Mahalkah Biaya Homeschooling? Apa Saja Kelebihan Kekurangannya?

Mahalkah Biaya Homeschooling? Apa Saja Kelebihan Kekurangannya?

Apakah sobat WE+ salah satu murid homeschooling? Ya, kegiatan belajar mengajar tersebut kini memang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Saat ini, banyak orang tua yang lebih tertarik dengan sistem homeschooling dibanding kegiatan belajar sekolah formal. 

Namun, apakah sistem homeschooling tersebut terbukti efektif untuk anak-anak ketimbang sekolah formal? Apa saja kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan? Berikut informasi lengkap tentang homeschooling termasuk biaya homeschooling yang wajib sobat WE+ tahu. 

Homeschooling, Pendidikan Mandiri Berbasis Keluarga

Homeschooling dengan sekolah formal, jelas berbeda. Keduanya tak bisa dibandingkan baik dari segi kualitas maupun efektivitas. Titik fokus serta kurikulum yang dijadikan acuan oleh homeschooling serta sekolah formal pun sudah berbeda. 

Homeschooling adalah pendidikan mandiri berbasis keluarga. Orang tua menjadi penanggung jawab penuh dari kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan. Mulai dari kurikulum yang harus diajarkan, literatur yang dipakai, hingga waktu belajar yang dihabiskan. 

Guru yang dihadirkan untuk menjalankan proses homeschooling hanya menjalankan kewajiban untuk menyampaikan ilmu sesuai arahan dari orang tua. Berbeda sekali dengan sekolah formal. Kegiatan belajar tersebut mengikuti aturan kurikulum dari pemerintah. Mulai dari literatur, metode belajar mengajar dan aturan lainnya. 

Mahalkah Biaya Homeschooling?

Berbicara tentang biaya, sepertinya masih banyak para orang tua yang salah paham mengenai hal ini. Tidak sedikit yang menganggap, syarat homeschooling harus sedia budget banyak karena biayanya sangat mahal. Padahal, biaya untuk homeschooling yang sebenarnya adalah relatif. 

Sobat bisa menentukan sendiri mahal dan tidaknya biaya pendidikan homeschooling. Kok bisa? Ya, karena biaya yang dikeluarkan untuk homeschooling tergantung pada program, metode, serta literasi yang dipakai. 

Jika cara homeschooling yang diterapkan lebih sering menghabiskan kegiatan diluar/eksplorasi, maka biaya yang dikeluarkan bisa membengkak. Baik dari segi transportasi ataupun dari biaya perlengkapan yang harus disediakan. 

Namun jika metode homeschooling yang diterapkan lebih sederhana, maka sobat bisa lebih menghemat biaya yang dikeluarkan. Jadi, mahal dan tidaknya homeschooling, sangat relatif. Setiap keluarga bisa menetapkan anggaran homeschoolingnya masing-masing. 

Kelebihan Homeschooling 

Sebenarnya, sampai saat ini kegiatan belajar dirumah atau homeschooling masih cukup pro kontra di indonesia. Beberapa pihak sering mempertanyakan apakah homeschooling dapat ijazah atau tidak? Serta beberapa pertanyaan sensitif mengenai masa depan anak jika memakai sistem homeschooling. 

Namun terlepas dari pada itu, homeschooling memiliki sisi positif atau kelebihan yang bisa sobat pertimbangkan jika tertarik:

  1. Solusi bagi anak-anak yang susah beradaptasi dengan metode pembelajaran yang kaku. Dengan homeschooling, mereka tetap bisa mendapatkan pendidikan dengan cara yang lebih santai tanpa aturan-aturan yang mengekang. 
  2. Solusi bagi anak-anak yang memiliki trauma terhadap bullying. Biasanya, rasa trauma tersebut membuat anak sulit konsentrasi terhadap pelajaran. Homeschooling mampu membantu anak menghilangkan rasa trauma tersebut sekaligus menghindari bullying tanpa harus meninggalkan pendidikan. 
  3. Solusi bagi keluarga nomaden. Anak-anak tentunya akan mengalami kesulitan beradaptasi jika terus mengikuti orang tuanya yang berpindah-pindah rumah. Tapi dengan homeschooling gratis, anak-anak bisa tetap bisa mendapat pendidikan full tanpa khawatir statusnya sebagai nomaden. 

Kekurangan Homeschooling 

Selain kelebihan, ada beberapa kelemahan juga jika sobat tertarik untuk menerapkan metode homeschooling untuk keluarga sobat. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Kesempatan untuk bersosialisasi menjadi berkurang. Dengan sistem belajar mengajar yang privat, sang anak mungkin akan merasa kekurangan berinteraksi dengan teman sebayanya. 
  2. Membutuhkan komitmen yang lebih banyak dibanding sekolah formal. Dalam hal ini, lebih tertuju pada orang tua. Mereka harus bisa bertanggung jawab sekaligus, berkomitmen untuk meluangkan waktu, mengatur, memberikan tes setiap saat. 

Dengan informasi mengenai biaya homeschooling serta kelemahan dan kelebihannya, apakah menurut sobat homeschooling lebih baik dibanding sekolah formal? 

 

RELATED ARTICLES:

Penulis: Raka 06 Jul 2020 141