Kebiasaan Baik Ini bisa Berakibat Buruk Jika Dilakukan Terlalu Sering, Apa Aja Sih?

Kebiasaan Baik Ini bisa Berakibat Buruk Jika Dilakukan Terlalu Sering, Apa Aja Sih?

Dalam kehidupan sehari-hari sobat WE+ pasti memiliki kebiasaan yang sering dilakukan. Nah, kebiasaan itu ada yang baik dan ada yang sebenarnya kurang bagus hanya kadang sobat WE+ tidak menyadarinya. Ada juga kebiasaan yang sebenarnya baik tapi kalau terlalu sering dilakukan malah bisa berakibat buruk. Kebiasaan baik ini bisa berakibat buruk jika dilakukan terlalu sering, apa aja sih?

Selama ini sobat WE+ mungkin atau malah tidak menyadari kalau kebiasaan yang dianggap baik bisa menjadi bumerang suatu saat nanti. Penasaran apa sajakah kebiasaan yang sebenarnya bukan hal yang buruk tapi bisa mendatangkan dampak kurang baik nantinya?

Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Berdampak Buruk

1. Membuka Ponsel

Tidak ada yang salah dengan aktivitas membuka ponsel karena itu merupakan alat komunikasi yang sangat penting. Melalui ponsel juga kita bisa mengakses berbagai informasi penting yang sedang trending di dunia. Harus diakui memang banyak manfaat yang bisa sobat WE+ dapatkan dari ponsel.

Hanya saja masalahnya kalau sobat WE+ sudah sangat adiktif dengan ponsel sampai-sampai tidak bisa pisah dengan perangkat digital tersebut. Apakah sobat WE+ tahu bahwa kecanduan terhadap ponsel bahkan bisa mengganggu mental seseorang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh David Shapiro, pimpinan petugas kesehatan Complete Spine Solution bahwa menunduk karena main ponsel dalam waktu lama bisa mengganggu kesehatan.

2. Mengoperasikan Komputer

Sama dengan ponsel sebenarnya perangkat komputer merupakan alat bantu kerja manusia yang sangat efektif dan efisien. Komputer pastinya sangat membantu pekerjaan sobat WE+ terutama dalam penyimpanan data dan dokumen serta sejenisnya. 

Bayangkan kalau kita masih hidup di zaman mesin ketik sebelum ada komputer membuat satu dokumen saja pastilah membutuhkan waktu lama. Namun menatap layar komputer dalam jangka waktu lama juga kurang baik bagi kesehatan. Terutama tentunya untuk kondisi kesehatan mata.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Pada layar komputer terdapat cahaya energi tinggi dengan gelombang pendek berwarna biru yang bisa mengganggu kesehatan mata. Efek yang akan sobat WE+ rasakan antara lain mata cepat lelah, pandangan menjadi kabur bahkan sakit kepala. Berilah jeda untuk mata sobat WE+ beristirahat setidaknya setiap 20 menit agar menjadi segar kembali.

3. Duduk Seharian

Tidak ada yang salah dengan duduk karena kita tidak mungkin juga hanya berdiri atau tiduran seharian. Tapi duduk dalam jangka waktu terlalu lama dalam 1 hari bisa mengganggu kesehatan. Gangguan kesehatan yang sering muncul akibat terlalu banyak duduk misalnya wasir. sobat WE+ juga akan lebih rawan menderita obesitas kalau hanya duduk saja.

Masalah seperti ini lebih sering terjadi pada mereka yang bekerja kantoran sehingga perlu dilakukan aktivitas fisik di sela-sela waktu istirahat. sobat WE+ bisa berjalan-jalan di lorong kantor atau pergi ke kantin agar kaki menjadi bergerak. 

Terlalu banyak duduk bahkan yang lebih dari 13 jam sehari rawan memicu penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker hingga penggumpalan darah. Oleh sebab itu selama ada kesempatan bergerak walaupun hanya beberapa menit saja sebaiknya sobat WE+ lakukan.

4. Minum Kopi

sobat WE+ suka minum kopi? Berapa cangkir kopi sobat WE+ habiskan dalam sehari? Kopi sebenarnya adalah minuman yang memiliki banyak manfaat seperti mengembalikan konsentrasi, menambah semangat dan masih banyak lagi lainnya.

Hanya saja sebaiknya sobat WE+ mengurangi konsumsi kopi terutama kalau memiliki keluhan gerd atau asam lambung. Terlalu sering minum kopi dengan penambahan gula juga akan mendatangkan masalah kesehatan lainnya seperti diabetes misalnya. Nah, mulai sekarang minumlah kopi secukupnya saja yaitu 2-3 cangkir dalam 1 hari dan jangan langsung konsumsi dalam kondisi perut kosong.

Sekarang pertanyaan sobat WE+ tentang kebiasaan baik ini bisa berakibat buruk jika dilakukan terlalu sering, apa aja sih sudah terjawab bukan? Mulai sekarang sebaiknya Sobat We+ lebih bijak dalam melakukan aktivitas keseharian. Jangan sampai suatu kebiasaan yang baik justru malah memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan sobat WE+ karena tidak dilakukan dengan bijak ya.

Penulis: Raka 30 Jan 2021 143