Kenali 7 Lampu Indikator Mobil Ini yang Wajib Kamu Tahu

Kenali 7 Lampu Indikator Mobil Ini yang Wajib Kamu Tahu

Sebagai pemula, mungkin agak kebingungan dengan banyaknya lampu indikator mobil yang ada di dashboard. Padahal, keberadaan lampu-lampu tersebut bukanlah sebagai variasi semata, melainkan ada maknanya. Hal ini berhubungan erat dengan kenyamanan serta keselamatan selama berkendara. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari makna dari lampu-lampu tersebut. 

Arti Panel Lampu Indikator Mobil Wajib Tahu Untuk Pengemudi

Penempatan lampu indikator pada dashboard merupakan salah satu cara untuk mempermudah pengendara melihat kondisi kendaraan. Sehingga tidak perlu bagian mobil mengecek satu per satu, cukup dengan melihat tanda dari lampu-lampu tersebut. Hal ini tentu dapat mempersingkat waktu, serta mengantisipasi kerusakan lebih dini. Berikut 7 tanda lampu indikator pada mobil yang perlu dipahami :

1. Indikator Temperatur

Jika tanda temperatur menyala, maka segera matikan radio, AC, dan sistem lainnya. Sebab, lampu ini menjadi pertanda bahwa suhu mesin sudah terlalu panas. Jika dipaksakan untuk berkendara, maka mobil akan mati sendiri. Segera menepi dan minta bantuan mekanik untuk mengatasinya. Ingat, jangan menambahkan cairan pendingin saat itu juga. Tunggu sekitar 30 menit sampai suhu radiator menurun, agar uap dan cairan panas tidak menyembur ke atas.

2. Indikator Check Engine

Jika lampu indikator mobil check engine menyala, maka segera datang ke service center atau bengkel langganan. Secara sederhana, saat kunci diputar ke arah ON, maka lampu indikator akan menyala. Setelah di-starter, maka seharusnya lampu tersebut mati. Namun, jika tetap menyala, maka hal itu menandakan ada permasalahan pada mesin mobil. 

3. Indikator Tekanan Oli

Jika tekanan oli pada mobil kurang, maka kinerjanya akan kurang maksimal. Oleh karena itu, saat tanda tekanan oli menyala, segera tambahkan atau ganti oli. Namun, jika setelah ditambahkan oli lampu indikator pada mobil ini tidak juga mati, segera hubungi mekanik yang terpercaya. Jangan ditunda-tunda, karena dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil.  

4. Indikator Sabuk Pengaman

Prioritas utama dalam berkendara adalah keamanan dan keselamatan. Salah satunya yaitu dengan memastikan sabuk pengaman sudah terpasang dengan baik dan benar. Itulah alasan penguat bagi para produsen mobil untuk membekali lampu indikator sabuk pengaman. Tak hanya berupa lampu indikator pada mobil saja, pada mobil keluaran terbaru tanda ini juga berupa suara yang cukup nyaring. Selama pengendara belum memasang sabuk pengaman, maka lampu ini akan terus mengeluarkan bunyi.

5. Indikator Aki atau Baterai

Keberadaan aki merupakan salah satu elemen penting di dalam mobil. Jika aki tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka seluruh mesin mobil tidak akan menyala. Hal ini dapat terjadi karena beberapa hal, seperti pemasangan kabel yang kurang pas, aki yang sudah soak/rusak, atau mungkin alternatornya yang harus diperbaiki. Segera bawa ke bengkel langganan, jika lampu indikator pada mobil ini menyala. Keterlambatan dalam penanganan dapat mengakibatkan mobil menjadi mogok.

6. Indikator Tekanan Ban

Jika lampu indikator pada mobil yang menunjukkan tekanan ban menyala, maka itu berarti ban kekurangan angin. Baik di salah satu maupun beberapa ban mobil, alangkah baiknya cek secara keseluruhan. Jangan memaksa mobil untuk terus berjalan dengan kondisi ban kurang angin, karena menyebabkan bahan bakar menjadi lebih boros. Lebih daripada itu, ban mobil dapat rusak secara permanen, sehingga harus diganti dengan yang baru.

7. Indikator Bahan Bakar

Lampu indikator mobil yang terakhir tentu sudah tidak asing lagi, yaitu bahan bakar. Lampu ini akan menyala, saat bahan bakar mobil tinggal seperdelapan isi tangki. Segera isi ulang di pom bensin terdekat, karena kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan akan cukup membahayakan. Baik untuk pengendara sendiri maupun pengendara lain.

Dengan memperhatikan ketujuh lampu indikator mobil di atas, itu berarti Sobat WE+ peduli dengan keselamatan dalam berkendara. Selain keamanan, mobil pun dapat berumur lebih panjang karena pemiliknya bisa memahami penggunaan mobil tersebut dengan lebih baik. Semoga bermanfaat ya Sobat WE+! 

Penulis: Raka 23 Oct 2020 90