Mempersiapkan Biaya Operasi Usus Buntu? Ini Rinciannya

Mempersiapkan Biaya Operasi Usus Buntu? Ini Rinciannya

Halo sobat WE+! Kalian tentu sudah tidak asing dengan jenis penyakit usus buntu. Pada dasarnya, usus buntu yang ada pada tiap manusia, bisa saja mengalami peradangan. Jika kondisi peradangan memburuk, dokter akan mengambil tindakan berupa operasi apendiktomi untuk mengangkat usus buntu yang rusak tersebut. Jika mengalami hal ini, tentunya selain persiapan mental, pasien harus mempersiapkan biaya operasi usus buntu.

Metode Operasi Usus Buntu

Pada kondisi tahap awal, pasien hanya akan mendapatkan penanganan berupa terapi obat. Namun, umumnya penanganan usus buntu memang lebih banyak melalui tindakan pembedahan. Ada dua teknik operasi usus buntu yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah kedua teknik operasi tersebut.

1. Operasi Apendektomi Terbuka

Operasi usus buntu dengan teknik apendiktomi terbuka ini dilakukan dengan membuat sayatan sepanjang 5 hingga 10 cm. sayatan ini ditujukan untuk membuka jalan agar dokter dapat mencapai usus buntu yang rusak. Kemudian dokter akan memotong dan mengangkat usus buntu, dan membersihkan area sekelilingnya. Luka operasi akan dijahit dan ditutup perban.

Umumnya operasi ini dilakukan jika kondisi infeksi sudah parah, atau terjadi usus buntu pecah. Cairan yang terjadi saat usus buntu pecah dapat mengotori organ disekitarnya, jadi perlu dilakukan tindakan pembersihan. Tindakan dengan metode ini juga dipilih untuk pasien dengan pembengkakan perut atau bisa juga pada pasien dengan obesitas.

2. Operasi Laparoskopi

Operasi laparoskopi dilakukan dengan membuat sayatan yang lebih kecil, yaitu kurang dari 2 cm. Sayatan ini ditujukan untuk membuat jalan masuk bagi alat bernama laparoskop yang berupa tabung dengan kamera di bagian ujungnya. Agar memudahkan, dokter akan memompa gas ke perut pasien untuk memberi ruang dalam melakukan tindakan pemotongan usus buntu. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Tindakan laparoskopi ini dinilai memiliki risiko komplikasi yang cukup kecil. Selain itu, biasanya pasien dapat langsung pulang ke rumah jika operasi selesai dilakukan. Pasien hanya diminta rawat inap jika timbul kondisi serius lain. Namun, biaya operasi usus buntu laparoskopi ini relatif lebih mahal jika dibandingkan apendektomi terbuka.

Biaya Operasi Usus Buntu Di Beberapa Rumah Sakit

Biaya operasi yang harus ditanggung pasien usus buntu dapat bervariasi. Rentang biayanya antara Rp 8.000.000 hingga Rp 45.000.000. biaya ini sangat tergantung pada teknik operasi yang dilakukan, mengingat laparoskopi lebih mahal dibandingkan apendektomi terbuka. Selain itu, biaya rawat inap juga menjadi variabel penentu biaya operasi. 

Komplikasi yang mungkin terjadi, dapat membuat pasien lebih lama menjalani rawat inap. Jika ditambah biaya tambahan perawatan terhadap penyakit lain, bisa saja tagihan rumah sakit dapat meningkat. Umumnya pasien diminta menyiapkan dana sebesar 205-30% sebagai cadangan. Berikut ini biaya operasi pasien usus buntu di beberapa rumah sakit.

  • Rumah sakit Lira Medika, Karawang Rp 16.600.000
  • Columbia Asia Hospital, Pulomas, Jakarta Rp 2.675.000
  • Rumah Sakit Hermina, Pekan Baru Rp 10.228.600
  • Siloam Hospitals, Bekasi Timur Rp 14.000.000
  • Siloams Hospitals Asri, Pancoran Rp 14.669.000
  • Rumah Indonesia Sehat Hospital Rp 11.000.000
  • Rumah Sakit Imanuel bojongloa Kidul, Bandung Rp 3.685.500
  • Rumah Sakit Premier Jatinegara Rp 55.000.000

Itulah daftar estimasi biaya operasi untuk mengangkat usus buntu di beberapa rumah sakit. Biaya dapat berbeda, tergantung pada kelas perawatan yang dipilih. Mengingat biayanya yang cukup tinggi, tentunya akan lebih terasa nyaman jika memiliki asuransi kesehatan. Program BPJS juga cukup membuat biaya yang dibayarkan relatif lebih ringan.

Demikianlah pembahasan mengenai biaya operasi usus buntu terkait teknik operasi dan biaya rawat inapnya. Jika kamu menemukan gejala berupa nyeri parah di perut bagian kanan yang disertai mual dan demam, sebaiknya segera periksa ke dokter. Penanganan lebih cepat dapat menghindari risiko komplikasi yang dapat membuat biaya lebih meningkat.

Penulis: Raka 30 Dec 2020 67