Lakukan 10 Hal Ini Untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh

Lakukan 10 Hal Ini Untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh

Lakukan 10 Hal Ini Untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh

Salah satu yang terdampak akibat pandemi Covid-19 adalah sektor pendidikan. Para pelajar maupun mahasiswa diharuskan belajar di tempat masing-masing untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal ini tentu saja membutuhkan adaptasi mengenai pembelajaran jarak jauh yang memang tidak mudah untuk dilakukan. 

Suasana saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) sangat berbeda dengan masuk di gedung sekolah atau perkuliahan yang saling tatap muka. Antara wilayah pendidikan pun juga mengalami kesulitan yang berbeda. Namun, bagaimanapun keadaannya harus bisa dibiasakan agar terselenggara roda pendidikan yang efektif. 

10 Hal untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh

Sobat We+ jangan khawatir, lakukan 10 hal ini untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

 

  • Menentukan Ruang Belajar

 

Menentukan ruang belajar sangat penting agar terhindar dari kantuk dan distraksi. Banyak yang melaksanakan PJJ di tempat tidur, depan tv, atau bahkan sofa ruang tamu. Al hasil, kadang di tengah pelajaran ada saja gangguan seperti kantuk saat di tempat tidur, godaan ingin menonton spongebob di tv, dan suara tetangga atau kendaraan lewat saat di ruang tamu.

Oleh sebab itu, sangat perlu menentukan ruang belajar khusus yang mampu menghindarkan dari gangguan tersebut meski Sobat We+ sedang kos. Jika memang ruang yang tersedia hanya yang tersebut di atas, maka carilah ruang yang gangguannya bisa diminimalisir.

 

  • Membuat Diri Nyaman Di Tempat Belajar

 

Membersihkan ruangan khusus belajar yang telah ditentukan adalah cara sederhana agar Sobat We+ nyaman belajar. Bila perlu hiaslah ruang tersebut untuk meningkatkan mood. Sesuaikan dengan kenyamanan Sobat We+ masing-masing ya!

 

  • Menulis Rutinitas Harian

 

Menulis rutinitas harian tidak kalah penting Sobat We+! Mulai dari persiapan, belajar, hingga istirahat. Lebih aman adalah menulis rutinitas harian dari bangun pagi hingga tidur malam. Sobat We+ akan mempunyai manfaat ganda yaitu belajar disiplin dan waktu belajar terkondisikan dengan baik sehingga tidak terganggu dengan kantuk atau yang lain.

 

  • Membuat Target Belajar

 

Pembelajaran jarak jauh akan berhasil ketika diri sendiri mau belajar Sobat We+. Hal itu dapat meningkatkan produktivitas Sobat We+ sehingga mempunyai target belajar “apa” yang ingin didapat dari pelajaran selama ini. Jadi, mulailah bertanya pada diri sendiri tentang hasil dari pembelajaran setiap harinya.

 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  • Tidak Mencampur Waktu Belajar dan Bermain

 

Bermain juga dibutuhkan agar PJJ tidak terasa berat. Bermainlah di waktu istirahat, belajar di waktu belajar. Jika sekolah atau kampus menjadwalkan waktu tertentu, maka belajarlah di waktu tersebut. Jika ada tugas, berilah waktu sejenak untuk diri Sobat We+ untuk beristirahat agar tidak penat. Atau bisa jadi tugas langsung dikerjakan agar tidak membebani nantinya dan tinggal bermain saja.

 

  • Menghindari Multitasking

 

Mengerjakan seseuatu lebih dari satu saat bersamaan membuat otak lelah. Akibatnya, pekerjaan malah tidak selesai. Oleh sebab itu, lakukanlah setiap hal secara bergantian agar mencapai hasil maksimal. Jika sobat We+ adalah tipe yang mudah bosan, maka sekat waktu dengan istirahat sejenak untuk melanjutkan satu hal yang belum selesai. Jangan dijeda dengan mengerjakan yang lain.

 

  • Tidur Nyenyak di Malam Hari 

 

Tidur selama 7-8 jam diyakini sebagai waktu yang ideal untuk tidur malam hari. Tujuannya agar otak dan tubuh beristirahat dari tekanan aktivitas. Hindari belajar di waktu malam kecuali terpaksa seperti mengejar deadline skripsi, Sobat We+. Sementara untuk Sobat We+ yang terbiasa belajar di waktu dini hari, usahakan tidur lebih awal agar waktu istirahat bagi tubuh dan otak terpenuhi.

 

  • Mengonsumsi Makanan Bergizi

 

Mengonsumsi makanan bergizi sangat penting bagi tubuh dan otak, juga sebagai upaya mencegah virus corona. Makanan bergizi tidak harus mahal. Beberapa makanan bergizi sangat mudah dijangkau seperti sayur dan ikan.

 

  • Berinteraksi dengan Teman dan Keluarga

 

PJJ kadang kala justru membuat stres. Oleh sebab itu berinteraksilah dengan teman maupun keluarga yang membuat Sobat We+ merasa senang dan tidak tertekan menghadapi pandemi Covid-19 yang mengharuskan jauh dari orang terdekat sementara waktu. Bukankah Sobat We+ sudah merasa kangen dengan orang terdekat?

 

  • Tidak Lupa Istirahat

 

Olahraga mempunyai manfaat meminimalisir stres. Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga imunitas tubuh agar selalu fit dan segar. Selain itu, hormon bahagia juga bisa didapatkan dari olahraga.

Demikianlah 10 hal yang perlu dilakukan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh sebagai normal baru akibat pandemi Covid-19. Jika merasa bosan, ingatlah kita semua tengah berjuang menghadapi Covid-19 dan Sobat We+ tidak sendirian. Diharapkan juga berbagai tips di atas bisa mendukung pembelajaran kalian ya! 

Penulis: Raka 20 Jun 2021 50