Terbukti Menyehatkan Tubuh, Ini 6 Manfaat Olahraga Aerobik

Terbukti Menyehatkan Tubuh, Ini 6 Manfaat Olahraga Aerobik

Di kalangan ibu muda dan remaja putri olahraga yang cukup digemari yaitu senam aerobik. Kegiatan aerobik biasanya dilakukan dengan kelompok misalnya sesama warga kompleks, kantor dan sebagainya. Namun apakah Sobat We+ sudah mengetahui apa sebenarnya manfaat olahraga aerobik untuk kesehatan tubuh? Untuk bisa menjawabnya ketahui manfaat aerobik untuk tubuh sebagai berikut.

6 Manfaat Aerobik untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Kesehatan organ tubuh sangat penting untuk selalu dijaga terutama pada bagian yang rawan dengan penyakit berbahaya seperti jantung misalnya. Gangguan dan penyakit pada jantung hingga saat ini masih memiliki tingkat kematian tinggi bahkan dikenal sebagai silent killer. Sebelum terlambat sebaiknya jaga kesehatan jantung dengan maksimal.

Melakukan olahraga aerobik misalnya senam akan sangat bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Saat berolahraga aerobik darah akan dipompa secara efisien ke dalam tubuh. Senam juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga jantung menjadi lebih sehat.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Kebanyakan kaum wanita ikut kegiatan senam aerobik untuk menurunkan berat badan atau setidaknya agar bobot tidak bertambah. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah karena senam aerobik memang bagus untuk menjaga berat badan tetap ideal. 

Mengapa? Olahraga aerobik termasuk senam memiliki gerakan yang melibatkan aktivitas otot sehingga massanya akan bertambah dan lemak berkurang. kamu bisa memilih jenis olahraga aerobik selain senam seperti bersepeda, jogging, berenang atau malah main sepak bola.

3. Meningkatkan Imunitas dan Stamina Tubuh

Menjaga sistem imunitas tubuh agar tetap bagus adalah sesuatu yang penting kalau kamu ingin menjadi sehat terus. Olahraga aerobik ikut memberikan pengaruh pada tingkat kekebalan tubuh agar kesehatan terus terjaga. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Selain bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh rutin melakukan olahraga aerobik bermanfaat juga bagi stamina kamu. Kalau badan rasanya selalu lelah dan malas beraktivitas apapun cobalah mengatasinya dengan olahraga aerobik.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi Sobat We+ yang sering merasa susah tidur apalagi di malam hari atau biasa disebut dengan istilah insomnia bisa diatasi dengan olahraga aerobik. Kuncinya ada pada pemilihan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga tersebut. 

Disarankan untuk berolahraga aerobik paling lambat 2 jam sebelum berangkat tidur. Jangan berolahraga terlalu larut malam dan juga sesaat sebelum tidur. Dengan rutin melakukan olahraga aerobik kualitas tidur akan semakin baik sehingga insomnia bisa berkurang.

5. Mengurangi Depresi dan Kecemasan

Manfaat yang lainnya dari olahraga aerobik yaitu bisa menurunkan tingkat kecemasan dan risiko depresi pada seseorang. Mereka yang melakukan olahraga mood-nya akan menjadi lebih baik sehingga akan menjadi lebih gembira.  Di samping memperbaiki suasana hati atau mood dengan olahraga aerobik  gangguan kecemasan akan menjauh. Bahkan olahraga ini bisa menghindarkan orang dari kepikunan atau demensia terutama pada golongan lansia.

6. Mengendalikan dan Menjaga Gula Darah

Bukan hanya penyakit jantung yang bisa diperkecil risikonya dengan rutin melakukan olahraga aerobik melainkan juga diabetes. Seperti juga jantung, penyakit diabetes juga cukup berbahaya dan mematikan. Dengan berolahraga secara rutin maka kadar insulin di dalam tubuh bisa tetap bagus sehingga gula darah terkendali. 

Terganggunya insulin menjadi penyebab orang menderita diabetes karena kadar gula dalam darahnya tinggi. Hal tersebut sebagai akibat dari ketidakmampuan insulin untuk memecah gula di dalam tubuh seseorang. 

Ternyata cukup banyak manfaat olahraga aerobik yang bisa Sobat We+ ambil untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Bahkan banyak penyakit berbahaya bisa diperkecil risikonya dengan olahraga aerobik ini. Jadi, yuk lakukan olahraga aerobik untuk kesehatan yang lebih baik!

Penulis: Raka 27 Jan 2021 202