6 Cara Mendapat Beasiswa Mudah dan Tips Suksesnya!

6 Cara Mendapat Beasiswa Mudah dan Tips Suksesnya!

Beasiswa tidak jatuh dari langit begitu saja di depan rumahmu.

Kamu harus aktif mencari tahu bagaimana cara mendapat beasiswa dengan mudah.

Namun, kamu juga harus punya tips khusus agar bisa sukses mendapatkannya.

Alhasil, kamu bisa meringankan beban orang tua karena biaya kuliah yang semakin mahal.

6 Cara Mendapatkan Informasi Beasiswa Mudah

Buat kamu yang lagi bingung mencari informasi beasiswa di mana.

Coba lakukan enam cara ini! 

  1. Tanya Guru atau Staf TU Buat kamu yang masih sekolah menengah atas. Coba tanya ke guru atau staf TU terkait informasi beasiswa yang ada di universitas incaranmu. Biasanya mereka lebih tahu dan akan menawarkan pada siswa yang merasa pantas mendapatkannya. Kalau tidak dapat tawaran tersebut, kamu harus aktif bertanya.

  2. Mencari InfoBanyak cara untuk mendapatkan informasi beasiswa. Pertama, cari info melalui saudara atau teman yang pernah mendapat beasiswa. Keuntungan bertanya langsung pada teman yang mendapatkannya adalah kamu bisa bertanya tips dan trik serta pengalamannya. Kalau tidak ada kesempatan untuk bertemu langsung, manfaatkan media sosial. Berkaitan dengan media sosial, ada banyak kok info yang bisa kamu dapat melalui jejaring sosial. Salah satunya ya informasi beasiswa ini. Kamu juga bisa memanfaatkan internet. Selain bisa mendapatkan beragam informasi melalui internet, internet juga lebih lengkap memberikan informasinya.

  3. Mengikuti Lomba dan MemenangkannyaAda banyak lomba yang berhadiah beasiswa. Kamu tinggal mengikuti dan memenangkannya untuk mendapatkan beasiswa. Bukan hanya dari pemerintah atau lembaga non pemerintah yang menjanjikan beasiswa, tapi universitas-universitas terkemuka juga. Kamu cukup membuat esai yang menarik dan sesuai dengan tema lomba. Tentunya, kamu harus pintar memanfaatkan peluang.

  4. Menguasai English dan atau Bahasa Asing Lainnya dengan BaikJika kamu mengincar beasiswa dari luar negeri. Kamu harus fasih berbahasa Inggris atau setidaknya bahasa asing di mana beasiswa negara itu kamu tuju. Umumnya, beasiswa luar negeri mengharuskan nilai TOEFLmu lebih dari 500. Jadi, belajar jauh-jauh hari ya biar skormu tinggi.

  5. Beasiswa Bidikmisi
    Jangan ragu untuk mendaftar beasiswa Bidikmisi dari pemerintah ya. Selain bisa kuliah gratis, kamu juga bisa dapat uang saku. Hanya saja, syarat dan ketentuan berlaku ya. Kalau merasa mampu memenuhinya, langsung daftar saja.

  6. Rekomendasi DosenPunya koneksi dengan dosen yang berkompetensi dan punya jabatan di kampus? Manfaatkan saja untuk mendapat rekomendasinya demi meraih beasiswa. Semakin tinggi jabatannya di struktural kampus rekomendasinya semakin dipertimbangkan. Namun, kamu juga harus memiliki kompetensi lebih jika ingin meminta rekomendasi dosen. Terpenting, jujurlah. Kalau kamu mengada-ada, bukannya untung malah buntung karena ditolak.

Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa

Ingin sukses mendapatkan beasiswa incaran?

Ada tips dan triknya loh yang bisa kamu tiru.

  • Pintar Melihat Peluang

Seperti yang sudah dikatakan, beasiswa tidak jatuh dari langit seperti hujan. Kamu harus aktif bergerak mendapatkan informasi terkait beasiswa. Jangan malu untuk bertanya apa pun itu terkait beasiswa. Karena ada tiga beasiswa yang bisa kamu incar, dari pemerintah, swasta, dan universitas. Cari saja yang sekiranya cocok denganmu.

  • Belajar, Latihan, dan Doa

Modal utama untuk lolos mendapatkan beasiswa adalah rajin belajar, latihan terus, dan jangan putus doanya. Jangan pernah merasa sudah ahli karena di atas langit masih ada langit. Perlu digarisbawahi jika makin besar cakupan beasiswa yang kamu ikuti, pesaingmu pun makin banyak. Tanpa bekal yang mumpuni, kesempatanmu lolos makin sempit. Kalah dengan mereka yang memiliki bekal lebih tinggi. Untuk itu, belajar dan latihan terus. Jangan lupa doa ke Tuhan biar dilancarkan dan beasiswa tersebut jadi rezekimu.

Nah, sudah punya gambaran harus bagaimana?

Langsung cari informasi beasiswa yang diinginkan dan ajukan karyamu yang paling baik.

Ingat, portofolio serta prestasi juga berpengaruh loh.

Jangan mau kalah sama yang lain.

Segera lakukan cara mendapat beasiswa di atas dan dapatkan beasiswanya!

RELATED ARTICLES:

 

Gambar oleh Kristine A dari Pixabay

Penulis: Raka 06 Jul 2020 144