Ketahui 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Dikonsumsi pada Saat Puasa

Ketahui 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Dikonsumsi pada Saat Puasa

Ketahui 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Dikonsumsi pada Saat Puasa

Halo Sobat We+, seperti yang kita tahu, saat menunaikan ibadah puasa kita hanya makan sebanyak 2 kali yaitu ketika sahur dan berbuka. Sehingga tanpa sadar kita makan apa saja yang dapat membuat kenyang. Namun, tidak semua makanan baik dikonsumsi karena dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan. Sehingga kamu harus mengetahui makanan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi saat puasa. 

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Dikonsumsi Pada Saat Puasa

Adapun makanan yang sebaiknya kamu hindari saat bulan ramadhan adalah sebagai berikut: 

  1. Makanan Manis

Anjuran saat berbuka puasa adalah mengawali dengan yang manis. Akan tetapi manis yang dimaksud di sini adalah manis secara alami, seperti kurma atau air kelapa. Bukan makanan manis yang berasal dari gula rafinasi atau gula tambahan. 

Mengonsumsi makanan yang terlalu manis saat mengawali berbuka puasa dapat menyebabkan lonjakan kadar gula dalam tubuh, sehingga dapat menimbulkan akibat seperti meningkatnya risiko kegemukan, memberatkan kerja pankreas menghasilkan insulin, serta hiperglikemia. 

  1. Gorengan

Selain makanan yang terlalu manis, mengkonsumsi gorengan saat bulan puasa juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu. Konsumsi gorengan boleh, asalkan jangan berlebihan. Karena biar bagaimanapun gorengan adalah makanan yang digoreng menggunakan minyak yang sudah dipakai berulang kali. Menyantap gorengan saat berbuka puasa memang memberikan kenikmatan tersendiri. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Namun berikan batasan saat mengkonsumsinya mengingat gorengan mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi secara berlebihan maka dapat menimbulkan peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu gorengan juga dapat melambatkan pengosongan lambung, sehingga dapat menyebabkan naiknya asam lambung dan tenggorokan terasa panas. Disarankan untuk memasak gorengan sendiri di rumah dengan menggunakan minyak yang lebih sehat dan durasi menggoreng yang tidak terlalu lama. 

  1. Kafein

Ngopi saat berbuka dan sahur sebenarnya tidak dilarang. Hanya saja kamu perlu tau bahwa mengkonsumsi kafein baik itu kopi, teh, cokelat hingga minuman bersoda dapat menimbulkan efek diuretik. Efek kafein ini dapat menyebabkan keinginan buang air kecil yang cukup sering, dan rasa cepat haus. Kafein juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang dengan sakit maag. 

Namun jika ingin mengkonsumsi kopi dengan aman selama bulan puasa, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini: 

  1. Konsumsi segelas kopi saat waktu sahur
  2. Saat berbuka puasa, sebaiknya konsumsi kopi 2 jam setelahnya
  3. Saat mengonsumsi kafein, dianjurkan untuk mengimbanginya dengan memperbanyak minum air putih
  1. Minuman Dingin

Berbuka puasa memang paling enak dengan minuman dingin yang mengandung es. Bahkan tak jarang es menjadi minuman pembuka utama ketika berbuka puasa. Mengingat tenggorokan terasa kering akibat berpuasa seharian sehingga akan menimbulkan sensasi yang menyenangkan saat minum es. 

Padahal minuman dingin yang mengandung es justru dapat menyebabkan gangguan pencernaan, bahkan bisa membuat pembuluh darah berkontraksi. Tidak masalah mengkonsumsi es saat berbuka puasa, hanya saja sebaiknya awali berbuka dengan minum air hangat atau yang tidak dingin. Setelah perut sudah lebih stabil, barulah kamu bisa mengonsumsi es buah favoritmu!

  1. Makanan Mengandung Gas 

Makanan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi pada saat puasa adalah makanan yang mengandung gas. Contohnya seperti durian, nangka, kol, serta kedondong. Makanan-makanan ini dapat merangsang peningkatan asam lambung dalam tubuh, sehingga selama berpuasa kamu akan rentan mengalami kondisi seperti kembung, mual, perih dan nyeri pada perut. 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi pada saat puasa. Selain itu, dianjurkan juga untuk mengurangi jenis makanan yang terlalu asam, terlalu pedas, maupun makanan berkarbonasi supaya tidak menimbulkan peningkatan asam lambung. Semoga bermanfaat!

Penulis: Raka 15 May 2021 96