Manfaat Kunyit untuk Kesehatan. Bisa Untuk Mencegah Kanker, lho!

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan. Bisa Untuk Mencegah Kanker, lho!

Kunyit termasuk rempah-rempah yang sangat popular dan biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk melezatkan makanan. Namun, manfaat kunyit juga telah banyak dibuktikan melalui aktivitas farmakologinya dalam penggunaan tradisional oleh masyarakat. Aktivitas farmakologis tersebut dihasilkan dari kandungan kurkumin yang ada pada rimpang kunyit. 

Kurkumin tidak hanya memberikan warna yang menarik pada kunyit, namun juga sangat berpotensi untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit yang ada di tubuh kamu. Kunyit tersebut dapat kamu sajikan dalam bentuk teh. Salah satu cara agar khasiat yang didapatkan lebih optimal adalah dengan meminum rebusan kunyit. kamu bisa konsumsi 400 hingga 600 mg bubuk kunyit murni sebanyak tiga kali sehari.

Kandungan Nutrisi dalam Kunyit

Nutrisi yang terkandung dalam 100 g kunyit antara lain:

  • 10 g protein
  • 2 g kalium
  • 299 mg fosfor
  • 208 mg magnesium
  • 168 mg kalsium
  • 55 mg zat besi
  • 1 mg vitamin C

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan 

Lalu, apa saja manfaat yang akan didapatkan setelah meminum rebusan kunyit?

  1. Mencegah Penyakit Jantung 

Hingga kini penyakit jantung masih menempati peringkat pertama penyebab kematian terbanyak di dunia. Kandungan kurkumin pada kunyit diketahui bisa mencegah penyakit jangan melalui peningkatan fungsi endotelium (lapisan pembuluh darah).

  1. Meringankan Gangguan Menstruasi 

Suplemen yang mengandung kurkumin bisa meringankan gejala yang muncul saat menstruasi. Kunyit juga bisa meredakan kram yang biasa dialami saat menstruasi berlangsung. Namun hingga saat ini, pembuktian terhadap efektivitasnya masih perlu dilakukan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Meredakan Nyeri Pada Penderita Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan penyakit yang bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri, kaku, dan hilangnya kelenturan pada bagian sendi. Dari penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak kunyit bisa mengurangi rasa nyeri, bahkan efek yang dimilikinya sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi penyakit osteoarthritis.  Namun, penggunaan ekstrak kunyit untuk penyakit ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter agar bisa didapatkan dosis yang tepat.

  1. Mengatasi Gangguan Saluran Pencernaan

Kandungan kurkumin pada kunyit juga terbukti efektif untuk mengatasi berbagai gangguan saluran pencernaan. Mulai dari tukak lambung, pankreatitis, dyspepsia, hingga irritable bowel syndrome.

  1. Mencegah Kanker

Aktivitas antiinflamasi yang dimiliki oleh kurkumin mampu menghambat pertumbuhan, perkembangan, serta penyebaran sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut terkait efektivitas hal tersebut masih sangat diperlukan.

  1. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Masalah kulit yang bisa diatasi dengan kunyit ini adalah jerawat, eksim , psoriasis, dan penuaan dini. Hal tersebut karena adanya aktivitas antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi yang ada pada kunyit.

  1. Mencegah Diabetes

Kurkumin diketahui efektif dalam mencegah penyakit diabetes. Dari penelitian membuktikan bahwa penggunaan kurkumin bisa menunda seseorang yang sedang mengalami prediabetes.

  1. Meredakan Batuk

Penderita batuk sudah pasti tidak nyaman tidur dengan kondisi batuk. Apalagi batuk bisa menyerang kamu kapanpun bahkan saat istirahat di malam hari. Sebagai solusi, kamu bisa gunakan kunyit untuk meringankan batuk karena di dalamnya terdapat senyawa yang berpotensi sebagai antiradang dan antibakteri.

Demikianlah manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh, jika kamu ingin menggunakan bahan alami untuk mencegah ataupun mengobat penyakit kamu. Maka harus tetap mengikuti anjuran dari dokter terlebih dahulu. Hal ini karena kadar toksik dalam diri seseorang berbeda-beda, sehingga tidak akan terjadi hal yang lebih membahayakan seperti munculnya efek samping. 

Tak hanya itu, konsultasi pada dokter juga bertujuan untuk menghindari adanya interaksi obat yang kamu konsumsi. Dengan memperhatikan hal tersebut, manfaat kunyit pun bisa kamu dapatkan secara maksimal ya sobat WE+. 

Penulis: Raka 16 Dec 2021 309

Penulis: Raka
06 Jul 2020
1025
Penulis: Raka
05 Dec 2021
420