Bau Mulut Mengganggu Banget? Atasi dengan 5 Cara Mudah Ini

Bau Mulut Mengganggu Banget? Atasi dengan 5 Cara Mudah Ini

Salah satu hal yang bisa sangat mengganggu rasa percaya diri dan kenyamanan saat berbicara dengan orang lain adalah bau mulut. Pastinya, sobat WE+ akan merasa sangat risih dan malu kan kalau mulutnya bau? Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa cara mudah yang bisa sobat WE+ lakukan untuk mengatasi bau mulut ini. 

Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut menjadi salah satu hal yang tidak bisa dianggap remeh. Hal ini disebabkan karena manusia kurang dalam melakukan perawatan dan membersihkan mulut mereka. Bisa juga dari bakteri yang ada di dalam rongga mulut dan menyebabkan bau. Inilah beberapa cara untuk mengatasi bau mulut:

1. Banyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab yang menjadikan mulut sobat WE+ berbau tidak sedap adalah karena kondisi mulut sedang dalam keadaan kering. Mulut yang kering membuat bakteri lebih cepat berkembang dan jika digunakan berbicara, nafas pun akan terasa tidak sedang.

Untuk mengatasi kekeringan yang terjadi pada mulut itu, sebaiknya minumlah air putih yang cukup yakni sebanyak 8 gelas dalam satu hari semalam. Kamu harus melakukannya secara rutin. Selain bau mulut hilang, air putih juga bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

2. Mengurangi Konsumsi Gula

Usut punya usut, ternyata gula juga menjadi sebab utama timbulnya bau pada mulut sobat WE+. Sebab, makanan dan minuman manis yang tertinggal di dalam mulut menjadi kegemaran bakteri-bakteri untuk bersarang di sana sehingga lama-kelamaan akan menjadikan nafas di dalam mulut menjadi tidak sedap.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Untuk itu, sebisa mungkin minimalkan asupan makanan dan minuman manis. Konsumsi gula sewajarnya saja dan selalu imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup agar sisa makanan bisa cepat ternetralisir.

3. Gosok Gigi Secara Rutin

Menggosok gigi merupakan kegiatan wajib yang harus sobat WE+ lakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Di samping itu, sensasi yang ditimbulkan dari pasta gigi juga akan membuat nafas lebih segar sehingga bau mulut pun ternetralisir. Secara rutin, gosoklah gigi Kamu sebanyak 2 kali dalam satu hari yakni pada waktu pagi dan juga saat sebelum tidur malam.

4. Banyak Mengonsumsi Buah dan Sayur

Jika sobat WE+ suka mengonsumsi buah dan sayuran segar, bisa dipastikan bahwa bau mulut juga segar. Sayuran dan buah-buahan tidak akan mengundang bakteri penyebab bau mulut datang. Malahan, hal ini juga bisa membuat pertahanan gigi semakin menguat. Dalam satu minggu usahakan, untuk makan buah dan sayur sebanyak 3 kali. Jika hal ini bisa diterapkan dengan rutin, bau mulut pun dijamin tidak akan mampir kembali.

5. Rutin Membersihkan Karang Gigi

Bisa jadi mulut yang bau juga disebabkan oleh banyaknya karang gigi yang menempel. Selain menyebabkan bau, karang gigi tersebut memberikan warna kuning pada gigi yang tentunya akan mengganggu penampilan kamu. Jika sudah begini, satu-satunya solusi yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat adalah datang ke dokter gigi. Di sana, karang gigi kamu akan dibersihkan menggunakan alat khusus agar tidak menimbulkan bau mulut kembali.

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara yang sangat simpel dalam mengatasi bau mulut yang membandel? Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi siapa saja yang membacanya. Selalu rawat mulut secara rutin agar tidak ada bakteri sisa-sisa makanan yang tertinggal sehingga menimbulkan bau ketika berbicara ya sobat WE+!

Penulis: Raka 24 Jan 2021 226