Simak 5 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula, Apa Saja?

Simak 5 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula, Apa Saja?

Halo Sobat We+, seperti yang kita tahu bahwa bahasa asing terutama bahasa Inggris penting sekali untuk dipelajari. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang sering digunakan di jenjang perguruan tinggi hingga dunia kerja. Oleh karena itu kamu perlu belajar bahasa Inggris mulai dari sekarang agar tidak repot di kemudian hari. 

5 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula 

Seringkali sebagai pemula kita tentu akan bingung harus mulai belajar bahasa Inggris dari mana. Selain dari kursus, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak. Nah cara untuk belajar bahasa Inggris untuk pemula yang terbukti berhasil adalah sebagai berikut: 

  1. Melatih Kemampuan Listening 

Mempelajari bahasa baru akan lebih mudah jika sebelumnya kamu sudah terbiasa mendengarkan bahasa tersebut. Semakin sering mendengarkan, maka kamu akan semakin familiar dengan bahasa Inggris. Melatih pendengaran bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Kalau kamu berpikir bahwa listening itu membosankan, sebenarnya listening itu bisa kita bikin enjoy dengan menikmati konten berbahasa Inggris yang kamu suka. Contohnya dengan mendengarkan lagu artis barat favorit kamu, atau dengan mendengarkan audio novel berbahasa Inggris. Akan lebih efektif lagi jika kamu mendengarkan sambil membaca teksnya, semisal dengan menonton video lirik di YouTube.

  1. Memperbanyak Bacaan Berbahasa Inggris

Kalau mau cepat mahir bahasa Inggris, kamu tidak boleh malas membaca. Tidak perlu langsung ke bacaan berat seperti sastra, mulailah dari bacaan ringan seperti artikel-artikel di internet. Mulailah untuk menambahkan membaca sebagai hobi terbaru kamu. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Bacaan yang dipilih pun sebaiknya sesuai dengan minat kamu. Semisal minat kamu adalah memasak, maka kumpulkan semua resep atau tips memasak dalam bahasa Inggris. Atau kamu suka membaca karya fiksi seperti novel, cerpen, atau puisi, tidak ada salahnya kamu membaca fiksi yang berbahasa Inggris.

Dengan banyak membaca, kamu akan dengan sendirinya memahami struktur kalimat dalam bahasa Inggris serta menemukan kata-kata baru yang tidak kamu tahu sebelumnya. Akan lebih baik lagi kalau kamu mencoba menerjemahkan bacaan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

  1. Mencatat Kata Bahasa Inggris yang Tidak Dimengerti

Dari membaca itu, kamu pasti akan menemukan beberapa kata baru. Kata-kata baru itu harus kamu catat dan cari artinya. Jangan melewati kata baru atau kata sulit kalau kamu benar-benar serius ingin belajar bahasa Inggris. 

Catat kata baru atau kata sulit yang kamu temukan dalam bacaan, lalu cari artinya dalam kamus, dan hafalkan. Tidak ada salahnya kamu sering-sering buka kamus untuk mencari arti kata. Justru dengan cara ini kamu akan lebih cepat mengerti dan hafal dengan vocabulary.

  1. Mulai Menulis dalam Bahasa Inggris

Berikutnya untuk mengasah pengetahuanmu berbahasa Inggris, selain dengan membaca, cobalah menulis dalam bahasa Inggris. Tidak perlu langsung menulis essay panjang, menulis satu kalimat atau satu paragraf per hari saja sudah cukup untuk mengasah kemampuan writing kamu. Belajar menulis dalam bahasa Inggris akan melatih kamu untuk terbiasa dengan struktur kalimat bahasa Inggris yang berbeda dengan bahasa Indonesia. 

  1. Belajar Berbicara dalam Bahasa Inggris

Terakhir adalah belajar speaking. Latihan pendengaran yang dilakukan secara rutin akan membuat kamu terdorong untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Dengan belajar speaking ini kamu mengasah pronunciation kamu supaya lebih baik dan terbiasa dengan bahasa Inggris.  Belajar berbicara bisa dilakukan di depan cermin kalau kamu masih belum percaya diri untuk berbicara dengan orang lain. 

Demikian penjelasan mengenai 5 cara belajar bahasa Inggris untuk pemula. Pada dasarnya, mempelajari bahasa ini bukanlah hal yang sulit. Hanya saja, dibutuhkan usaha dan konsistensi yang tinggi. Jadi, jangan mudah menyerah ya sobat WE+! 

Penulis: Raka 09 Aug 2021 60