Apa Itu Investasi Ori019? Ini Penjelasan dan Cara Membelinya

Apa Itu Investasi Ori019? Ini Penjelasan dan Cara Membelinya

Apa Itu Investasi Ori019? Ini Penjelasan dan Cara Membelinya

Efek pandemi Covid-19 memang sangat terasa sekali terutama pada sektor ekonomi yang dibuat babak belur. Efek tersebut mau tidak mau juga ikut memukul pasar modal yang selama ini menjadi idaman banyak orang untuk menanamkan investasi. Namun secercah harapan mulai muncul bersamaan dengan adanya investasi ORI019. 

ORI019 adalah Investasi Obligasi Negara Ritel (ORI) dan angka 19 merujuk pada Covid-19. Memang hasil penjualan saham berupa obligasi tersebut digunakan pemerintah sebagai biaya vaksinasi Covid bagi masyarakat Indonesia. Investasi melalui ORI019 merupakan cara mudah dan aman bagi kamu yang tetap ingin menanamkan modal di masa pandemi saat ini.

Keuntungan Berinvestasi dengan ORI019

ORI019 merupakan Surat Berharga Negara atau SBN ritel yang di tahun 2021 yang muncul paling awal. Produk investasi tersebut dijual melalui Kementerian Keuangan tepatnya Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR). 

Sebelum melakukan investasi ORI019 sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja keuntungan dan keunggulannya seperti yang disebutkan berikut ini.

  1. Modal Hanya 1 Juta

Kamu tidak butuh modal yang besar untuk investasi melalui produk ORI019 karena hanya dibutuhkan dana satu juta saja sudah bisa memulainya. Kalau dana kamu berlebih bisa membeli dalam jumlah kelipatannya. Jadi produk investasi ORI019 ini memang dijual dengan harga Rp. 1 juta per unitnya. 

Kamu bisa membeli dalam jumlah kelipatannya. Tanpa berhutang kamu bisa menabung dari gaji bulanan kemudian digunakan untuk membeli saham ORI019. Maksimal nilai investasi ORI019 mencapai Rp. 3 miliar per orang. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Keuntungan 5,57%

Meskipun ekonomi sedang lesu dan pasar modal anjlok tapi kamu tetap mendapatkan keuntungan tinggi dari ORI019. Bahkan nilai keuntungan yang ditawarkan mencapai angka 5,57% dari besarnya investasi yang kamu tanamkan. Sedangkan kalau kamu menyimpan uang dalam bentuk deposito nilai bunganya hanya sekitar 3% saja per tahunnya.

Keuntungan investasi ORI019 yang kamu dapatkan setiap tahunnya mencapai 5,57% tentu saja adalah angka yang tidak kecil. Apalagi di tengah lesunya pasar modal dan perekonomian global saat ini. Kamu akan mendapatkan keuntungan investasi dalam bentuk kupon dengan aturan sebagai berikut :

  1. Dibayarkan setiap tanggal 15 per bulannya
  2. Tingkat kupon nilainya tetap hingga jatuh tempo yaitu 3 tahun
  3. Jaminan negara atas kupon dan investasi tetap sehingga tidak mengenal istilah gagal bayar.
  1. Mudah Dijual Lagi

Keuntungan selanjutnya kalau kamu membeli saham ORI019 adalah mudah untuk dijual kembali dan kamu bisa dapat lagi uangnya. Jadi kalau kamu butuh uang mendadak dan memerlukan uang tunai tinggal jual saja ORI019 tersebut. Dimana kamu bisa menjualnya? 

Kamu bisa menjualnya dengan mudah karena ORI ini diperdagangkan juga pada pasar sekunder namun hanya untuk investor lokal saja tidak berlaku untuk orang asing. Jadi kamu tidak harus menunggu 3 tahun untuk mendapatkan uang tunai karena tiap tanggal 15 kamu bisa melakukan pengalihan nama kepemilikan dan mendapatkan dana segar. 

Cara Membeli ORI019

Invetasi ORI019 bisa kamu lakukan dengan mudah secara online melalui 26 agen penjualnya yang terdiri dari 16 bank umum, 3 fintech lending, 3 perusahaan efek dan 3 perusahaan efek khusus. Beberapa agen penjualan ORI019 tersebut antara lain adalah :

  • Bank DBS Indonesia
  • Bank BNI
  • Bank CIMB Niaga
  • Bank BTN
  • Maybank Indonesia
  • UOB Indonesia
  • Bank Mandiri
  • Bank Danamon
  • Mandiri Sekuritas
  • Trimegah Sekuritas
  • BRI Sekuritas
  • Dan lain-lainnya

Bagaimana? Apakah Sobat we+ tertarik dengan investasi ORI019 yang aman dan relatif besar nilai keuntungannya tersebut? Kamu bisa menyisihkan pendapatan mulai sekarang untuk membeli investasi ORI019 tersebut. 

 

Penulis: Raka 20 Jun 2021 179