Pelajar Harus Tahu! 5 Tips Belajar Bahasa Indonesia yang Benar

Pelajar Harus Tahu! 5 Tips Belajar Bahasa Indonesia yang Benar

Selama ini, banyak orang yang mengeluhkan pelajaran Bahasa Indonesia mereka lebih jelek daripada nilai Bahasa asing yang lain. Padahal Bahasa Indonesia adalah bahasa bangsa Indonesia. Namun, di keseharian rata-rata masyarakat Indonesia menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa ibu. Sehingga lebih mudah ngobrol menggunakan bahasa daerah daripada bahasa Indonesia. Lalu, bagaimana cara belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar itu?

Tips Belajar Bahasa Indonesia yang Benar

Bahasa Indonesia yang baik tidak selalu benar, sebaliknya Bahasa Indonesia yang benar tidak selalu baik. Baik dan benarnya Bahasa Indonesia bergantung pada penggunaannya. Bahasa Indonesia yang baik adalah sesuai konteks penutur dan pendengar, sementara Bahasa Indonesia yang benar adalah sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EBI). Agar tidak terlalu sulit, inilah beberapa tips belajar bahasa Indonesia yang bisa sobat We+ ikuti: 

  1. Memahami Struktur Kalimat dan Tata Bahasa

Semua bahasa mempunyai struktur kalimat. Struktur pokok kalimat tersebut meliputi subjek, predikat, objek, keterangan (baik keterangan tempat atau waktu). Tanpa struktur kalimat tidak akan tersusun kalimat yang digunakan untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Sebab, susunan sebelum menjadi kalimat adalah kata, frasa, dan klausa.

Bersamaan dengan memahami struktur kalimat, kamu harus memahami turunan dari struktur kalimat tersebut dan tata bahasanya juga, ya! Sebab, untuk menjadikan Bahasa Indonesia yang benar adalah sesuai dengan EBI. Jika tidak sesuai dengan EBI, maka belum dikatakan benar Bahasa Indonesia kamu ya Sobat We+!

  1. Mengakrabkan Diri Penggunaan Bahasa Baku 

Sobat We+, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Bahasa Indonesia yang benar adalah sesuai EBI. Artinya, Bahasa Indonesia yang digunakan merupakan bahasa baku yang mengharuskan penggunanya memahami rumus bahasa baku. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui rumus bahasa baku ya Sobat We+, lalu praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Eits, tetap sesuai konteks juga ya! Tidak mungkin kan kamu berbicara bahasa baku kepada sahabat dekat kamu, pasti terkesan sangat kaku. Cobalah latih penggunaan bahasa baku kamu dengan bercakap-cakap kepada sesama pelajar, berlatih pidato di depan cermin, atau menulis karya ilmiah. 

  1. Memahami Istilah-istilah Dalam Bahasa Indonesia

Tips yang ketiga belajar Bahasa Indonesia yang benar adalah kamu harus mengetahui berbagai istilah yang terdapat dalam Bahasa Indonesia. Sebagai contoh paling mudah ada majaz, homofon, homograf, dan lain-lain. Semua istilah tersebut pun masuk dalam pengelompokan yang berbeda-beda.

Ada kelompok fonologi yang mempelajari tentang bunyi, ada morfologi yang mempelajari tentang kata, ada sintaksis yang mempelajari tentang kata dengan hubungan di luar kata itu sendiri, dan lain-lain. Istilah ini mungkin terdengar tidak umum, namun setidaknya setelah mengenalnya akan mempermudah kamu untuk menggunakan Bahasa Indonesia dengan benar sesuai kaidah Bahasa Indonesia.

  1. Mengikuti Perkembangan Bahasa Indonesia yang Dinamis

Tahukah kamu Sobat We+ bahwa bahasa merupakan hal yang dinamis. Ia bisa berkembang kapan saja mengikuti zaman dan trend yang sedang berlaku. Kosa kata baru tidak mustahil ada, contohnya kata gawai baru ada sebagai kosa kata Bahasa Indonesia dari gadget. Selalu ikuti perkembangan Bahasa Indonesia dari waktu ke waktu ya! 

  1. Banyak Membaca

Yup, tips yang terakhir belajar Bahasa Indonesia yang benar adalah dengan banyak membaca. Mengapa membaca? Sebab membaca dapat menuntun kamu berkelana mengenal lebih banyak kosakata baru yang belum kamu ketahui sebelumnya. 

Jika kamu tipe yang yang tidak terbiasa membaca, carilah buku yang ringan dan menyenangkan misalnya buku cerita, baik berupa dongeng, cerpen, maupun novel. Selain belajar kosa kata, kamu bisa belajar tentang majaz dan tata bahasa yang baik. Ingat, ya! Baik tidak berarti benar. Sesudah kamu menghabiskan waktu dengan buku cerita, sesekali bacalah buku akademik seperti artikel, jurnal, esai, atau yang lain.

Itulah berbagai tips belajar bahasa Indonesia yang bisa sobat WE+ ikuti. Mudah sekali bukan? Namun, mudah saja tidak cukup. Diperlukan konsistensi agar dapat hasil yang terbaik dari belajar Bahasa Indonesia yang diharapkan. Semoga tips-tips ini bisa membantu sobat We+ semua ya! 

Penulis: Raka 09 Aug 2021 44