Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan dan Mental, Kamu Harus Tahu!

Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan dan Mental, Kamu Harus Tahu!

Hallo Sobat WE+, apakah kamu termasuk orang yang sering begadang? Jika iya perlu diketahui bahwa begadang dapat menyebabkan dampak buruk untuk kondisi fisik dan mental. Begadang tidak memiliki dampak positif untuk tubuh malah justru sebaliknya, maka dari itu kalian harus tahu apa saja dampak buruk begadang agar kamu mulai sadar akan pola tidur teratur itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini dampak begadang yang harus kamu tahu. Simak yuk!

5 Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan

1. Menjadi Pelupa dan Sulit Berkonsentrasi

Begadang akan membuat kamu menjadi sulit berkonsentrasi nih Sobat WE+. Selain itu begadang dapat menghambat proses regenerasi sel ketika tidur. Saat tidur otak manusia akan mengalami proses regenerasi sel yang akan memperkuat ingatan. Dalam proses ini otak akan memindahkan ingatan dan memori ke bagian otak yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan memori jangka panjang. Tak jarang juga kemampuan konsentrasi yang terganggu membuat kamu menjadi pelupa.

2. Lemahnya Sistem Imun

Selain dampak negatif yang telah disebutkan diatas, begadang juga membuat kamu rentan terserang penyakit lho Sobat WE+, itu karena sitokin tidak bisa bekerja secara maksimal. Ketika tidur tubuh akan memproduksi sitokin yang dapat melawan bakteri dan virus. Kurangnya waktu tidur ini yang membuat tubuh tidak dapat memproduksi sitokin dengan maksimal sehingga kamu mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Tak jarang jika kamu keseringan begadang apalagi di cuaca yang tidak menentu akan mudah terserang penyakit seperti flu dan diare.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Munculnya Garis-Garis Halus pada Kulit

Tak hanya memiliki dampak buruk bagi kesehatan namun Sobat WE+ juga harus tahu, dampak begadang juga berpengaruh bagi penampilan. Kurangnya waktu tidur membuat hormon kortisol (hormon stres) dilepaskan dalam jumlah lebih banyak, hormon kortisol bersifat memecah kolagen pada kulit. Padahal kolagen sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit agar lebih kencang dan elastis. Sehingga kulit sedikit demi sedikit akan muncul garis-garis halus jika terlalu sering begadang. Selain itu begadang dapat membuat wajah terlihat pucat dan muncul lingkaran hitam pada area mata, ini akan sangat berpengaruh pada penampilan wajah kamu. Pasti kamu tidak mau kan jika terlihat lebih tua? Mulai sekarang hindari begadang ya.

4. Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Jika Sobat WE+ begadang, pasti sering kali merasa lapar di tengah malam. Hal ini terjadi karena hormon leptin dan hormon ghrelin yang bekerja mengatur rasa lapar dan kenyang pada tubuh. Jika kamu kurang tidur, kadar hormon leptin akan menurun sehingga kamu merasa lapar. Pada akhirnya porsi makan menjadi bertambah. Selain itu kalori pada tubuh akan menumpuk, akan lebih parah lagi jika Sobat WE+ jarang melakukan olahraga. Ini akan menjadi pemicu besar bertambahnya berat badan yang signifikan dalam waktu yang cukup singkat.

5. Meningkatkan Resiko Kematian

Ini adalah dampak yang paling ditakuti ya Sobat WE+, pasalnya begadang dapat memicu munculnya penyakit kronis bagi tubuh. Beberapa penyakit yang disebabkan tidak teraturnya pola tidur diantaranya adalah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan stroke. Sebuah studi menyatakan bahwa tidur hanya berdurasi 5 jam akan meningkatkan resiko kematian sebesar 12% lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidur secara teratur. Peningkatan risiko kematian ini berlaku untuk semua penyakit, terutama bagi penderita penyakit jantung dan pembuluh darah.

Nah sekarang Sobat WE+ sudah tahu kan? Dampak begadang bagi kesehatan itu tidak baik. Yuk jaga pola tidur kamu mulai sekarang! Dengan menjaga pola tidur yang teratur kamu akan merasa lebih bugar setiap harinya.

Penulis: Raka 10 Dec 2020 102