Tertarik Dengan Mobil Listrik? Berikut Hal-Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Perawatan Mobil Listrik

Tertarik Dengan Mobil Listrik? Berikut Hal-Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Perawatan Mobil Listrik

Memiliki mobil listrik kini menjadi suatu hal menarik sekaligus menjadi alternatif pilihan kendaraan roda empat yang kita butuhkan untuk menunjang berbagai kegiatan. Banyak yang mengklaim jika untuk perawatannya sendiri terbilang lebih ringan jika dibandingkan dengan mobil bermesin pada umumnya. Apakah sobat WE+ tertarik dengan mobil listrik? Sebelum itu, kamu harus paham tentang perawatan mobil listrik seperti berikut. Yuk, simak! 

Merawat Mobil Listrik Bagaimana Caranya?

Berikut ini cara supaya mobil listrikmu tetap terawat, diantaranya adalah:

  1. Rutin Mengecek Radiator

Salah satu hal yang menjadi kesamaan antara mobil yang biasa atau banyak kita temui dengan jenis mobil listrik adalah terdapatnya radiator di sana yang sama-sama berfungsi sebagai pendingin. Lakukan penggantian air radiator yang ada di dalamnya, disarankan setiap setiap 60.000 km. jaga selalu kondisi bagian ini demi suhu kerja baterai dari motor listrik yang tetap berjalan baik.

  1. Slow Charging

Secara umum, mobil listrik memiliki mode pengisian daya yang terbilang beragam, seperti halnya slow charging atau fast charging. Perlu kamu tahu bahwa pemilihan mode itu dapat berpengaruh pada kondisi dan usia baterai. Penggunaan mode slow charging memang memakan waktu yang lebih lama, namun hal tersebut yang lebih disarankan digunakan sehari-hari karena dapat membuat baterai lebih awet nantinya. Mode fast charging pun tetap bisa kamu pilih misalnya ketika melakukan pengisian di tempat umum.

  1. Mengganti Oli Speed Reducer

Poin berikutnya adalah mengganti oli pada speed reducer di mana komponen ini menggunakan beberapa gir layaknya transmisi. Kerjanya tentu membutuhkan pelumas atau oli, penggunaannya pun tak terlalu banyak, hanya sekitar 1 liter. Kondisinya harus diperhatikan untuk tenaga yang dihasilkan tetap stabil.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Servis Rutin

Seperti kendaraan lain pada umumnya, memiliki mobil listrik berarti kita juga harus melakukan servis secara rutin untuk menjaga performa dan kualitas kendaraan yang kita miliki tersebut. Meski kini mobil listrik cukup banyak dikenal dan diminati, namun tetap masih dianggap barang baru, sehingga sebaiknya kita melakukan servis di bengkel resminya saja supaya yang melakukan atau merawatnya benar-benar paham ketika mengecek tiap-tiap bagian.

  1. Mengganti Filter AC

Yang tak kalah penting dari perawatan mobil listrik adalah penggantian filter AC. Sebab hal ini berkaitan langsung dengan performa dari kendaraan tersebut. Lakukan penggantian filter AC secara rutin demi sirkulasi udara dalam mobil yang tetap terjaga.

  1. Mengganti Kampas Rem

Perawatan mobil listrik lainnya adalah dengan mengganti kampas rem. Jangan diabaikan begitu saja, mengingat rem menjadi salah satu bagian penting dari kendaraan kita. Setiap kita hendak servis ke bengkel, pengukuran kampas rem menjadi salah satu hal yang akan dilakukan, diperiksa, ataupun diganti.

  1. Tetap Charge Meski Tak Digunakan

Meski tidak digunakan dalam waktu yang mungkin saja lama, bukan berarti mobil listrik tidak usah di charge. Baiknya kita tak membiarkan baterai dalam keadaan kosong supaya selalu mendapat sirkulasi. Selain itu, daya baterai yang kosong atau habis dapat mengalami kerusakan yang lebih cepat.

  1. Pahami Buku Panduan

Seperti ketika membeli barang lainnya, kita akan diberi buku panduan dan hal-hal yang dituliskan di sana. Nah, sebaiknya kita pahami supaya lebih mengenal dengan jenis kendaraan yang mungkin baru saja kamu kenal ini.

Demikian tips perawatan mobil listrik yang bisa sobat WE+ pahami. Semoga menambah pengetahuan kamu, khususnya pecinta otomotif atau bahkan tertarik untuk membeli mobil listrik ini. Dengan begitu, kamu bisa merawat dan menggunakan mobil listrik dengan lebih awet. 

Penulis: Raka 12 Feb 2022 179