu untuk mengambil uang tabungan sesuai dengan kesepakatan yang dipilih oleh nasabah. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Jadi nasabah tidak bisa mengambil uang tabungannya sewaktu-waktu seperti pada produk tabungan biasa. Namun, yang membedakannya terletak pada sistem setoran, kamu bisa melakukan setoran setiap bulannya. Berbeda dengan deposito yang melakukan setoran hanya di awal pembukaan saja.

  1. Tabungan Giro

Produk bank satu ini menjadi salah satu produk tabungan yang fleksibel dalam melakukan pengambilan uang tabungan. Ketika menggunakan tabungan giro, kamu bisa mengambil uang atau melakukan penarikan menggunakan bilyet giro atau yang biasa dikenal dengan sebutan cek. 

Keunggulan tabungan giro tersebut memungkinkan kamu melakukan penarikan dimana saja dan kapan saja dengan lebih mudah. Namun untuk melakukan itu semua kamu perlu membawa kertas cek kemana-mana, meskipun terbilang sangat fleksibel dalam hal penarikan uang tapi tabungan giro memiliki bunga yang rendah jika dibandingkan dengan jenis produk tabungan lainnya.

  1. Kredit 

Kredit atau produk pembiayaan merupakan jenis produk yang ditawarkan bank untuk membantu nasabahnya memberikan modal usaha atau untuk kebutuhan penting lainnya. Selain sebagai wadah membantu nasabah yang mengalami masalah finansial, bank menjadikan produk pembiayaan untuk menyalurkan uang nasabah ke masyarakat untuk mendapatkan keuntungan. Terdapat beberapa macam kredit atau produk pembiayaan, di antaranya adalah:

  • Kredit Investasi
  • Kredit Konsumtif
  • Kredit produktif
  • Kredit profesi
  • Kredit modal kerja
  • Kredit perdagangan
  1. Layanan Jasa

Produk layanan jasa yang ditawarkan oleh bank bertujuan untuk memudahkan urusan nasabahnya dalam kegiatan finansial. Produk layanan jasa tersebut meliputi pembayaran, pembelian, penagihan, dan pengiriman uang atau transfer yang dapat dilakukan dengan mudah dan praktis oleh nasabah melalui ATM, SMS banking, internet banking, dan mobile banking.

Sobat WE+ lima produk bank di atas memang dibuat untuk mempermudah segala urusan finansial kamu. Namun, alangkah lebih baik sebelum menggunakannya pahami betul-betul apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menghindari kesalahan dan risiko yang terjadi ya! 

Penulis: Raka 01 Oct 2021 29