Aset Yang Malah Bikin Kamu Rugi

Aset Yang Malah Bikin Kamu Rugi

Sobat WE+, seperti yang kamu ketahui aset merupakan salah satu jenis sumber daya dan harta kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan atau individu. Secara umum, aset berfungsi sebagai investasi untuk memberikan pemasukan tambahan maupun keuntungan bagi perusahaan dan individu yang memilikinya. Namun, ternyata ada beberapa aset yang bukannya menguntungkan, malah merugikan. Nah, apa saja aset yang malah bikin kamu rugi?

Aset yang Malah Bikin Rugi 

  1. Alat Transportasi

Alat transportasi merupakan salah satu aset yang malah bikin kamu rugi. Pasalnya, tiap tahun, alat transportasi akan mengalami penyusutan harga. Sehingga tidak cocok bagi kamu yang hanya mengharap keuntungan dari aset satu ini. Sebagai contoh mobil. 

Kendaraan beroda empat tersebut harganya mahal saat kamu membeli dalam keadaan baru. Namun, jika sudah beberapa tahun digunakan, harga akan turun tidak seperti semula. Apalagi jika ada beberapa cacat yang terdapat pada mobil. Sebagaimana mobil, alat transportasi lainnya seperti motor, mini bus, bahkan bus pun akan mengalami penyusutan harga setiap tahunnya.

Nah, melihat kasus tersebut, jika kamu membeli alat transportasi sebagai aset yang menguntungkan, maka tidaklah cocok. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, hal itu akan merugikan karena harga akan lebih rendah dari semula kamu membelinya.

  1. Inventaris Berlebihan

Sebagai inventaris, tentu barang-barang tersebut digunakan untuk operasional sebuah perusahaan, sekolah, organisasi, atau yang lainnya. Nah, seperti halnya alat transportasi yang menguntungkan, inventaris juga bakal mengalami penyusutan. Baik dari segi penjualan kembali maupun performa yang akan semakin menurun sesuai usia inventaris.

Sebagai contoh, komputer untuk mendukung pekerjaan di sebuah pekerjaan. Jika satu komputer saja cukup, maka lebih baik tidak membelinya lebih. Hal itu akan merugikan perusahaan. Bahkan, jika komputer lebihan tersebut tidak digunakan, maka yang terjadi malah kerusakan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Malah rugi, bukan? Contoh lain adalah properti indoor seperti lemari, meja kursi, dan lain-lain. Jika bukan merupakan kebutuhan primer lebih baik tidak diadakan karena malah akan merugikan. Dijual akan diterima harga yang sedikit, dibiarkan pun tidak ada gunanya.

  1. Saham

Hal selanjutnya yang bikin kamu malah rugi ketika memiliki aset adalah membeli saham. Memang, saham merupakan salah satu aset yang bisa membuat kamu menjadi kaya. Namun, jika kamu membeli saham namun belum bisa cara mainnya, bahkan cenderung ikut-ikutan agar kaya menjadikan kamu rugi di kemudian hari.

Hal yang perlu digaris bawahi dari poin ketiga ini adalah bahwa aset yang malah bikin kamu rugi adalah saham yang kamu beli karena ikut-ikutan biar menjadi kaya tanpa mempelajari betul bagaimana menjalankannya di pasar saham. Alih-alih menjadi kaya, kamu akan rugi jika menjualnya ketika turun harga. Itupun tidak kamu ketahui, sekadar beli-jual-beli.

Nah itu tadi beberapa ulasan mengenai aset yang malah bikin kamu rugi. Maka dari itu pertimbangkan kembali ketika kamu berpikir akan menyertakan barang-barang di atas sebagai aset masa depan yang menguntungkan kamu.

Tips Memilih Aset yang Menguntungkan 

Beberapa tips yang dapat kamu terapkan sebelum memutuskan aset yang menguntungkan bagi kamu adalah sebagai berikut.

  • Pahami terlebih dahulu tujuanmu memiliki aset
  • Survei dengan membaca atau bertanya kepada yang berpengalaman mengenai aset yang menguntungkan untuk masa depan
  • Tentukan aset yang akan kamu beli dan miliki 
  • Beli aset yang sudah kamu pertimbangkan dengan baik

Beberapa tips di atas sangat umum. Namun, seseorang kerap lupa sehingga membeli aset-aset yang sebetulnya malah merugikan. Nah, rekomendasi aset yang menguntungkan dari kami adalah tanah, properti tetap seperti rumah atau bangunan lain, dan surat berharga. Dengan mempertimangkan rekomendasi tersebut, semoga kamu mendapat aset terbaik yang menguntungkan, ya sobat WE+!

Penulis: Raka 18 Oct 2021 62