Waspada Penipuan, Ini Cara Cek Rekening Penipu yang Benar

Waspada Penipuan, Ini Cara Cek Rekening Penipu yang Benar

Melakukan cek rekening penipu secara online adalah salah satu langkah yang bisa sobat WE+ lakukan untuk menghindari penipuan yang memang sedang marak terjadi di dunia online.  Cara ini juga terbilang sangat membantu, karena Sobat WE+ tidak perlu lagi repot-repot datang ke bank hanya untuk mengecek nomor rekening. Apalagi bagi pecinta belanja online, cara lama seperti itu bisa menghabiskan waktu.

Cek Rekening Penipu Secara Online

Ketersediaan marketplace dan penjual online memang bisa mempermudah hidup, tetapi kebiasaan ini juga sangat rentan terhadap tindak penipuan. Oleh karena itu, berhati-hatilah sebelum berbelanja online. Selain memastikan seller amanah, pahami beberapa cek rekening penipu berikut ini. 

1. Melalui Kredibel.co.id

Kredibel.co.id adalah sebuah situs untuk cek rekening penipu yang diperoleh berdasarkan laporan atau keluhan pengguna. Dari laporan-laporan tersebut, Sobat WE+ bisa melihat apakah rekening atau nomor telepon yang dituju terindikasi sebagai penipu atau tidak. Caranya:

  1. Buka situs di https://www.kredibel.co.id.
  2. Masukkan nomor rekening atau nomor telepon di kolom pencarian (tergantung keperluan).
  3. Tunggu beberapa saat, nanti akan muncul data mengenai nomor rekening atau telepon tersebut.

Tak hanya melakukan pengecekan, melalui situs ini Sobat WE+ juga bisa melaporkan tindak penipuan. Cobalah scroll halaman ke bawah, di sana ada kotak berwarna merah yang bertuliskan Mulai Laporkan Penipuan. Isilah data sesuai dengan kolom dan petunjuk yang tersedia.

2. Melalui Akun Instagram di @indonesiablacklist

Sobat WE+ juga bisa memanfaatkan akun instagram untuk melakukan pengecekan, lho. Salah satunya yaitu akun @indonesiablacklist yang berisi berisi tentang kasus-kasus penipuan online. Cara untuk mengeceknya, yaitu:

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Buka akun Instagram di @indonesiablacklist atau IBL.
  2. Cek apakah akun yang dituju masuk ke dalam daftar tersebut atau tidak.
  3. Jika tidak ada, maka ada kemungkinan akun tersebut aman.

Meski berupa akun Instagram, Sobat WE+ juga bisa melakukan pelaporan. Caranya cukup DM (direct message) admin atau chat melalui aplikasi Whatsapp, lalu sampaikan tindakan penipuan yang dialami. Nanti mereka akan memberikan masukan mengenai jalan keluar yang bisa dilakukan.

3. Melalui Lapor.go.id

Lapor merupakan singkatan dari situs Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Jika dilihat dari namanya saja sudah ketahuan ya, kalau situs ini milik pemerintah. Tepatnya milik Kantor Staf Presiden yang sudah terhubung dengan beberapa instansi lain. Cara untuk mengecek atau melaporkan tindak penipuan, Sobat WE+ bisa mengikuti tahapan berikut:

  1. Buka situs di https://www.lapor.go.id.
  2. Ada tiga pilihan di situ, yaitu:
  • Pengaduan untuk melaporkan tindak penipuan yang dialami.
  • Aspirasi untuk menyampaikan kritik dan saran..
  • Permintaan Informasi untuk cek rekening penipu.

     3. Isi data sesuai dengan petunjuk yang tersedia. Pastikan untuk mempersiapkan bukti, ya.

4. Melalui CekRekening.id

Mirip dengan poin sebelumnya, CekRekening.id juga merupakan situs milik negara, tetapi besutan dari Kemenkominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika. Situs ini berupa aplikasi yang bisa Sobat WE+ unduh melalui Playstore secara gratis. Sementara cara untuk melakukan pengecekan, yaitu:

  1. Buka situs https://cekrekening.id 
  2. Pilih nama bank yang ingin dicek (bank milik nomor yang ingin dicek).
  3. Masukkan nomor rekening pada kolom yang sudah disediakan.
  4. Klik kotak kecil di samping tulisan Saya bukan robot.
  5. Pilih Periksa Rekening

Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi yang diperlukan. Jika nomor tersebut ada indikasi penipuan, maka akan muncul peringatan. Di dalam aplikasi ini, Sobat WE+ juga bisa melakukan pelaporan. Sementara untuk caranya tinggal ikuti saja petunjuk yang ada.

Bagaimana, cukup mudah, bukan? Semoga keempat cara cek rekening penipu di atas bisa membantu Sobat WE+ yang sedang galau ingin belanja. Meski demikian, tetap waspada dan lebih jeli dalam memilih seller saat berbelanja di marketplace ya sobat WE+!

Penulis: Raka 21 Dec 2020 18623