Lagi Nganggur? Ini 3 Cara Daftar Kartu Prakerja Wajib Dicoba

Lagi Nganggur? Ini 3 Cara Daftar Kartu Prakerja Wajib Dicoba

Salah satu program pemerintah guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan merangsang produktivitas adalah adanya program kartu prakerja. Program pengembangan kompetensi serta kewirausahaan tersebut ini dibuat untuk masyarakat yang membutuhkan. Dalam artian yang sedang mencari pekerjaan, yang terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK. 

Tidak hanya itu, para pekerja yang mau meningkatkan kompetensi dan mengembangkan perekonomian dalam skala mikro dan kecil juga bisa mendaftar program ini. Pertanyaannya, bagaimana cara mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam program ini?

Cara Daftar Kartu Prakerja Lengkap

Berikut ini cara mendaftar program kartu prakerja, diantaranya:

  1. Persiapan

Dalam mekanismenya sendiri, pembukaan program kartu prakerja akan terbagi ke dalam beberapa gelombang. Untuk mengikuti seleksinya, kita perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengakses laman web https://www.prakerja.go.id serta menyiapkan email serta nomor telepon yang aktif.

  1. Membuat Akun

Setelah sampai di laman tersebut, selanjutnya kita akan membuat akun, dengan cara:

  1. Mengisi Email dan nomor ponsel
  2. Klik Daftar
  3. Pilih metode verifikasi dari pilihan yang telah disediakan
  4. Masukkan kode verifikasi 
  5. Pendaftaran selesai
  6. Kartu selesai dibuat
  7. Daftar dan Ikut Tes Kartu Prakerja
  1. Mendaftar Program Kartu Prakerja

Setelah selesai membuat akun, selanjutnya kita akan mendaftar pada program yang disediakan. Namun sebelumnya kita akan diminta untuk mengisi tes kemampuan dasar terlebih dahulu. Tujuannya guna menyeleksi apakah kemampuan diri bisa lolos atau tidak pada gelombang atau periode tersebut. Sehingga, urutannya akan berjalan seperti ini:

  1. Bukalah situs https://www.prakerja.go.id 
  2. Login menggunakan akun Kartu Prakerja yang telah dibuat sebelumnya
  3. Pilih Daftar Kartu Prakerja
  4. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan
  5. Ikuti langkah selanjutnya
  6. Lakukan tes kemampuan dasar
  7. Klik selesai
  8. Setelah itu, pemohon akan menerima notifikasi di akun Kartu Prakerja

Yang perlu diingat adalah karena program ini akan melewati tahap tes atau uji kemampuan dasar, maka sebaiknya kita menyiapkan diri atau setidaknya melatih atau mengasah kemampuan dasar terlebih dahulu. Selain itu, perhatikan pula lah waktu dan lokasi pendaftaran guna mendapat jaringan internet yang stabil dan mendukung kelancaran pendaftaran program kartu prakerja ini.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Mekanisme Program Kartu Prakerja

Dalam program ini, peserta akan dana insentif sebesar Rp3.550.000 dengan rincian: Rp1.000.000 untuk biaya pelatihan, insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 tiap bulan yang akan diberikan selama 4 bulan, juga Rp50,000 tiap kali survei pengalaman Prakerja selama 3 bulan.

Untuk program pelatihannya sendiri bisa kita sesuaikan dengan minat dan akan memiliki besaran biaya yang berbeda-beda. Sehingga sebelum mengikutinya bisa dipertimbangkan dan disesuaikan terlebih dahulu.

Keuntungan Kartu Prakerja

Dengan mengikuti program ini dan mendapat biaya insentif tersebut, kita bisa mendapat berbagai keuntungan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu mendapat biaya pelatihan, biaya insentif pasca pelatihan dan biaya survey. Selain itu, keuntungannya yang lain adalah:

  1. Pengembangan kemampuan diri serta peningkatan kompetensi 
  2. Bisa mengasah minat dan bakat
  3. Ajang pelatihan atau wirausaha yang akan berguna di dunia kerja.

Program kartu prakerja ini sendiri dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi tingkat pengangguran dengan memberi pelatihan dan bekal kompetensi pada pencari kerja. Tentunya jika memang dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh orang yang membutuhkan. Untuk syarat pembuatannya sendiri adalah adalah warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP, berusia diatas 18 tahun, dan tidak sedang sekolah ataupun kuliah.

Itulah berbagai cara daftar kartu prakerja yang wajib dicoba oleh sobat WE+ yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan program ini. Diharapkan, informasi ini bisa bermanfaat untuk sobat WE+ semua ya! 

 

Penulis: Raka 05 Jul 2021 105