Tanda Kamu Sudah Melek Keuangan

Tanda Kamu Sudah Melek Keuangan

Sobat WE+, perihal melek keuangan memang masih belum semua orang menyadarinya. Keuangan adalah salah satu aspek yang menjadi faktor kehidupan seseorang dikatakan sejahtera atau tidak. Maksud dari tanda kamu sudah melek keuangan adalah orang tersebut telah mengetahui dan menerapkan pengetahuan, keterampilan, serta keyakinan yang bisa mempengaruhi sikap dan perilaku dalam mengambil keputusan hingga dalam mengelola keuangan untuk bisa mencapai hidup sejahtera.

Tidak heran jika melek finansial ini sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini khususnya pada masyarakat di Indonesia. Tujuannya untuk bisa membuat semua masyarakat bisa mengelola keuangan pribadi dengan lebih bijak. Apa saja yang dilakukan orang yang sudah melek keuangan?

Tanda Kamu Sudah Melek Keuangan 

  1. Memiliki Tabungan

Orang yang melek finansial pasti memiliki tabungan. Sadar kalau menabung adalah salah satu hal yang penting dan harus dilakukan jika ingin memiliki kondisi keuangan yang baik. Tabungan bisa digunakan sebagai cara seseorang menggunakan uang dengan lebih bijak atau sesuai dengan porsinya. Secara otomatis seseorang akan memiliki dana darurat jadi saat sewaktu-waktu ada sesuatu hal yang terjadi keuangan tidak akan terganggu.

  1. Berinvestasi

Investasi juga merupakan ciri bagi orang yang sudah sadar bagaimana cara mengatur keuangan dengan lebih bijak. Investasi sendiri ada banyak macamnya, bisa berupa aset, bisa berupa ilmu atau skill, bisa juga hal-hal baik yang dilakukan terhadap orang sekitar dan lingkungan. 

  1. Punya Tujuan Finansial

Melek keuangan membuat orang memiliki tujuan finansial yang lebih jelas. Oleh karena itu biasanya orang dengan tujuan tersebut akan memiliki sebuah catatan pengeluaran dan pemasukan yang ditunjang dengan upaya pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan. Menerapkan hidup hemat menjadi salah satu prinsip yang harus selalu dipegang dan dilakukan setiap harinya agar tujuan bisa tercapai.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Memiliki Asuransi

Sakit atau meninggal adalah salah satu kondisi yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Agar keuangan tidak terganggu dengan keadaan yang tidak terduga tersebut maka orang yang sadar pentingnya mengelola keuangan akan memiliki asuransi. Adanya asuransi bisa membantu untuk biaya pengobatan atau untuk keluarga yang ditinggalkan. 

  1. Kualitas Hidup yang Baik

Orang yang sudah melek keuangan akan mempunyai kualitas hidup yang baik. Maksud dari kualitas hidup yang baik di sini adalah bagaimana cara menontrol keuangan, menyusun rencana keuangan, hingga membelanjakan keuangan dilakukan dengan hati-hati dan bijak. 

Mengelola keuangan di sini memang tidak sulit namun memerlukan usaha yang tidak gampang. Inti dari melek finansial sendiri adalah kesadaran pada diri sendiri. Jika tidak memiliki kesadaran akan pentingnya mengelola keuangan tentu melek finansial sulit tercapai.

Keuangan adalah hal yang perlu diatur dengan tepat sesuai dengan porsinya. Orang harus sadar mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang masuk pada keinginan. Jika tidak bisa membedakan kedua hal tersebut tentu akan sedikit sulit untuk menjaga kondisi keuangan tetap stabil. 

Agar aman pastikan untuk selalu menanamkan dalam diri sedini mungkin untuk hidup hemat. Biasakan menyisihkan uang yang ada agar bisa dimasukkan ke dalam tabungan. Jika sudah terbiasa menabung maka kesadaran akan pentingnya menjaga kondisi keuangan akan tercapai. Jika sudah berpenghasilan sendiri cba terapkan 50:30:20. 

Jadi sisihkan atau bagi penghasilan 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk tabungan, dan sisanya untuk keinginan. Lakukan  penyisihan atau pembagian tersebut di awal menerima gaji dan kondisi uang masih belum dibelanjakan atau digunakan untuk apapun.

Nah sobat WE+, itulah beberapa tanda kamu sudah melek keuangan. Diharapkan dengan mengetahui informasi ini, kamu bisa menyadari apakah kamu sudah melek keuangan atau belum ya sobat WE+! 

Penulis: Raka 08 Sep 2021 55