Kenali Asuransi Perjalanan, Untuk Kamu Yang Suka Travelling

Kenali Asuransi Perjalanan, Untuk Kamu Yang Suka Travelling

Untuk kamu yang hobi travelling, atau bagi kamu yang punya segudang aktivitas yang padat dan diharuskan untuk sering bepergian dari satu tempat ke tempat lain, sepertinya memiliki asuransi perjalanan menjadi hal yang sebaiknya dimiliki. Asuransi perjalanan adalah asuransi yang akan melindungi kamu selama dalam perjalanan. Dengan kata lain, asuransi perjalanan adalah proteksi diri selama bepergian.

Seperti yang sudah dikatakan, bahwa asuransi ini bisa mencakup travelling atau perjalanan wisata, maupun business trip. Jadi, baik kamu maupun keluarga akan lebih merasa lega dan khawatirnya berkurang karena ada jaminan disetiap perjalanan yang dilakukan. Hal-hal yang menghambat perjalanan seperti keterlambatan pesawat, kecopetan, barang hilang atau mungkin masalah kesehatan yang terjadi bisa lebih terlindungi dengan adanya asuransi ini.

Apa Saja Yang Harus Diketahui dari Asuransi Perjalanan

Wajib Kamu Kenali Asuransi Perjalanan, Untuk Kamu Yang Suka Travelling, terbagi kedalam beberapa jenis, diantaranya:

1. Tujuan Perjalanan

Tujuan perjalanan disini maksudnya adalah hal apa yang melatarbelakangi kita untuk melakukan perjalanan tersebut. Bisa karena urusan pekerjaan, bisa pula untuk wisata atau liburan. Perbedaan keduanya, akan juga mempengaruhi nilai premi dan tentunya jenis perlindungannya.

2. Tempat Perjalanan

Untuk poin yang satu ini, kamu pasti sudah paham bahwa tempat perjalanan berarti tujuan kemana kita akan bepergian. Nilai premi juga akan dibuat berdasarkan tempat yang akan dituju nantinya. Baik domestik, maupun mancanegara. Dan tentunya untuk perjalanan ke luar negeri biayanya akan lebih besar, karena memang biaya perawatan atau perlindungan kita disana tinggi pula.

3. Jumlah Tertanggung

Pada jenis ini, kamu bisa memilih asuransi perjalanan individu (individual travel insurance)maupun perjalanan kelompok (group travel insurance). Nilai premi untuk perjalanan kelompok terbilang lebih rendah jika dibanding perjalanan secara individual. Oleh karenanya, banyak yang menggunakan asuransi perjalanan kelompok ini untuk keperluan para agen wisata maupun instansi sekolah yang membawa rombongannya.

4. Jangka Waktu Perjalanan

Maksud dari asuransi perjalanan ini adalah terkait seberapa lama atau durasi yang kita jalani selama perjalanan tersebut. Mulai dari keberangkatan dan termasuk untuk jumlah perjalanan itu sendiri. Bisa satu kali perjalanan (single trip insurance), maupun proteksi untuk perjalanan yang dilakukan pada satu tahun (annual trip insurance).

Jika kita terbilang sering melakukan perjalanan atau tugas pekerjaan yang mengharuskan kita mengunjungi banyak tempat, maka annual trip insurance akan lebih efektif untuk dipilih dan digunakan.

Pentingnya Menggunakan Asuransi Perjalanan

Dengan memilih asuransi perjalanan, maka kita akan merasakan berbagai manfaat, seperti:

1. Mendapatkan Perlindungan Kesehatan

Resiko gangguan medis atau sakit yang kita alami ketika dalam perjalanan akan ditanggung oleh asuransi perjalanan tersebut. Termasuk untuk biaya pengobatan maupun rawat inap.

2. Mendapatkan Kunjungan dan Perawatan

Manfaat ini bisa berupa penggantian biaya bagi kerabat yang akan tinggal bersama, jika kita sebagai nasabah asuransi perjalanan mengalami masalah kesehatan dan diharuskan rawat inap.

3. Mendapatkan Bantuan Darurat

Asuransi perjalanan akan membantumu untuk mendapatkan penanganan bagi kasus-kasus yang tidak menyenangkan atau tidak diinginkan. Seperti misalnya terjadinya hal yang tak terduga, evakuasi medis, maupun pemulangan jenazah.

4. Mendapatkan Proteksi Kecelakaa

Jika misalnya kita mengalami kecelakaan selama dalam perjalanan, maka pihak penyedia jasa asuransi tersebut akan memberikan santunan pada pemulihan atau perbaikan dari kecelakaan tersebut.

5. Terhindar dari Ketidaknyamanan Perjalanan

Keterlambatan penerbangan, barang yang hilang, maupun barang yang rusak pun menjadi tanggungan pihak asuransi. Bahkan, kita bisa mendapat santunan untuk keterlambatan maupun perlindungan atas pembatalan penerbangan tersebut.

6. Memiliki Proteksi Rumah

Jika rumah yang ditinggalkan mengalami musibah seperti kebakaran selama nasabah berada dalam perjalanan, maka biaya kerugiannya akan diganti oleh pihak asuransi.

Pada intinya, asuransi perjalanan adalah berbagai hal yang mencakup perlindungan diri, serta aset yang dimiliki selama melakukan perjalanan. Jika kamu berencana melakukan perjalanan jarak jauh dalam waktu dekat, maka jangan lupa untuk memastikan telah menggunakan asuransi perjalanan ya sobat WE+. 

Penulis: Raka 13 Oct 2020 91