Ayo Cari Tahu Apa Saja 5 Manfaat Teh Hijau bagi Tubuh Kamu

Ayo Cari Tahu Apa Saja 5 Manfaat Teh Hijau bagi Tubuh Kamu

Sobat WE+, apa yang terlintas di pikiranmu, saat mendengar kata teh hijau? Teh hijau atau green tea sering diidentikkan dengan program penurunan berat badan. Hal ini sangat wajar, karena manfaat teh hijau untuk diet tidak perlu diragukan lagi. Sebab, teh hijau mampu membantu proses pemecahan lemak, yakni melalui kandungannya yang bernama Epigallocatechin gallate atau EGCG. 

Setelah dipecah, lemak akan dipindahkan dari sel ke aliran darah, sehingga bisa dikeluarkan dari dalam tubuh. Sementara saat kamu berolahraga, teh hijau akan mengoptimalkan proses pembakaran lemak, sehingga berat badan lebih cepat turun. Oleh karena itu, konsumsi teh hijau secara rutin dan imbangi dengan pola hidup sehat.

Ragam Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh

Selain senyawa EGCG, teh hijau juga kaya antioksidan, seperti asam amino, enzim, dan polifenol. Lebih dari itu, ada juga kandungan mangan, folat, magnesium, potasium, vitamin B, serta kafein. Oleh karena itu, manfaat teh hijau tidak hanya efektif untuk program penurunan berat badan, tetapi juga bagi kesehatan dan kecantikan, seperti:

1. Meningkatkan Fungsi Otak dan Sistem Syaraf

Otak merupakan salah satu organ vital, karena berperan sebagai pusat kendali manusia. Untuk bisa bekerja secara optimal, otak memerlukan asupan darah dan oksigen dalam jumlah cukup. Nah, sementara teh hijau konon mampu mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, sehingga peredaran darah menuju otak menjadi lancar.

Hal ini dikarenakan kafein di dalam teh hijau akan melakukan pemblokiran terhadap neurotransmitter penghambat atau yang biasa dikenal dengan Adenosine. Dalam proses tersebut akan terjadi penembakan neuron, sehingga norepinefrin dan dopamine meningkat. Dengan kata lain, fungsi otak pun juga akan meningkat. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

2. Melindungi Sel Tubuh

Salah satu kandungan yang paling banyak terdapat di dalam teh hijau adalah antioksidan. Senyawa ini berperan penting dalam menjaga tubuh dari pengaruh radikal bebas, sehingga sel tubuh dan DNA bisa terlindungi dengan baik. Itu artinya, teh hijau juga dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan menghambat kemunculan sel-sel kanker.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Diabetes termasuk salah satu penyakit dengan angka penderita sangat tinggi di Indonesia. Konon, mengonsumsi teh hijau secara rutin mampu menurunkan kadar gula di dalam darah, sehingga bisa menekan risiko diabetes. Hal ini dikarenakan green tea mengandung senyawa catechin yang juga ampuh dalam mengendalikan tekanan darah.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mengontrol kadar gula darah, senyawa catechin juga bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Dengan demikian, manfaat teh hijau juga sangat baik dalam menyeimbangkan kolesterol. Efeknya, risiko hipertensi dan penyakit jantung bisa dicegah, termasuk gagal jantung kongestif. 

5. Kecantikan

Ini dia manfaat dari teh hijau yang sangat digemari oleh wanita, yaitu kecantikan. Selain sebagai pendamping program diet, teh hijau ternyata juga sangat bagus untuk kulit. Untuk kulit wajah, teh hijau sangat efektif untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus.

Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan jenis polifenol yang bisa menangkal radikal bebas. Tak hanya kulit wajah, senyawa aktif ini juga ampuh untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga tetap sehat dan terawat. Sementara menurut hasil study Medical College of Georgia 2003, mengonsumsi teh hijau bisa membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Tak hanya enak dinikmati, sederet manfaat teh hijau juga enak bagi tubuh. Wajib dicoba, terutama buat kamu yang memiliki masalah terhadap kandungan kafein. Namun, untuk mendapatkan semua manfaat di atas, pastikan teh yang kamu minum adalah teh hijau asli dan bukan minuman rasa teh ya sobat WE+. 

Penulis: Raka 22 Jan 2021 450