Kebiasaan Kecil yang Bikin Keuangan Kamu Sehat

Kebiasaan Kecil yang Bikin Keuangan Kamu Sehat

Memiliki kondisi keuangan yang sehat dan stabil adalah impian semua orang. Tentu tidak mudah dalam mengelola keuangan meski itu milik pribadi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kondisi keuangan bisa terus stabil dan terkontrol. Perlu diketahui kebiasaan kecil yang bisa membuat keuangan sehat untuk bisa mengelola keuangan dengan benar. Lalu, apa saja ya sobat WE+ kebiasaan kecil tersebut?

Kebiasaan Kecil yang Bikin Keuangan Sehat 

  1. Menabung di Awal Bulan 

Masalah keuangan solusinya tidak jauh dari prinsip hidup hemat yaitu menabung. Menabung di awal bulan perlu dibiasakan untuk bisa menyehatkan kondisi keuangan. Dengan menabung secara otomatis ada dana darurat sehingga saat ada kejadian tidak terduga kondisi keuangan tetap stabil dan aman.

Kebiasaan kecil ini dampaknya sangat besar, namun sayangnya tidak semua orang menyadari hal ini. Banyak orang yang masih merasa kesulitan untuk menabung. Agar tidak terasa berat saat awal bulan atau saat menerima gaji langsung sisihkan uang untuk ditabung. Sisanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Baiknya sisihkan setidaknya 10% dari penghasilan untuk ditabung. 

Simpan tabungan di tempat khusus atau rekening yang terpisah. Jangan mengotak-atik rekening yang sudah dibuat khusus untuk tabungan. Gunakan uang yang memang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Terapkan hidup hemat agar bisa menggunakan uang dengan bijak.

  1. Menggunakan Uang Cash 

Sekarang ini sudah banyak e-wallet yang tersedia. Transaksi jual beli pun lebih banyak menggunakan e-wallet daripada uang cash. Padahal lebih baik kembali ke kebiasaan lama yaitu menggunakan uang cash saat belanja. Hal ini karena sensasi menggunakan uang digital dan uang cash sangat berbeda.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Menggunakan uang cash selalu terasa lebih berat daripada menggunakan uang digital. Sederhananya, uang cash lebih bisa mengontrol rasa ingin belanja yang berlebih. Uang tunai bisa digunakan untuk mengerem keinginan belanja sedangkan uang digital justru mendorong orang untuk lebih banyak berbelanja.

  1. Bayar Utang dan Cicilan Dijadikan Prioritas

Utang dan cicilan perlu dijadikan prioritas jika ada pemasukan. Sebelum dibelikan untuk macam-macam kebutuhan sisihkan uang untuk membayar tanggungan hutang dan cicilan agar segera lunas. Selain menghindari bunga juga tidak merepotkan orang lain terlalu lama. Kondisi keuangan juga akan lebih stabil tanpa adanya hutang. Mungkin ini termasuk kebiasaan kecil namun dampaknya sangat terasa pada kondisi keuangan seseorang.

  1. Belanja Grosiran

Sebelum pergi belanja bulanan ada baiknya untuk membuat daftar barang yang harus dibeli apa saja. Akan lebih baik jika bisa membeli barang kebutuhan dalam jumlah banyak sehingga bisa untuk satu bulan dan harganya pun jadi lebih murah. Ini adalah salah satu cara berhemat yang perlu dicoba terutama bagi yang sudah berkeluarga. 

  1. Membuat Anggaran

Kebiasaan kecil yang bisa membuat keuangan sehat lainnya adalah membuat anggaran. Anggaran pemasukan dan pengeluaran ini bisa menjadi patokan dalam menggunakan gaji yang didapatkan. Ini mencegah seseorang gelap mata ketika menerima gaji sehingga berujung pada pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan. Adanya anggaran bisa mengontrol keuangan lebih jelas dan lebih sehat.

  1. Membeli Barang Berkualitas

Barang berkualitas memang harganya biasanya mahal. Namun kualitas yang bagus membuat barang tersebut bisa digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama sehingga tidak perlu sering membeli barang baru yang sama. Misalnya dalam memilih sepatu, pilih sepatu yang berkualitas baik. Meski mahal sepatu tersebut bisa digunakan sampai beberapa tahun ke depan. Jadi dalam waktu dekat tidak perlu membeli sepatu lagi.

Nah, sobat WE+ itu dia beberapa kebiasaan kecil yang bisa membuat keuangan sehat. Pastikan untuk selalu menjaga kondisi keuangan stabil dan menerapkan hidup hemat meski penghasilan tergolong besar, agar mempunyai masa depan yang lebih baik daripada masa sekarang.

Penulis: Raka 07 Sep 2021 27

Penulis: Raka
06 Jul 2020
510