Bagaimana Perawatan Motor Listrik yang Benar? Ikuti 5 Cara ini

Bagaimana Perawatan Motor Listrik yang Benar? Ikuti 5 Cara ini

Bagaimana Perawatan Motor Listrik yang Benar? Ikuti 5 Cara ini

Belakangan ini kehadiran motor listrik menjadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat. Kendaraan bertenaga listrik dianggap sebagai solusi untuk mengurangi tingkat pencemaran udara akibat asap mobil ataupun motor. Selain itu, perawatan motor listrik juga jauh lebih mudah dan praktis dibandingkan motor dengan BBM biasanya.

Segi perawatan yang relatif mudah itulah juga yang membuat motor listrik banyak disukai dan digunakan oleh para wanita terutama ibu-ibu. Apalagi mereka memang biasanya tidak melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh sehingga sesuai kalau memakai motor bertenaga listrik. Lalu, bagaimana cara perawatan motor listrik yang benar?

Cara Merawat Motor Listrik dengan Benar

Seperti motor biasanya yang bertenaga BBM perawatan yang benar dan tepat sangat dibutuhkan kalau kamu ingin kendaraan listrik bisa awet. Namun tenang saja karena cara perawatan pada motor listrik jauh lebih mudah dibandingkan dengan motor BBM. Simak cara perawatan motor bertenaga listrik berikut ini.

  1. Periksa Kampas Rem

Rem adalah bagian yang sangat penting bagi kendaraan jadi memang harus dalam kondisi yang baik. Sama juga kalau kamu memakai motor listrik kondisi rem harus selalu diperiksa terutama pada bagian kampasnya. Jangan biarkan kampas rem menjadi sangat kering sehingga mengurangi fungsi pengereman.

  1. Rutin Periksa Ban Luar

Bagian lainnya yang harus diperhatikan dalam perawatan pada motor listrik yaitu ban luarnya. Segera ganti ban luar dengan yang baru kalau sudah terlihat gundul agar tidak membahayakan kamu ketika mengendarainya. Sebaiknya selalu periksa ban luar setiap kali kamu akan motor tersebut.

  1. Periksa Tekanan Anginnya

Kamu memang tidak perlu mengganti oli dan sebagainya seperti kalau merawat motor biasa namun jangan sepelekan hal yang kecil-kecil seperti tekanan angin. Idealnya tekanan angin pada ban depan motor listrik adalah sebesar 30 PSI sedangkan ban belakang yaitu 35 PSI.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Dengan ukuran ban yang sesuai tersebut maka kamu bisa menikmati laju motor listrik yang stabil dan nyaman. Tekanan ban yang tepat juga membuat kendaraan lebih mudah untuk dikendalikan saat di jalan raya.

  1. Rutin Cek Baterainya

Baterai merupakan komponen paling penting bagi kendaraan listrik karena disitulah sumber tenaganya dihasilkan. Artinya kamu harus selalu rutin melakukan pengecekan pada baterai motora apakah kondisinya masih bagus atau ada yang tidak beres. Pengecekan baterai terutama sangat disarankan ketika musim hujan tiba dimana genangan air ada dimana-mana. 

Mengapa begitu? Karena kalau sampai baterai motor kamu kena air dan basah maka akan terjadi arus pendek seperti pada listrik pada umumnya. Korsleting yang terjadinya pastinya bisa menyebabkan kerusakan pada motor listrik.

  1. Rajin Melumasi Elektriknya

Kamu memang tidak perlu mengganti oli mesin kalau memakai kendaraan tenaga listrik tapi tetap harus menjaga komponen elektriknya. Caranya adalah dengan rajin melumasi komponen elektrik motor menggunakan pelumas khusus.

Terminal baterai merupakan salah satu contoh bagian elektrik motor yang harus rajin dilumasi. Tujuan pelumasan adalah untuk menjaga agar komponen elektrik pada motor listrik tetap bisa berfungsi dengan baik terutama pada bagian yang bergesekan. Kalau motor mulai terdengar bunyi berderit artinya kamu harus segera melumasi komponen elektrik motor.

Ternyata tidak sulit bukan perawatan motor listrik itu? Kamu hanya perlu rajin dan rutin melakukan pengecekan pada bagian-bagian tertentu agar motor bisa terus dalam kondisi yang bagus. Dengan perawatan yang baik dan rutin, performa dan keawetan motor listrik juga bisa lebih terjaga. 






Penulis: Raka 18 Jun 2021 40