Ini 5 Cara Belajar Bahasa Jepang Termudah dan Cepat

Ini 5 Cara Belajar Bahasa Jepang Termudah dan Cepat

Halo sobat we+, seperti yang kita tahu belajar bahasa Jepang itu membutuhkan yang namanya konsistensi. Kemauan yang keras akan mendorong kamu untuk menguasai bahasa asing dengan mudah. Terutama bahasa Jepang yang sedikit berbeda dari bahasa asing lainnya karena kamu juga harus menguasai cara penulisan huruf Jepang serta pelafalannya. 

Cara Belajar Bahasa Jepang yang Mudah 

Bukannya tidak mungkin kamu bisa menguasai bahasa Jepang hanya dengan belajar secara mandiri saja. Dengan adanya internet, sekarang kamu bisa belajar bahasa Jepang dengan banyak cara. Nah, langsung saja simak cara-caranya berikut ini. 

  1. Mempelajari huruf Hiragana dan Katakana

Dalam bahasa Jepang, huruf Hiragana dan Katakana wajib untuk dipelajari oleh pemula. Huruf-huruf ini merupakan bagian dasar dari belajar bahasa Jepang yang masing-masing berjumlah 46. Huruf hiragana dan katakana harus dipelajari dengan melakukan latihan tulis secara rutin sekaligus berlatih cara membacanya. 

Akan lebih efektif lagi apabila kamu menulis huruf hiragana dan katakana di kertas tabel dengan ukuran besar, lalu tempelkan di dinding kamar atau di mana saja yang mudah dilihat. Dengan begini kamu akan lebih mudah dalam mengingat huruf hiragana dan katakana.

  1. Menghafal Kata Dasar dan Mempelajari Tata Bahasa Jepang

Setelah menguasai huruf hiragana dan katakana, berikutnya mulailah untuk menghafal kata dasar satu persatu. Kumpulkan semua kata dasar bahasa Jepang yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, cari artinya dan hafalkan. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Setelah menguasai kata-kata dasar, baru kemudian pelajari tata bahasanya. Tata bahasa itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur penggunaan bahasa. Caranya adalah dengan latihan membuat kalimat pendek dengan kata-kata dasar yang telah kamu pelajari. 

  1. Latihan Mendengarkan Bahasa Jepang

Supaya kamu cepat dalam menguasai bahasa Jepang, maka kamu harus sering-sering mendengarkan audio berbahasa Jepang. Bisa dengan mendengarkan lagu Jepang, menonton anime, menonton film Jepang, audiobook hingga mendengarkan audio percakapan dalam bahasa Jepang. Melatih pendengaran juga akan membantumu untuk cepat menguasai pelafalan kata-kata bahasa Jepang. Karena dalam bahasa Jepang pelafalan juga merupakan hal penting untuk dikuasai. 

  1. Latihan Berbicara bahasa Jepang

Setelah melatih pendengaran, kamu juga harus mulai melatih berbicara dalam bahasa Jepang. Mungkin akan sulit bagi pemula yang mempelajari bahasa Jepang secara mandiri untuk melatih speaking. Karena biar bagaimanapun kamu butuh partner yang memiliki kemampuan berbahasa Jepang lebih baik. 

Akan lebih efektif kalau kamu melatih berbicara bahasa Jepang dengan kursus. Tutor akan membantumu dengan memberikan contoh pelafalan yang benar dan mengoreksi pelafalan kamu. Selain dengan kursus, latihan berbicara dapat kamu lakukan sendiri dengan merekamnya. 

  1. Membaca dan Menulis Kalimat bahasa Jepang

Terakhir adalah membaca dan menulis kalimat bahasa Jepang. Perdalam kemampuan bahasa Jepang kamu dengan membiasakan diri memperbanyak bacaan bahasa Jepang. Bacaan dalam bahasa Jepang bisa kamu dapatkan dari artikel di internet, manga, novel, dan lain sebagainya.  Supaya kamu tidak merasa malas dan jenuh membacanya, disarankan untuk memilih bacaan yang sesuai minat kamu. 

Akan semakin efektif lagi jika dari membaca itu kamu bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Membaca juga bisa memperkaya kosakata bahasa Jepang kamu loh! Kemudian jangan lupa untuk melakukan latihan menulis. Tantang diri kamu untuk membuat tulisan setidaknya 1 paragraf tiap hari. Contohnya dengan menulis diary dalam bahasa Jepang. 

Demikian penjelasan mengenai 5 cara belajar bahasa Jepang termudah dan cepat. Semoga bermanfaat dan bisa membantu sobat We+ yang memang ingin menguasai bahasa ini ya! 

Penulis: Raka 09 Aug 2021 51