Tips Bisnis Kuliner dengan Resep Keluarga Turun Temurun

Tips Bisnis Kuliner dengan Resep Keluarga Turun Temurun

Bisnis kuliner banyak dijalankan oleh entrepreneur mengingat kebutuhan primer manusia adalah pangan. Meneruskan usaha kuliner keluarga juga banyak dilakukan oleh sebagian orang. Selain branding yang sudah terbentuk, bisnis ini memiliki tujuan untuk mempertahankan keberadaan pelanggan. 

Bisnis kuliner yang identik dengan resep turun-temurun ini akan menjadi peluang untuk melahirkan inovasi-inovasi yang bisa menjadi ladang penghasilan yang tinggi. Lalu bagaimana ya cara mempertahankan eksistensi dari bisnis keluarga ini? Yuk simak artikel berikut ya Sobat We+.

Tips Bisnis Kuliner Menggunakan Resep Keluarga 

  1. Mempelajari Resep 

Resep merupakan cikal bakal nomor satu untuk membangun usaha kuliner. Dengan kombinasi racikan yang pas, akan menghadirkan cita rasa yang luar biasa. Resep sangat mahal harganya, oleh karena itu perlu adanya pelestarian oleh generasi keluarga. 

Sebagai penerus bisnis keluarga, Sobat We+ hendaknya selalu terlibat aktif dalam proses panjang penyajian makanan, mulai dari pemilihan bahan, pengolahan, hingga menyiapkan hidangan. Jangan sampai ilmu kuliner ini hilang begitu saja, namun keterampilannya harus diturunkan sehingga nantinya anak cucu akan mampu beradaptasi untuk menjadi pewaris usaha keluarga ini. 

  1. Mendaftarkan Lisensi 

Lisensi atau resep dagang memiliki peran yang penting dalam melakukan usaha. Keluaran ide yang menghasilkan sebuah resep kuliner ini harus segera dipatenkan agar tidak diplagiasi oleh orang lain. Resep keluarga memiliki nilai ekonomi yang tinggi dimana dalam pendaftaran lisensinya harus menjadikan resep tersebut sebagai dokumen rahasia dagang. Berbagai keuntungan dapat diperoleh dengan mendaftarkan lisensi dagang, seperti misalnya mematenkan resep dan juga menghasilkan royalti tambahan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Mengikuti Perkembangan Zaman

Dengan adanya zaman yang terus berubah, perlu dihadirkan inovasi-inovasi untuk berbisnis agar usaha yang dilakukan tidak monoton, sekaligus mempertahankan keberadaan pelanggan. Pengadaan inovasi bukan berarti mengubah cikal bakal resep keluarga, namun yang perlu dilakukan adalah memberikan sentuhan seni sehingga produk yang dihasilkan lebih menarik. Yang perlu dilakukan oleh Sobat We+ adalah mensurvey apa yang saat ini sedang menjadi trend dan melakukan perbaikan sesuai dengan perkembangan zaman. 

Seperti misalnya menyediakan fasilitas berupa layanan pembelian online dimana pemesanan dapat dilakukan melalui aplikasi. Sehingga pelanggan tinggal duduk manis di rumah dan makanan siap diantarkan. Dengan pengembangan yang mengikuti perubahan zaman ini akan menambah keefektifan dalam berdagang sehingga berpeluang untuk meningkatkan penjualan.

  1. Menjaga Kualitas Resep

Kualitas resep harus selalu dipertahankan dari generasi ke generasi. Pelanggan setia biasanya tetap bertahan karena cita rasa yang enak dan memanjakan lidah. Jangan sampai ketika bisnis keluarga sudah beda generasi namun rasanya berubah menjadi lebih buruk. Menjaga kualitas rasa ini memerlukan sebuah konsistensi terhadap racikan bumbu, bahan mentah, dan juga pada proses pengolahan.

  1. Meningkatkan Komunikasi Antar Generasi

Komunikasi adalah ujung tombak untuk bisa mencapai kelancaran bisnis keluarga. Jika orang tua masih ada, sebaiknya selalu melakukan koordinasi untuk setiap keputusan yang diambil. Contohnya ketika ingin menambah varian baru dalam menu masakan, sebaiknya dikoordinasikan terlebih dahulu terkait bahan-bahan dan keperluan lainnya sehingga tidak akan merubah citra rasa asli dari makanan tersebut. 

Ketika orang tua masih ada, sebaiknya generasi penerus mencatat informasi-informasi penting mengenai keberlangsungan usaha, memahami seluk beluk permasalahan bisnis yang ada di gerai nya dan juga memahami strategi bisnis yang perlu diterapkan. Dengan komunikasi yang baik, maka bisnis keluarga juga lebih mungkin untuk bertahan.

Itulah tadi trik yang bisa dijalankan untuk menjaga eksistensi bisnis kuliner dengan resep keluarga turun temurun. Perlu sebuah kegigihan dan juga keuletan untuk tetap mempertahankan bisnis yang sudah berjalan. Yang terpenting adalah selalu lakukan pembaharuan tanpa merusak kualitas resep asli. 

Penulis: Raka 03 Dec 2021 74

Penulis: Raka
29 Aug 2020
794
Penulis: Raka
12 Oct 2020
720
Penulis: Raka
18 Oct 2021
110