Untuk Pemula, Ini Dia 5 Tips Cara Memilih Sepatu Olahraga

Untuk Pemula, Ini Dia 5 Tips Cara Memilih Sepatu Olahraga

Walau terlihat sepele, tetapi kamu yang suka olahraga harus benar-benar teliti dan jeli dalam memilih sepatu. Cara memilih sepatu olahraga tidak mudah utamanya bagi pemula. Padahal, sepatu mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjaga kenyamanan kaki dan juga menjaga keamanan otot supaya tidak mudah cedera. Sebaiknya, perhatikan tips-tips penting yang harus dilakukan sebelum kamu memutuskan untuk membeli sepatu olahraga tertentu.

Tips Penting Memilih Sepatu Olahraga Terbaik

Demi kenyamanan berolahraga, menggunakan sepatu yang tepat dan nyaman sangatlah dianjurkan. Ukurannya juga harus as sehingga tidak akan membuat kaki kamu pegal hingga lecet-lecet. Oleh sebab itu, perhatikanlah tips-tips berikut supaya kamu bisa membeli sepatu olahraga dengan bahan yang nyaman, ukuran yang pas, dan tentunya dengan harga terjangkau.

1. Kenali Sepatu untuk Jenis Olahraga Tertentu

Tips cara memilih sepatu olahraga yang harus benar-benar kamu perhatikan yakni ketahui terlebih dahulu jenis olahraga yang cocok menggunakan sepatu tersebut. Misalkan saja, untuk olahraga sepakbola, maka kamu harus menggunakan sepatu khusus dengan sol bawah yang kasar.

Tentunya, sepatu sepakbola tidak cocok digunakan untuk olahraga bulutangkis dan sebaliknya. Kemudian, untuk olahraga yang bertujuan untuk menyehatkan badan, kamu bisa memilih sepatu standar untuk jogging yang nyaman dan aman digunakan.

2. Pastikan Ukuran Kaki dan Sepatu Pas

Jika sedang membeli sepatu olahraga, kamu jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu ketika berada di toko. Pastikan bahwa ukuran sepatu tersebut pas dan tidak akan memberikan sensasi rasa sakit di kaki saat digunakan berjalan.

Hal ini sangat mudah jika pembelian sepatu dilakukan secara offline. Jika kamu membelinya dengan cara online, maka harus sangat berhati-hati. Ukurlah terlebih dahulu panjang kaki kamu dan cocokkan dengan spesifikasi sepatu yang diberikan oleh sang penjual.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Pakailah Kaos Kaki Saat Mencoba Sepatu

Kadangkala, sepatu yang kamu coba di toko saat tidak mengenakan kaos kaki sudah terasa pas dan nyaman. Akan tetapi, hal ini sering menjadi masalah karena ketika sepatu dicoba dengan menggunakan kaos kaki, maka akan terasa sempit dan menyakitkan jari ibu dan kelingking.

Oleh sebab itu, jangan segan-segan untuk mengenakan kaos kaki yang nyaman dan sudah biasa dipakai dengan ketebalan pas saat kamu membeli sepatu.

4. Memperhatikan Kenyamanan Sepatu

kamu bisa melihat nyaman atau tidaknya sepatu dari jenis sol atau alas yang digunakan. Jika sol tersebut terbuat dari karet, boleh dibilang bahwa sepatu akan sangat nyaman digunakan karena terasa lentur.

Namun sebaliknya, jika sol terbuat dari plastik, biasanya sepatu tersebut kurang recommended dan akan menimbulkan suara berisik ketika digunakan berjalan di atas permukaan yang keras.

5. Mengetahui Brand Sepatu

Mengetahui brand sepatu sangat penting untuk diperhatikan sebelum kamu memilih untuk memutuskan membeli sepatu olahraga yang baru. Jika brand sudah terkenal dan terpercaya sejak lama, hampir bisa dipastikan bahwa sepatunya berkualitas dan nyaman digunakan.

Namun, jika brand tersebut belum begitu terkenal atau bahkan masih baru, maka kamu harus teliti dan hati-hati dalam memilihnya. Cobalah sepatu dengan seksama untuk mengetahui kualitas dan tingkat kenyamanannya. 

Itulah informasi mengenai tips cara memilih sepatu olahraga yang dapat disampaikan dalam artikel edisi kali ini. Semoga tips tersebut bisa menjadi referensi untuk kamu yang akan membeli sepatu olahraga. Di samping itu, perhatikan juga harga sepatu dan bahannya agar tidak akan membuat kamu kecewa setelah membelinya ya sobat WE+!

Penulis: Raka 24 Jan 2021 239