Tidak Susah Kok, Ikuti 7 Cara Mengatur Jam Tidur Berikut Ini

Tidak Susah Kok, Ikuti 7 Cara Mengatur Jam Tidur Berikut Ini

Sobat We+, tahukah kamu bahwa jam tidur yang tidak terpola mempunyai efek negatif pada hormon secara langsung, fungsi otak, serta kinerja olahraga? Baik kekurangan maupun kelebihan jam tidur. Pola tidur yang kurang berkualitas tersebut menyebabkan berat badan bertambah dan risiko penyakit orang dewasa maupun anak-anak meningkat. Lalu, bagaimana agar jam tidur kita bisa teratur? 

Cara Mengatur Jam Tidur 

Yuk, ikuti 7 cara mengatur jam tidur yang mudah berikut ini: 

 

  • Konsisten Pada Jadwal Tidur yang Dibuat

 

Langkah pertama adalah membuat jam tidur. Tentukan jam berapa saja kamu tidur. Usai membuat jadwal, praktikkan jam tersebut secara konsisten tidak hanya pada hari kerja, namun pada hari libur juga. Jika sudah konsisten, kamu akan merasa lebih bersemangat menjalani hari-hari karena lebih segar. Tidak kurang maupun lebih dalam istirahat berupa tidur.

 

  • Memperhatikan Pola Makan

 

Apakah kamu suka makan sebelum tidur biar tidur lebih nyenyak? Setelah membaca artikel ini jangan diulangi lagi ya Sobat We+! Ada dua tiga poin yang tentang pola makan sebelum tidur, yakni terlalu kenyang, lapar, dan biasa saja (tidak kenyang juga tidak lapar). Orang yang sebelum tidur makan terlalu kenyang dapat menyebabkan efek negatif seperti kadar gula naik, obesitas, dan penyakit jantung. 

Sementara jika kelaparan sebelum tidur dapat menyebabkan seseorang dehidrasi dan tidak bisa tidur dengan nyenyak. Poin ketiga adalah yang paling tepat untuk menjaga tidur yang berkualitas. Oleh sebab itu, makanlah setidaknya satu jam sebelum tidur jika kamu termasuk orang yang mudah lapar.

 

  • Mengatur Pencahayaan Kamar Tidur

 

Sobat We+, apakah kamu menyadari bahwa cahaya terang kamar tidur yang terang membuat sulit tidur? Oleh sebab itu, matikanlah lampu agar kamu cepat tidur. Jika kamu termasuk orang yang tidak bisa tidur tanpa cahaya, gunakanlah lampu yang redup untuk menemani tidurmu. 

Selain itu, cahaya gawai dan komputer mengeluarkan cahaya biru yang efeknya seperti cahaya siang hari. Jadi, Sobat We+ sudah siap tidak menggunakan gawai menjelang tidur kan? Karena ini yang kerap terjadi.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

 

  • Melakukan Aktivitas Fisik

 

Cara mengatur jam tidur selanjutnya adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang dianjurkan untuk menjaga kualitas tidur yang baik. Selain itu menjaga badan akan tetap sehat dan bugar. 

 

  • Relaksasi Sebelum Tidur

 

Sebelum relaksasi, yang perlu Sobat We+ lakukan adalah mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu panas atau dingin. Jika suhu ruangan sudah stabil lakukanlah relaksasi ringan. Cukup sederhana dengan mengatur pernafasan dan meregangkan otot dan tulang persendian saja yaaa Sobat We+.

 

  • Tidak Mengonsumsi Kafein dan Alkohol Di Sore atau Malam Hari

 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kafein 6 jam sebelum waktu tidur yang kamu tentukan membuat kualitas tidur menjadi buruk. Jika kamu tidur jam 21.00 WIB, lantas kamu mengonsumsi kafein seperti kopi dan rokok pada sore atau malam hari, maka kandungan kafein yang tinggi masih ada sampai saat waktu tidur kamu tiba. Oleh sebab itu bagi Sobat We+ yang sulit tidur di malam hari coba dicek kebiasaan mengonsumsi kafein kamu pada jam berapa saja ya!

Mengonsumsi alkohol di malam hari dapat mengubah produksi hormon melatonin yang mempunyai peran penting dalam mengatur pola tidur. Tidak heran jika pola tidur terganggu ketika kamu mengonsumsi alkohol pada malam hari.

 

  • Mengkonsumsi Suplemen Melatonin

 

Seperti yang disebutkan di atas bahwa hormon melatonin mempunyai peran penting dalam mengatur pola tidur. Mengonsumsi suplemen melatonin membantu Sobat We+ tertidur lebih cepat. Jika mengonsumsi suplemen 2 mg sebelum tidur maka akan membuat kualitas tidur bagus dan memberikan energi esok harinya.

Itulah 7 cara mengatur jam tidur yang bisa Sobat We+ lakukan. Kualitas tidur yang baik membantu agar tubuhmu tetap bugar dan sehat sehingga aktivitas yang kamu lakukan tidak terhambat dengan kondisi tubuh yang kurang istirahat. Jadi, pastikan kualitas dan kuantitas tidurmu selalu terjaga ya! 

Penulis: Raka 06 Aug 2021 92