5 Wisata Pemandangan Alam Terbaik di Indonesia, Inilah Tempatnya

5 Wisata Pemandangan Alam Terbaik di Indonesia, Inilah Tempatnya

Berlibur ke tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah memang memberikan sensasi tersendiri, terutama bagi traveler yang dengan jiwa petualang. Selain menikmati anugerah Tuhan, berpetualang juga terbukti ampuh meluruhkan penat dan mengembalikan semangat. Tak perlu jauh-jauh hingga ke luar negara, Indonesia juga kaya akan wisata alam dengan keindahan yang luar biasa. 

Tempat Wisata dengan Pemandangan Alam Luar Biasa

Indonesia, negara kepulauan yang luas lautannya lebih besar daripada daratan. Ditambah dengan gugusan gunung yang membentang, membuat Indonesia semakin kaya dengan tempat wisata. Inilah rekomendasi tempat wisata dengan pemandangan yang luar biasa.

1. Ngarai Sianok

 

Di dataran tinggi Minangkabau, ada sebuah lembah yang memiliki pemandangan alam luar biasa. Ngarai Sianok, membentang seluas 15 kilometer di bawah tebing raksasa terlihat begitu sempurna saat diterpa sinar mentari pagi. Dua tebing yang menjulang tinggi, bak penjaga yang melindungi area persawahan dan hutan di bawahnya. 

Ngarai Sianok

Di dasar jurang, aliran sungai Batang Sianok yang jernih dan segar terlihat berkelok-kelok dengan lincah. Di tepian sungai, wisatawan masih bisa menemukan beragam tanaman langka, seperti tanaman obat-obatan dan Raflesia. Di sini juga merupakan tempat favorit para fauna, seperti siamang, monyet ekor panjang, babi hutan, rusa, simpai, tapir, hingga macan tutul.

2. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi terletak di Sulawesi Tenggara dengan luas wilayah mencapai 1.39 juta hektar. Sangat cantik, itulah hal pertama yang pasti terpikir di benak wisatawan saat melihat kecantikan alam yang ada. Pulau kecil berpasir putih, terasa serasi berpadu dengan birunya air laut. Santai, intim, dan eksotis. 

Taman Nasional Wakatobi

Konon, kawasan terumbu karang yang ada di tempat ini merupakan area terluas kedua yang ada di dunia. Pemandangan alam bawah lautnya, mampu menyeret perhatian wisatawan untuk tak buru-buru pulang. Hal ini dikarenakan, pantai di sini memiliki 942 spesies ikan, 750 spesies karang, beberapa jenis penyu, lumba-lumba, dan paus.

3. Pulau Weh

Letaknya yang berada di Selat Malaka, membuat Pulau Weh sering luput dari perhatian wisatawan. Di sini, berdiri tegak tugu nol kilometer yang juga merupakan sebagai batas paling barat wilayah Indonesia. Meski letaknya sedikit terpencil, Pulau Weh menyuguhkan pemandangan alam yang spektakuler. 

Pulau Weh

Masih kurang puas menjelajah nol kilometer? Mampirlah ke Pantai Teupin Layee, pantai berpasir putih yang lembut ini dijamin akan menggoda mata untuk berlama-lama. Lalu, melanjutkan perjalanan selama 15 menit menuju Pulau Rubiah. Rasakan sensasi diving bersama ikan-ikan hias berwarna-warni, yang seolah sudah begitu akrab dengan keberadaan manusia.

4. Teluk Hijau

Sesuai dengan namanya, Teluk Hijau merupakan pantai di pesisir Banyuwangi dengan air laut berwarna hijau berkilauan. Kawasan pantai ini memiliki keindahan alam yang eksotis, lengkap dengan bebatuan yang berjajar di pinggiran pantai. Lokasi ini terbilang masih cukup perawan, jadi persiapkan bekal cukup dari rumah.

Teluk Hijau

5. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan akhir-akhir ini keberadaannya semakin tenar. Bukan tanpa alasan, tempat ini merupakan salah satu warisan dunia UNESCO yang dimiliki Indonesia. Kepulauan ini terdiri dari empat pulau utama dengan pemandangan alam menakjubkan, yakni Pulau Maratua, Sangalaki, Kakaban, dan Derawan. 

Kepulauan Derawan

Dermaga kayu yang membentang di atas lautan, memberikan pengalaman tersendiri. Dari atas sini, wisatawan bisa menikmati keindahan bawah laut yang jernih dan indah. Tak puas berdiam diri, wisatawan bisa melakukan penyelaman untuk melihat lebih dekat keindahan bawah laut. Setelah itu, mampirlah ke penangkaran penyu langka yang ada di sana. 

Tertarik untuk kembali berpetualang? Kelima tempat wisata dengan pemandangan alam terbaik di atas, wajib untuk dimasukkan ke dalam daftar. Pastikan memiliki waktu libur yang cukup untuk berkunjung. Karena panorama bak lukisan akan membuat Sobat WE+ enggan cepat-cepat pulang. 

Penulis: Raka 23 Oct 2020 95